Whatsapp Share Like Simpan

Apakah Ibu penggemar makanan berbahan dasar kacang-kacangan? Kacang-kacangan termasuk makanan kaya protein dan asam folat (vitamin B9) yang dapat mendukung kesehatan ibu hamil lho. Manfaat kacang panjang berpengaruh juga terhadap tumbuh kembang janin dalam kandungan. Maka dari itu, tak ada salahnya Ibu mengombinasikan jenis kacang satu ini ke dalam menu makanan harian. 

Melalui artikel ini, kita akan sama-sama mengetahui manfaat kacang panjang dengan lebih jelas nih, Bu. Apalagi bagi ibu hamil yang sedang membutuhkan asupan nutrisi tambahan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang janin.

Kandungan Nutrisi Kacang Panjang

Manfaat kacang panjang bisa Ibu dapatkan berkat berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya. Menurut laman resmi nilaigizi.com, dalam 100 gram kacang panjang mengandung beberapa jenis nutrisi, di antaranya: 

  • Energi : 31 kkal
  • Karbohidrat : 5,3 gram
  • Protein : 2,3 gram
  • Serat pangan : 2,7 gram
  • Lemak total : 0,1 gram
  • Kalsium : 60 mg
  • Fosfor : 64 mg
  • Asam folat : 62 mg
  • Zat besi : 0,5 mg
  • Natrium : 30 mg
  • Kalium : 213 mg
  • Tembaga : 100 mcg
  • Beta karoten : 125 mcg
  • Vitamin B1 : 0,7 mg
  • Vitamin B2 : 0,1 mg
  • Vitamin C : 46 mg

Melihat banyaknya kandungan nutrisi di atas, tak heran jika manfaat kacang panjang cukup penting untuk mendukung kesehatan Ibu dan tumbuh kembang janin dalam kandungan. Lantas, apa saja, ya, manfaat kacang panjang bagi bumil?

Manfaat Kacang Panjang Bagi Ibu Hamil

Berikut ini beberapa manfaat kacang panjang bagi kesehatan ibu hamil dan tumbuh kembang janin dalam kandungan, antara lain:

Artikel Sejenis

  • Mencegah sembelit atau konstipasi

    Ibu hamil sering kali mengalami masalah pencernaan, seperti sembelit atau konstipasi. Jika kondisi ini dibiarkan secara terus menerus, dikhawatirkan pencernaan Ibu akan mengalami gangguan yang lebih serius. Maka dari itu, selama hamil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan tinggi serat, seperti kacang panjang.

    Manfaat kacang panjang yang satu ini juga penting untuk membantu penyerapan nutrisi lain dalam pencernaan, menjaga berat badan, membantu meningkatkan daya tahan tubuh, dan lain sebagainya.

    Selain dari kacang panjang, ibu hamil juga bisa mendapatkan manfaat serat dari berbagai jenis makanan lain, seperti buah-buahan, sayuran, dan susu Frisian Flag PRIMAMUM. Sebab, susu Frisian Flag PRIMAMUM mengandung serat pangan inulin yang membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan ibu selama hamil dan menyusui.

  • Menjaga keseimbangan tekanan darah

    Manfaat kacang panjang yang kedua yaitu membantu menjaga keseimbangan tekanan darah ibu hamil. Manfaat kacang panjang ini bisa Ibu dapatkan berkat kandungan kalium, magnesium, fosfor, dan kalsium yang cukup tinggi. 

    Pada kondisi tertentu, sebagian ibu hamil bisa saja mengalami tekanan darah tinggi yang dapat meningkatkan risiko preeklamsia. Preeklamsia adalah kondisi peningkatan tekanan darah yang disertai dengan adanya protein dalam urine. Untuk membantu mencegah risiko tersebut, manfaat kacang panjang berperan untuk membantu menjaga keseimbangan tekanan darah selama masa kehamilan.

  • Mendukung asupan energi untuk beraktivitas

    Manfaat kacang panjang yang tak kalah penting yaitu dapat mendukung asupan energi yang dibutuhkan oleh ibu hamil untuk beraktivitas sehari-hari. Mungkin Ibu menyadari selama hamil akan ada perubahan hormon yang terjadi. Nah, perubahan ini biasanya membuat Ibu jadi lebih mudah lelah dari biasanya.

    Itulah sebabnya, manfaat kacang panjang bisa Ibu dapatkan karena mengandung karbohidrat sebagai sumber energi. Meski begitu, Ibu tetap perlu mencukupi kebutuhan karbohidrat dari makanan bergizi lain, seperti nasi merah, ubi, kentang, gandum, dan lain sebagainya.

  • Menjaga kesehatan tulang

    Manfaat kacang panjang yang tak kalah penting yaitu membantu mencegah risiko penyakit tulang bagi ibu hamil, serta membentuk dan menjaga kesehatan tulang janin dalam kandungan. Manfaat kacang panjang ini bisa Ibu dapatkan berkat kandungan protein dan kalsium di dalamnya. Namun, untuk mengoptimalkan kesehatan tulang, sebaiknya Ibu juga mengonsumsi makanan tinggi protein dan kalsium lainnya, seperti susu Frisian Flag PRIMAMUM.

  • Menjaga fungsi tubuh tetap normal

    Manfaat kacang panjang juga berperan penting untuk menjaga fungsi tubuh ibu hamil agar tetap normal. Ini karena kacang panjang mengandung protein dan fosfor yang berperan sebagai nutrisi untuk membantu memelihara fungsi sel-sel dan organ tubuh agar tetap normal.

  • Membantu mengoptimalkan tumbuh kembang janin

    Ibu juga bisa mendapatkan manfaat kacang panjang untuk mengoptimalkan tumbuh kembang janin. Kok bisa, ya? Sebab, kacang panjang merupakan salah satu sumber protein nabati yang penting untuk membangun dan memelihara sel-sel serta jaringan tubuh. 

    Berkat kandungan proteinnya, manfaat kacang panjang juga penting untuk mendukung daya tahan tubuh, sebagai sumber energi, menjaga kesehatan mata, mengangkut zat gizi lain dalam tubuh, dan lain sebagainya. 

    Namun, Ibu perlu tahu juga bahwa protein nabati tidak mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap jika dibandingkan dengan sumber protein hewani, seperti susu, telur, ikan, daging merah, dan daging putih. 

    Makanan yang mengandung 9AAE lengkap dapat meningkatkan tumbuh kembang janin dengan lebih optimal. Nutrisi ini sangat penting karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri dan harus dipenuhi secara rutin setiap hari, sehingga hanya bisa didapatkan dari makanan berprotein hewani. 

    Ibu tidak perlu khawatir, karena 9AAE bisa didapatkan dari susu Frisian Flag PRIMAMUM sehingga lebih optimal untuk meningkatkan kesehatan Ibu dan tumbuh kembang si Kecil sejak dalam kandungan hingga masa menyusui. 

Manfaat kacang panjang memang cukup beragam ya, Bu? Namun, Ibu perlu ingat kembali bahwa kacang panjang bukan satu-satunya makanan bergizi yang harus dikonsumsi selama masa kehamilan. Ibu hamil juga harus mengonsumsi berbagai jenis nutrisi lain agar tetap sehat, mulai dari karbohidrat, protein, serat, lemak, serta berbagai vitamin dan mineral.

Pastikan juga untuk mengonsumsi kacang panjang sesuai dengan batas normal dan tidak berlebihan. Jangan lupa juga untuk rutin konsultasi dengan dokter kandungan atau bidan untuk memantau kesehatan Ibu dan tumbuh kembang janin agar tetap sehat. 

Selain mengonsumsi kacang panjang, ibu juga dianjurkan untuk rutin minum susu yang diformulasi khusus ibu hamil dan menyusui, seperti susu Frisian Flag PRIMAMUM yang mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) dan dan 9 nutrisi penting lainnya untuk kebaikan Ibu dan si Kecil. Susu ini juga diperkaya dengan tinggi asam folat, omega 3 (ALA), dan omega 6 (LA) untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil serta kesehatan Ibu.

Selain itu, susu Frisian Flag PRIMAMUM mengandung tinggi zat besi, tinggi zinc, dan sumber serat pangan inulin untuk mendukung daya tahan tubuh Ibu dan si Kecil. Ditambah kandungan tinggi kalsium dan tinggi vitamin C untuk mendukung pertumbuhan sel tubuh si Kecil, serta mengandung Tinggi DHA untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel otak janin di dalam kandungan

Frisian Flag PRIMAMUM termasuk susu dengan harga ekonomis dengan nutrisi lengkap yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Tersedia dalam rasa cokelat yang lezat dan tidak membuat Ibu merasa enek atau mual.

Untuk mendukung kesehatan Ibu dan tumbuh kembang janin selama masa kehamilan, Ibu bisa lho memanfaatkan Kalkulator Kehamilan yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima. Fitur kalkulator kehamilan bermanfaat untuk memantau Hari Perkiraan Lahir (HPL) si Kecil. Yuk, cek HPL Ibu di sini.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz