Whatsapp Share Like
Simpan

Bu, bagaimana tumbuh kembang si Kecil? Apakah tumbuh kembangnya sehat dan ideal? Tentu di masa emasnya ini si Kecil membutuhkan cukup nutrisi melalui asupan makanan dan minumannya sehari-hari, Bu. Jenis nutrisi yang ia perlukan antara lain protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Untuk vitamin sendiri terdiri dari beberapa jenis yang memiliki manfaat berbeda-beda untuk tubuh mungilnya. Semuanya harus terpenuhi agar tumbuh kembangnya optimal. Tahukah Ibu apa saja jenis vitamin untuk anak 1 tahun tersebut? Jawabannya bisa Ibu ketahui dari uraian di bawah ini:

Vitamin A

Pertama dan tidak boleh sampai terlewatkan untuk si Kecil adalah vitamin A. Ibu mungkin sudah sangat hafal dengan manfaat dari vitamin ini, yaitu untuk indera penglihatan. Namun ternyata vitamin A juga masih memiliki manfaat lainnya untuk tubuh, yakni untuk meningkatkan imunitas, kesehatan kulit, pertumbuhan tulang, serta menjaga kesehatan dan pertumbuhan sel dan jaringan kuku dan rambut.

Untuk anak usia 1 hingga 3 tahun membutuhkan vitamin A sebanyak 300 mikrogram per hari. Beberapa sumber vitamin A antara lain kuning telur, hati sapi, bayam, wortel, pepaya, paprika, dan keju.

Vitamin B Kompleks

Tidak seperti vitamin lainnya, vitamin B memiliki banyak jenis yang komposisinya berbeda-beda. Berdasarkan penelitian, vitamin B dibagi menjadi B1, B2, B3, B5, B6, dan B12 dengan fungsi yang sangat beragam untuk tubuh si Kecil. Manfaat vitamin B kompleks tersebut antara lain:

  • Merangsang pertumbuhan
  • Meningkatkan kemampuan berpikir
  • Memberikan ekstra tenaga
  • Pelindung dari penyakit beri-beri
  • Menjaga kesehatan mata, kuku, rambut, kulit, dan rambut
  • Sebagai nutrisi anti stres
  • Memproduksi dan memperbaiki sel darah merah
  • Meningkatkan produksi sel darah putih
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Membantu membawa oksigen ke otak dan seluruh tubuh
  • Meningkatkan daya konsentrasi

Vitamin B kompleks bisa didapat dari beberapa sumber makanan sesuai dengan jenisnya berikut ini:

Artikel Sejenis

  • Vitamin B1 (Thiamine): daging, telur, gandum, kacang hijau, beras, susu
  • Vitamin B2 (Riboflavin): kuning telur, sayuran hijau, susu
  • Vitamin B3 (Niasin): hati, ikan, kentang, gandum, buah-buahan
  • Vitamin B5 (Pantothenic acid): hati, daging, sayuran hijau, susu
  • Vitamin B6 (Pyridoxine): hati, ikan, daging, kacang-kacangan, beras, jagung
  • Vitamin B12 (Cobalamins): hati, daging, dan telur

Vitamin C

Vitamin untuk anak 1 tahun selanjutnya adalah vitamin C yang merupakan antioksidan dan antihistamin alami. Vitamin ini berperan dalam meningkatkan imunitas tubuh si Kecil supaya terhindar dari serangan penyakit. Dengan rutin mengonsumsi vitamin C, maka dapat membangun sistem pertahanan alami dalam tubuh mungilnya sehingga dapat menjaga kesehatannya.

Jika si Kecil kekurangan vitamin C, maka tubuh tidak dapat membentuk kolagen baru untuk mendukung jaringan tubuh, seperti kulit, rambut, kuku, otot, dan tulang. Di samping itu kolagen juga berfungsi untuk menguatkan struktur tubuh dan melindungi struktur kulit dari penyebaran zat beracun, mikroorganisme, sel-sel kanker, dan zat patogen. Jika kolagen tidak terbentuk, maka dapat menyebabkan jaringan tubuh terurai sehingga mengganggu kesehatan dan sistem pemulihan tubuh. Di usia 1 hingga 3 tahun, si Kecil akan membutuhkan 15 miligram vitamin C setiap harinya. Beberapa sumber vitamin C yang baik untuk dikonsumsi si Kecil antara lain jambu biji, jeruk, pepaya, kiwi, brokoli, stroberi, melon, anggur, mangga, tomat, bayam, kentang, pisang, dan paprika merah.

Vitamin D

Untuk pertumbuhan tulang, si Kecil akan sangat membutuhkan asupan vitamin D. Selain untuk kesehatan tulang, vitamin D juga berfungsi sebagai pengontrol jumlah kalsium dalam darah, meningkatkan sistem imun, melawan infeksi, dan mencegah beberapa penyakit.

Kekurangan vitamin D dapat mengakibatkan beberapa kondisi. Di antaranya adalah kejang, kardimiopati (gangguan otot jantung), rakhitis, dan pertumbuhan terhambat. Untuk itu anak berusia 1 tahun ke atas membutuhkan 15 mcg vitamin D setiap hari yang bisa didapatkan dari berbagai sumber makanan. Namun sumber vitamin D yang terbaik adalah sinar UVB dari sinar matahari yang ternyata juga dapat mengurangi risiko alergi. Sementara itu untuk sumber vitamin D lainnya meliputi salmon, yogurt, susu, kuning telur, margarin fortifikasi, dan mackerel.

Vitamin E

Jenis vitamin untuk anak 1 tahun lainnya yang juga tak kalah penting adalah vitamin E. Vitamin ini memiliki beberapa fungsi, antara lain memperkuat sistem kekebalan tubuh, menangkal radikal bebas, memperlebar pembuluh darah, menjaga kesehatan mata, dan menstabilkan kadar hormon tubuh. Untuk anak usia 1 hingga 3 tahun membutuhkan 6 mg per hari yang bisa diperoleh dari kacang almond, selai kacang, minyak bunga matahari, biji bunga matahari, kiwi, minyak jagung, bayam, brokoli, kedelai, sereal gandum, kacang tanah, dan mangga.

Tubuh yang kekurangan vitamin E dapat terserang berbagai macam penyakit maupun kelainan. Di antaranya adalah kolestasis hati kronis, short-bowel syndrome, cystic fibrosis, abetalipoproteinemia, sindrom malabsorpsi, dan gangguan saraf.

Vitamin K

Terakhir ada vitamin K yang juga memiliki peranan penting bagi anak-anak. Vitamin K berfungsi mempercepat penyembuhan luka serta membangun dan memperkuat tulang. Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan tulang si Kecil agar tumbuh dengan optimal. Vitamin K bisa diperoleh dari bayam, sawi, lobak, selada hijau, kale, brokoli, kembang kol, hati, telur, ikan, dan daging.

Semua vitamin untuk anak 1 tahun di atas sebaiknya diberikan secara rutin setiap hari melalui asupan makanannya ya, Bu. Tidak mudah memang agar anak mau mengonsumsi semua makanan tersebut, tapi Ibu harus terus berusaha. Dengan memberikan secara rutin maka perlahan si Kecil pun akan terbiasa dan mau untuk memakannya. Semoga buah hati Ibu terus tumbuh sehat dan berkembang dengan optimal ya, Bu.

Sumber:

https://www.kompasiana.com, https://hellosehat.com, https://www.alodokter.com, https://hellosehat.com, https://www.friso.co.id, https://hellosehat.com