Whatsapp Share Like
Simpan

Bu, bagaimana kabar bayi saat ini? Semoga sehat selalu, ya. Untuk terus mendukung tumbuh kembang bayi, Ibu perlu memastikan asupan nutrisinya selalu terpenuhi. Salah satu cara yang saya lakukan adalah dengan memberikan sajian telur. Tahukah Ibu? Telur merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan nutrisi lengkap sehingga sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang bayi. Mari kenali apa saja manfaat telur bagi bayi, Bu!

1. Kaya akan Protein

Selain rasanya yang lezat, telur juga memiliki sumber Protein yang tinggi, Bu. Nah, Protein ini sangat dibutuhkan untuk mendukung masa pertumbuhannya. Berdasarkan hasil konsultasi saya di Forum Ibu dan Balita, Protein yang ada dalam telur berguna untuk membentuk dan membangun sel pada tubuh, sehingga ia dapat tumbuh kuat serta tidak mudah sakit. Selain itu, Protein juga dapat meningkatkan konsentrasi bayi, Bu.

2. Sumber Kolesterol Baik

Bu, perlu diingat bahwa tidak semua Kolesterol itu jahat, lho. Berbeda dengan orang dewasa, bayi membutuhkan asupan Kolesterol baik untuk mendukung pembentukan hormon pada tubuhnya. Itu sebabnya, saya sering memberi bayi camilan olahan telur setiap harinya, karena telur mengandung Kolesterol baik yang dibutuhkan bayi.

Namun, pastikan asupan Kolesterol yang dikonsumsinya tidak berlebihan, ya. Ibu disarankan untuk memberinya maksimal satu butir telur per hari. Selain itu, perhatikan juga apakah ia menunjukkan tanda-tanda alergi pada telur, Bu.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Selain berguna sebagai penunjang kesehatan tubuh, ternyata manfaat telur juga dapat mendukung perkembangan otak bayi. Kenapa? Dari artikel online yang saya baca, telur memiliki kandungan Kolin yang dapat meningkatkan fungsi kognitif otak serta daya ingat anak. Nah, setiap satu butir telur mengandung 147 mg Kolin. Oleh karena itu, Ibu direkomendasikan untuk memberikan makanan agar anak cerdas ini.

Artikel Sejenis

4. Mendukung Kesehatan Jantung

Bu, Omega 3 memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh bayi. Menurut artikel online yang saya baca, Omega 3 dapat mendukung kesehatan jantung serta pembuluh darah dalam tubuh. Untuk itu, saya selalu berusaha memberikan bayi sumber makanan Omega 3.

Sering kali saya menyuapi bayi daging ikan. Namun, ada kalanya ia bosan dengan menu tersebut. Apakah Ibu juga mengalami hal yang sama? Tidak perlu khawatir. Sebagai alternatif, Ibu bisa kok memberinya asupan Omega 3 melalui olahan telur. Sekarang pun sudah ada banyak sekali telur dengan label Omega 3 yang dijual di pasar dan supermarket, Bu.

5. Membantu Pembentukan Sel Darah Merah

Pada usia satu hingga tiga tahun, biasanya bayi sedang aktif bergerak. Oleh sebab itu, Ibu perlu mendukung kesehatan tubuhnya dengan memberi sajian telur yang tinggi akan kandungan Asam Folat. Tahukah Ibu? Asam Folat dapat membantu pembentukan sel darah merah, sehingga tubuh bayi selalu kuat dan terhindar dari anemia atau kekurangan sel darah merah.

6. Pertumbuhan Tulang yang Optimal

Ingin tulang bayi tumbuh optimal, Bu? Berikan saja telur untuk menu MPASI-nya, karena manfaat telur salah satunya adalah membantu pertumbuhan tulang. Ini berkat kandungan vitamin D didalamnya sangat berperan dalam penyerapan kalsium dalam tubuh. Di samping itu, vitamin D juga berfungsi untuk sistem saraf dan otot bayi.

7. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat telur bagi bayi lainnya adalah untuk membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh, Bu, sebab di dalam telur terdapat kandungan zinc dan selenium. Kedua mineral tersebut akan melindungi bayi dari serangan bakteri, virus, serta kuman penyebab penyakit. Risiko bayi terserang penyakit pun lebih kecil dan ia akan lebih sering sehat.

8. Menjaga Kesehatan Mata dan Kulit

Telur juga memiliki kandungan vitamin A dan E yang artinya dapat membantu menjaga kesehatan mata dan kulit bayi. Ia akan memiliki penglihatan yang jernih serta kulit yang halus, lembut, dan lembap. Selain itu, kedua vitamin tersebut merupakan antioksidan yang bermanfaat dalam melindungi tubuh dari radikal bebas.

9. Meningkatkan Fungsi Hati

Manfaat telur yang terakhir adalah untuk meningkatkan fungsi hati, Bu. Hal ini berkat kandungan sulfur dalam telur membantu penyerapan vitamin B12 yang berfungsi untuk meningkatkan fungsi hati. Sulfur diketahui juga bermanfaat untuk menghasilkan kolagen dan keratin yang bantu mengoptimalkan pertumbuhan rambut dan kuku bayi.

Wah, banyak ya Bu manfaat telur bagi tumbuh kembang bayi. Sumber protein ini sangat mudah untuk diolah menjadi aneka makanan yang lezat dan bergizi, sehingga bayi tidak akan mudah bosan untuk menyantapnya. Jangan lupa untuk mengimbangi telur dengan variasi sumber protein lainnya ya, Bu, agar tumbuh kembang bayi dapat semakin optimal. Selamat bervariasi dengan aneka olahan telur untuk sajian buah hati tercinta.

Ibu ingin berkonsultasi seputar bayi? Lakukan saja di laman Tanya Pakar. Para ahli di sana siap menjawab pertanyaan Ibu secara langsung. Pastikan Ibu sudah registrasi terlebih dulu supaya bisa menggunakan fitur tersebut, ya.

 

Sumber:

womantalk.com