Share Like
Simpan

Di balik bentuknya yang kecil, tauge ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan balita. Beragam vitamin serta zat gizi bermanfaat lainnya terkandung dalam setiap bulir tauge. Makanya banyak orang yang sering mengonsumsi bahan makanan ini demi mendapatkan manfaat baiknya. Saya pernah membaca di sebuah situs kesehatan, secara medis, tauge terkenal baik untuk meningkatkan kesuburan dan mengencangkan kulit untuk orang dewasa. Lantas, apa yang jadi kebaikan tauge untuk kesehatan balita? Berikut ini jawaban yang saya temukan dari situs tersebut.

1. Meningkatkan pertumbuhan sistem saraf
Salah satu kebaikan tauge yang paling bermanfaat untuk kesehatan balita adalah kandungan Vitamin B Kompleks yang terkandung di dalamnya. Ternyata, kandungan Vitamin B dalam tauge mampu membantu membentuk saraf-saraf dalam otak si Kecil sehingga pertumbuhan dan perkembangannya menjadi lebih optimal. Selain itu, Vitamin B pada tauge juga dapat melancarkan proses metabolisme dalam tubuh yang berdampak positif pada pencernaan, yaitu membantu penyerapan sari-sari makanan lebih maksimal.

2. Meningkatkan kinerja otak
Sebagai salah satu pelengkap gizi seimbang pada balita, tauge merupakan makanan dengan Asam Lemak Omega-3 yang melimpah. Si Kecil yang kini masih dalam masa pertumbuhan, biasanya cenderung lebih cepat menyerap Asam Lemak baik ini, sehingga pertumbuhan dan perkembangan otak lebih maksimal.

3. Merangsang pertumbuhan rambut
Kandungan Vitamin A yang tinggi dalam tauge, bermanfaat merangsang folikel (struktur kulit di mana rambut akan tumbuh) rambut si Kecil agar rambut tumbuh dengan lebat.dan terhindar dari kekerontokan. Selain itu, Omega-3 yang terkandung di dalam tauge juga mampu menutrisi folikel rambut agar terlihat lebih berkilau. Rambut anak sehat bisa jadi salah satu ciri perkembangan balita yang sehat.

Tak hanya itu, tauge juga mengandung Seng, yakni mineral yang dapat merangsang produksi sebum (zat berminyak yang terdiri dari lemak dan keratin pada permukaan kulit) di kulit kepala. Sebum ini nantinya akan menghidrasi kulit kepala, akar, dan helai rambut serta menjadikannya lebih lebat dan berkilau.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Tahukah Ibu? Ternyata tauge memiliki Antioksidan yang mampu secara efektif menangkal radikal bebas dari lingkungan sekitar. Senyawa yang bernama Saponin dipercaya mampu meningkatkan imunitas si Kecil dengan menstimulasi hormon interferon dan sel limfosit sehingga daya tahan tubuh semakin kuat. Di samping itu, kandungan Vitamin C yang ada di dalam tauge juga baik untuk menjaga kesehatan si Kecil ketika ia sedang sakit.

5. Melancarkan buang air besar
Kandungan serat dan air yang ada di dalam tauge, mampu mendorong kotoran yang ada dalam usus sehingga si Kecil dapat buang air besar dengan lebih lancar. Tak hanya itu, racun-racun serta zat radikal bebas yang terdapat di dalam tubuh juga akan terdorong keluar. Proses pencernaan yang baik, tentunya akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang si Kecil yang optimal juga, Bu.

Itulah tadi beberapa manfaat tauge untuk kesehatan balita. Di samping kandungan gizinya yang cukup lengkap, Ibu tetap perlu memerhatikan kebutuhan gizi lainnya di masa pertumbuhan si Kecil saat ini. Oleh karena itu, lengkapilah kebutuhan nutrisi si Kecil dengan susu pertumbuhan Frisian Flag Jelajah sebagai pendamping menu makanannya sehari-hari. Kandungan Zat Besi, Seng, Vitamin A, Protein, dan nutrisi lain yang ada di dalamnya, dapat mendukung kesehatan balita di setiap Momen Wow pertumbuhannya. Selamat beraktivitas dengan si Kecil!