Vitamin anak 1 tahun termasuk nutrisi yang harus dipenuhi untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil lebih optimal. Selain dari makanan, vitamin anak 1 tahun bisa ibu dapatkan dari susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ untuk dukung akal cermat dan imunitas si Kecil ya, Bu. Susu ini mengandung DHA tinggi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak dan 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya, serta 14 vitamin dan 9 mineral untuk bantu menjaga daya tahan tubuhnya.

Banner Register
Banner AKP
Banner Register

Memasuki usia emasnya, si Kecil membutuhkan cukup nutrisi mulai dari protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Untuk vitamin sendiri terdiri dari beberapa jenis yang memiliki manfaat berbeda-beda untuk si Kecil.

Semua jenis vitamin anak 1 tahun harus terpenuhi agar tumbuh kembangnya optimal. Tahukah Ibu apa saja jenis vitamin anak 1 tahun tersebut? Jawabannya bisa Ibu ketahui dari uraian di bawah ini.

Jenis Vitamin Anak 1 Tahun

Menurut IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia), vitamin anak 1 tahun dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan, kekebalan tubuh, dan mempercepat penyembuhan si Kecil yang sedang sakit.

Setelah si Kecil memasuki usia 6 bulan, kebutuhan tubuh akan vitamin akan mengalami peningkatan.

Artikel Sejenis

Umumnya, si Kecil membutuhkan lebih banyak vitamin A, D, E, dan K dari usia 7 hingga 12 bulan dibandingkan sejak lahir hingga 6 bulan.

Cara terbaik agar kebutuhan vitamin si Kecil terpenuhi adalah dengan mengonsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin anak 1 tahun.

Ada berbagai jenis vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil. Sebut saja vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, dan vitamin D yang merupakan jenis vitamin anak 1 tahun supaya sehat.

Berikut penjelasan lebih dalam mengenai keempat vitamin anak 1 tahun yang perlu Ibu penuhi kebutuhannya:

  1. Vitamin A

    Jenis vitamin anak 1 tahun yang pertama dan tidak boleh sampai terlewatkan untuk si Kecil adalah vitamin A. Ibu mungkin sudah sangat hafal dengan manfaat dari vitamin ini, yaitu untuk indera penglihatan. 

    Namun ternyata vitamin A juga masih memiliki manfaat lainnya untuk tubuh, yakni sebagai vitamin tulang untuk anak 1 tahun, membantu meningkatkan imunitas, kesehatan kulit, pertumbuhan tulang, serta menjaga kesehatan dan pertumbuhan sel dan jaringan kuku dan rambut.

    Untuk anak usia 1 hingga 3 tahun membutuhkan vitamin A sebanyak 300 mikrogram per hari.

    Beberapa sumber makanan yang kaya akan vitamin A antara lain: kuning telur, hati sapi, bayam, wortel, pepaya, paprika, keju dan susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang bisa memenuhi 35% kebutuhan harian vitamin A si Kecil.

  2. Vitamin B Kompleks

    Tidak seperti vitamin lainnya, vitamin B memiliki banyak jenis yang komposisinya berbeda-beda. Vitamin B dibagi menjadi B1, B2, B3, B5, B6, dan B12 dengan fungsi yang sangat beragam untuk tubuh si Kecil.

    Misalnya saja vitamin B12 yang menjadi pemain kunci dalam perkembangan sel-sel otak dan saraf si Kecil, sehingga Ibu dapat memberikannya kepada si Kecil sebagai vitamin otak untuk anak 1 tahun.

    Ada pula vitamin B1 yang bisa dimanfaatkan sebagai vitamin anak 1 tahun yang susah makan. Selain itu, manfaat vitamin B kompleks yang lebih lengkap antara lain:

    • Merangsang pertumbuhan
    • Meningkatkan kemampuan berpikir
    • Memberikan ekstra tenaga
    • Mencegah terkena penyakit beri-beri
    • Menjaga kesehatan mata, kuku, rambut, kulit, dan rambut
    • Memproduksi dan memperbaiki sel darah merah
    • Meningkatkan produksi sel darah putih
    • Meningkatkan daya tahan tubuh
    • Membantu membawa oksigen ke otak dan seluruh tubuh
    • Meningkatkan daya konsentrasi

    Vitamin B kompleks bisa didapat dari beberapa sumber makanan sesuai dengan jenisnya:

    • Vitamin B1 (Thiamine): daging, telur, gandum, kacang hijau, beras, susu, dan susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang bisa memenuhi 30% kebutuhan harian vitamin B1 si Kecil.
    • Vitamin B2 (Riboflavin): kuning telur, sayuran hijau, susu, dan susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang bisa memenuhi 30% kebutuhan harian vitamin B2 si Kecil.
    • Vitamin B3 (Niasin): hati, ikan, kentang, gandum, buah-buahan dan susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang bisa memenuhi 35% kebutuhan harian vitamin B3 si Kecil.
    • Vitamin B5 (Pantothenic acid): hati, daging, sayuran hijau, susu dan susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang bisa memenuhi 40% kebutuhan harian vitamin B5 si Kecil.
    • Vitamin B6 (Pyridoxine): hati, ikan, daging, kacang-kacangan, beras, jagung dan susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang bisa memenuhi 30% kebutuhan harian vitamin B6 si Kecil.
    • Vitamin B12 (Cobalamins): hati, daging, telur dan susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang bisa memenuhi 60% kebutuhan harian vitamin B12 si Kecil.
  3. Vitamin C

    Vitamin C untuk Anak 1 Tahun - ibudanbalita

    Vitamin anak 1 tahun selanjutnya adalah vitamin C yang merupakan antioksidan dan antihistamin alami. Vitamin ini berperan dalam meningkatkan imunitas tubuh si Kecil supaya terhindar dari serangan penyakit.

    Dengan rutin mengonsumsi vitamin C, maka tubuh mungilnya dapat membangun sistem pertahanan alami dari dalam sehingga kesehatan tubuhnya terjaga.

    Di usia 1 hingga 3 tahun, si Kecil akan membutuhkan 15 miligram vitamin C setiap harinya. 

    Beberapa sumber vitamin C yang baik untuk dikonsumsi si Kecil antara lain jambu biji, jeruk, pepaya, kiwi, brokoli, stroberi, melon, anggur, mangga, tomat, bayam, kentang, pisang, paprika merah dan susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang bisa memenuhi 100% kebutuhan harian vitamin C si Kecil.

    Baca juga: Sumber dan Fungsi Vitamin untuk Tumbuh Kembang Anak

  4. Vitamin D

    Vitamin untuk anak 1 tahun yang terbukti bagus untuk pertumbuhan tulang si Kecil yaitu vitamin D.

    Selain untuk kesehatan tulang, vitamin D juga berfungsi sebagai pengontrol jumlah kalsium dalam darah, meningkatkan sistem imun, melawan infeksi, dan mencegah beberapa penyakit.

    Kekurangan vitamin D dapat mengakibatkan gangguan pada tubuh si Kecil, di antaranya adalah kejang, kardiomiopati (gangguan otot jantung), rakitis, dan pertumbuhan terhambat.

    Untuk itu anak berusia 1 tahun ke atas membutuhkan 15 mcg vitamin D setiap hari yang bisa didapatkan dari berbagai sumber makanan.

    Namun, sumber vitamin D yang terbaik adalah sinar UVB dari sinar matahari yang ternyata juga dapat mengurangi risiko alergi. Sementara itu untuk sumber vitamin D lainnya meliputi salmon, yogurt, susu, kuning telur, margarin fortifikasi, dan mackerel.

  5. Vitamin E

    Jenis vitamin anak 1 tahun lainnya yang juga tak kalah penting adalah vitamin E. Vitamin ini memiliki beberapa fungsi, antara lain memperkuat sistem kekebalan tubuh, menangkal radikal bebas, memperlebar pembuluh darah, menjaga kesehatan mata, dan menstabilkan kadar hormon tubuh. 

    Untuk anak usia 1 hingga 3 tahun membutuhkan 6 mg per hari yang bisa diperoleh dari kacang almond, selai kacang, minyak bunga matahari, biji bunga matahari, kiwi, minyak jagung, bayam, brokoli, kedelai, sereal gandum, kacang tanah, mangga dan susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang bisa memenuhi 15% kebutuhan harian vitamin E si Kecil.

    Tubuh yang kekurangan vitamin E dapat terserang berbagai macam penyakit maupun kelainan. Di antaranya adalah kolestasis hati kronis, short-bowel syndrome, cystic fibrosis, abetalipoproteinemia, sindrom malabsorpsi, dan gangguan saraf.

  6. Vitamin K

    Terakhir ada vitamin K yang juga memiliki peranan penting bagi anak-anak. Vitamin K berfungsi mempercepat penyembuhan luka serta membangun dan memperkuat tulang.

    Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan tulang si Kecil agar tumbuh dengan optimal.

    Vitamin K bisa diperoleh dari bayam, sawi, lobak, selada hijau, kale, brokoli, kembang kol, hati, telur, ikan, daging dan susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang bisa memenuhi 50% kebutuhan harian vitamin K si Kecil.

Semua vitamin anak 1 tahun di atas sebaiknya diberikan secara rutin setiap hari melalui asupan makanannya ya, Bu. Tidak mudah memang agar anak mau mengonsumsi semua makanan tersebut, tapi Ibu harus terus berusaha.

Dengan memberikan secara rutin maka perlahan si Kecil pun akan terbiasa dan mau untuk memakannya. Semoga buah hati Ibu terus tumbuh sehat dan berkembang dengan optimal ya, Bu.

Selain dari makanan, semua jenis vitamin anak 1 tahun di atas juga bisa Ibu dapatkan dengan memberikan si Kecil nutrisi tambahan dari susu pertumbuhan untuk memaksimalkan perkembangan otaknya.

Tahukah Ibu? Sekitar 90% perkembangan otak si Kecil di 5 tahun pertamanya sangat membutuhkan asupan DHA. Itulah sebabnya, si Kecil perlu mengonsumsi DHA yang cukup untuk mengoptimalkan fungsi otak. Nah, Ibu bisa mendapatkan DHA tinggi dalam susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+.

Selama masa tumbuh kembangnya, hormon pertumbuhan sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak dan otot anak. Peran 9AAE sangat berpengaruh pada hormon pertumbuhan. Bahkan kekurangan 1 dari 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan sebanyak 34%, dan kekurangan semua jenis 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan hingga 50%. 9AAE dan DHA harus terpenuhi karena keduanya harus bekerja bersamaan dan harus dipenuhi dari makanan karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri.

Semua nutrisi penting ini bisa Ibu dapatkan dengan memberikan si Kecil susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ untuk dukung akal cermat dan imunitas si Kecil. Selain mengandung DHA tinggi serta 9AAE susu ini juga dilengkapi dengan Minyak Ikan, Omega 3&6, Asam Sialat, dan Sphingomyelin tertinggi di kelasnya. Susu ini juga mengandung serat pangan inulin yang dapat menjaga kesehatan pencernaan.

Tak kalah penting dari itu, Ibu juga perlu mengecek kecukupan jumlah gizi harian Si Kecil melalui fitur Kalkulator Gizi yang dikembangkan oleh Akademi Keluarga Prima. Yuk, Bu coba fiturnya sekarang juga!

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan registrasi Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Daftar sekarang di halaman ini ya!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.