Whatsapp Share Like
Simpan

Makanan yang baik akan berpengaruh terhadap perkembangan si Kecil. Tersedia berbagai jenis makanan yang memberikan manfaat untuk tubuh si Kecil. sumber energi yang dikeluarkan setiap hari diperoleh dari makanan. Sehingga makanan sangat berperan penting bagi tubuh si Kecil. Memasuki usia 7 bulan si Kecil sudah mulai mengonsumsi makanan selain ASI. Ibu bisa memberinya berbagai jenis makanan namun harus sesuai dengan usianya. Si Kecil masih perlu menyesuaikan diri dengan makanan baru tersebut.

Si Kecil yang baru mencoba makanan baru biasanya dikenalkan dengan bubur nasi yang dicampur dengan sayur atau bahan lainnya. Terkadang Ibu juga bisa memberikan bubur dari buah atau sayuran. Sangat banyak buah atau sayuran yang mengandung nutrisi penting bagi si Kecil. Selain nasi, jagung juga menjadi sumber karbohidrat yang bisa menggantikan nasi. Jagung juga memiliki rasa yang enak untuk dikonsumsi oleh si Kecil.

Banyak manfaat yang diperoleh bila Ibu memberikan jagung kepada si Kecil. Jagung bisa menjaga kesehatan mata karena mengandung lutein yang berfungsi untuk memperkuat saraf optik. Ibu bisa meningkatkan penglihatan si Kecil dengan memberikan jagung secara rutin. Jagung pun bisa diolah menjadi berbagai camilan agar si Kecil tidak bosan mengonsumsinya.

Kandungan serat yang baik dari jagung bisa mengatasi sembelit sehingga baik untuk pencernaannya. Bila sudah di proses oleh sistem pencernaan, tinja si Kecil akan lebih lunak. Sehingga si Kecil akan lebih mudah melakukan proses pembuangan sisa makanan dari tubuhnya. Terkadang si Kecil mungkin akan merasa susah buang air besar karena kekurangan serat.

Jagung mengandung karbohidrat yang sehat dan tidak berefek pada peningkatan berat badan berlebih. Karbohidrat akan diolah dalam tubuh sehingga bisa memberi energi untuk si Kecil. Jagung juga tidak akan memberikan efek berat badan berlebih sehingga aman dikonsumsi dengan porsi yang lebih banyak. Jagung bisa menggantikan nasi dalam sumber karbohidrat si Kecil. Dengan mengganti variasi makanan si Kecil akan lebih lahap makannya.

Artikel Sejenis

Jagung membantu dalam peningkatan berat badan si Kecil namun masih dalam batas wajar. Bila si Kecil kekurangan berat badan, Ibu bisa memberikan jagung untuk menambah berat badannya secara baik. Dalam 100 gram jagung terdapat 350 kalori sehingga bisa menjadi solusi efektif menaikkan berat badan si Kecil. Bagi si Kecil yang memiliki berat badan normal masih bisa mengonsumsi jagung karena tidak akan memberikan efek obesitas bagi si Kecil.

Dalam kandungan jagung juga terdapat fosfor, potasium, magnesium, dan zat besi. Kandungan tersebut akan mengoptimalkan perkembangan otak si Kecil. Kandungan fosfor bisa membantu mengoptimalkan kesehatan tulang. Potasium dan magnesium berperan penting dalam fungsi otot dan syaraf. Zat besi dari jagung bisa membantu mengoptimalkan perkembangan otak si Kecil. Kandungan tersebut tentu sangat dibutuhkan si Kecil dalam tahap perkembangannya.

Dengan mengonsumsi jagung sel darah si Kecil akan terlindungi. Kandungan vitamin E dari jagung bisa memberikan kebaikan antioksidan yang bisa melindungi sel darah dari kerusakan. Tak hanya melindungi sel darah, kandungan antioksidan juga mencegah kerusakan sel-sel lainnya dan DNA dalam tubuh si Kecil. Tepung jagung yang sudah di proses dalam jangka waktu yang panjang mengandung ferulic acid. Kandungan ini merupakan sebuah anti-karsinogenik yang bisa melawan kanker.

Kandungan lain yang dimiliki jagung adalah vitamin C. Kandungan ini berfungsi untuk mencegah ruam popok serta kulit kering pada si Kecil. Selain itu vitamin C dari jagung akan melindungi lapisan kulit si Kecil dari radikal bebas ketika di luar rumah. Kulit si Kecil memang masih sensitif sehingga akan mudah terkena penyakit. Namun dengan mengonsumsi jagung hal tersebut masih bisa diatasi.

Jagung memiliki kandungan vitamin dan asam folat yang membantu perkembangan sistem saraf dan meningkatkan daya ingat si Kecil. Kemampuan mengingat sesuatu memang sangat penting untuk si Kecil. Dalam proses perkembangannya si Kecil menggunakan ingatannya dalam melakukan segala hal. Sehingga daya ingat yang baik akan membantunya dalam proses belajar. Bila daya ingatnya kuat maka si Kecil akan tumbuh menjadi pintar.

Bila si Kecil mengonsumsi jagung akan menurunkan risiko gagal jantung karena mengandung vitamin dan mineral. Sangat banyak manfaat yang bisa Ibu peroleh dengan memberikan jagung kepada si Kecil. Ibu bisa mengolah jagung dengan berbagai cara masak yang berbeda. Tidak masalah bila si Kecil mengonsumsi jagung secara rutin karena bisa menjaga kesehatannya. Selain itu si Kecil juga kan tumbuh sehat dan pintar.