Whatsapp Share Like
Simpan

Si Kecil tampaknya sudah semakin tinggi, kuat, dan pintar ya Bu. Saat ini usianya sudah mencapai 1 tahun. Tentu hal itu menjadi kebahagiaan bagi Ibu dan keluarga. Pemenuhan nutrisi si Kecil dari usia 0-12 bulan pastinya sudah Ibu penuhi dengan baik. Nutrisi yang diperoleh si Kecil berasal dari makanan yang dikonsumsi. Makanan tersebut harus bisa mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Usia 1 tahun pemenuhan nutrisinya pun semakin bertambah.

Pertumbuhan badannya semakin hari akan semakin tinggi dan sehat. Sehingga untuk dapat memenuhi itu, makanan yang diberikan tentu berbeda dengan makanan di usia 0-12 bulan. Ibu masih bisa memberikan ASI kepada si Kecil hingga usianya 2 tahun. Maka sebaiknya tetap diberikan ASI pada usia 1 tahun. Selain itu makanan si Kecil juga akan berubah sedikit, baik dari tekstur maupun jenis makanannya.

Pastikan Bu si Kecil mengonsumsi makanan yang tepat untuk mendukung pertumbuhannya. Karena saat ini si Kecil sudah berusia 1 tahun, dia dapat mengonsumsi lebih banyak jenis makanan dibanding sebelumnya. Namun tetap perhatikan fungsi makanan yang dikonsumsi. Jangan sampai makanan tersebut tidak membawa manfaat bagi pertumbuhan si Kecil.

Saat usia 1 tahun si Kecil akan mengalami transisi makanan dari MPASI menjadi makanan transisi. Si Kecil akan semakin banyak bergerak dan bermain. Sehingga tenaga yang dibutuhkan lebih banyak. Untuk memperoleh tenaga yang banyak maka makanan yang diberikan harus sesuai kebutuhannya.

Pada usia 1-2 tahun si Kecil akan mengonsumsi makanan keluarga, makanan yang dicincang atau dihaluskan jika diperlukan, dan ASI. Frekuensi makan si Kecil diberikan sebanyak 3-4 kali sehari untuk makanan keluarga. Berikanlah makanan selingan 1-2 kali sehari. Dan Ibu perlu memberikan ASI hingga si Kecil berusia 2 tahun.

Artikel Sejenis

Lalu bagaimana takaran atau porsi makanan si Kecil? Dalam setiap kali makan si Kecil harus diberikan 3/4 gelas nasi (250 ml), 1 potong kecil ikan/daging/ayam/telur, 1 potong kecil tempe/tahu atau 1 sdm kacang-kacangan, ¼ gelas sayur, 1 potong buah, dan ½ gelas bubur/sepotong kue/sepotong buah.

Ibu perlu mengetahui angka kecukupan gizi harian si Kecil untuk memberikan porsi makanan yang tepat. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 75 tahun 2013 tentang Angka Kecukupan Gizi, si Kecil berusia 1-3 tahun membutuhkan 1.125 kkal energi, 26 gram protein, 44 gram lemak, 155 gram karbohidrat, 16 gram serat, dan 1.200 ml air. Untuk kecukupan vitamin usia 1-3 tahun dibutuhkan 400 mcg vitamin A, 15 mcg vitamin D, 6 mg vitamin E, 15 mcg vitamin K, 0,6 mg vitamin B1, 0,7 mg vitamin B2, 6 mg vitamin B3, 2 mg vitamin B5, 0,5 mg vitamin B6, 160 mcg folat, 0,9 mcg vitamin B12, 8 mcg biotin, 200 mg kolin, dan 40 mg vitamin C.

Selain itu angka kecukupan mineral si Kecil akan berbeda dari sebelumnya. Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) Menkes RI tahun 2013, saat usia 1-3 tahun si Kecil membutuhkan mineral harian berupa 650 mg kalsium, 500 mg fosfor, 60 mg magnesium, 1.000 mg natrium, 3.000 mg kalium, 1,2 g mangan, 340 mcg tembaga, 11 mcg kromium, 8 mg besi, 120 mcg iodium, 4 mg seng, 17 mcg selenium, dan 0,6 mg flour.

Ibu disarankan agar bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil agar bisa tumbuh dengan baik. Tekstur makanan si Kecil akan mengalami transisi dari makanan halus menjadi lebih padat. Ibu bisa memberikan si Kecil makanan dengan tekstur semi padat seperti nasi tim. Pemberian nasi tim yang semi padat akan mempermudah si Kecil jika diberikan makanan padat. Jangan terlalu sering memberikan si Kecil makanan lunak karena bisa membuatnya malas mengunyah. Karena hal ini bisa memengaruhi pertumbuhan giginya.

Lauk makanan si Kecil diberikan secara bertahap untuk melihat reaksinya apakah alergi dengan satu lauk atau tidak. Selain makanan pokok berupa nasi tim, Ibu bisa memberikan aneka pasta atau makaroni. Dengan begitu makanan lebih bervariasi dan membuat si Kecil tidak bosan. Untuk jenis sayuran Ibu bisa berikan buncis, brokoli, kacang panjang, kacang kapri, dan kacang kedelai. Untuk kebutuhan buah, Ibu bisa berikan pisang, melon, alpukat, kiwi, dan buah lainnya.

Berikanlah makanan sesuai kebutuhan nutrisi harian si Kecil sehingga tumbuh kembangnya sesuai usianya. Jangan sampai kebutuhan nutrisinya tidak terpenuhi karena bisa menghambat pertumbuhannya. Ibu harus pastikan si Kecil tumbuh dengan nutrisi yang cukup. Salah satunya dengan memberikan si Kecil Frisian Flag 123 PRIMANUTRI, yang diperkaya Omega 3, Omega 6, minyak ikan dan zat besi, serat pangan (inulin), tinggi vitamin A, C, E, zinc, dan selenium, serta kalsium dan vitamin D. Dengan nutrisi yang baik kelak si Kecil dapat tumbuh sehat, pintar, kuat, dan tinggi.