Whatsapp Share Like
Simpan

Bu, saya ingin berbagi cerita, nih. Sejak beberapa minggu yang lalu, si Kecil mulai bisa membaca kalimat dengan cukup lancar lho. Setiap malam sebelum tidur, ia pasti mengambil buku cerita kesukaannya dan mengajak saya untuk membacanya bersama. Menggemaskan ya, Bu. Melihat si Kecil mulai suka membaca, saya akhirnya mencari tahu soal apa saja manfaat membaca buku bagi anak di Internet. Ternyata, selain mampu merangsang pertumbuhan otak si Kecil, kegiatan ini juga memberikan banyak manfaat bagi psikologi anak, Bu. Lalu, manfaat apa sajakah yang dimaksud? Simak terus ulasannya, ya!

1. Lebih Percaya Diri

Ketika si Kecil sering membaca buku, tanpa disadari ia akan menemukan banyak kosakata baru, Bu. Hal ini tentu saja akan berdampak baik bagi kemampuan komunikasinya. Nah, dengan kemampuan berbicara yang baik, si Kecil akan lebih percaya diri ketika harus berkomunikasi dengan orang lain.

2.  Menumbuhkan Rasa Empati

Menumbuhkan rasa empati pada karakter si Kecil bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, Bu. Untuk itu, saya akhirnya membeli beberapa buku cerita yang mengajarkan soal empati pada si Kecil. Dengan cara ini, ia pelan-pelan mulai mengerti pentingnya membantu sesama seperti keluarga, teman, binatang, atau bahkan orang yang tidak ia kenal sekalipun.

3. Mempererat Hubungan Ibu dan si Kecil

Bu, setiap malam, sempatkan waktu selama beberapa menit untuk membaca buku cerita bersama si Kecil ya. Kenapa? Ternyata kebiasaan membaca buku bersama sebagai pengantar tidur dapat mempererat hubungan Ibu dengan si Kecil. Bahkan, Bu, berdasarkan artikel online yang saya baca, hubungan erat antara Ibu dan si Kecil bisa memengaruhi kemampuan bersosialisasinya kelak. Hal ini dikarenakan ketika membaca, si Kecil akan mengenal banyak kosakata baru, sehingga ia akan lebih mudah untuk berkomunikasi, Bu.

4. Meningkatkan Kreativitas

Tahukah Ibu? Perkembangan kreativitas si Kecil berada pada puncaknya ketika ia memasuki usia empat sampai lima tahun. Ini saatnya untuk Ibu mulai mengajak ia membaca setidaknya satu buku cerita setiap harinya. Tidak hanya mampu meningkatkan kreativitas si Kecil, kegiatan ini juga dapat membuat pikirannya lebih santai sehingga kondisi psikologi anak lebih terjaga lho, Bu. 

5. Menumbuhkan Rasa Ingin Tahu

Bu, ketika ia berusia empat tahun, saya sering lho membelikannya buku cerita yang membahas soal cerita rakyat seperti Malin Kundang, Timun Mas, Sangkuriang, dan lainnya. Alhasil, si Kecil jadi sering bertanya dan menunjukkan rasa ingin tahu soal cerita tersebut. Nah, rasa ingin tahu yang tinggi ini dapat menstimulasi si Kecil jadi semakin pintar, Bu. Namun, pastikan Ibu selalu memilih cerita sederhana dengan pesan moral yang positif, ya. 

Ada banyak sekali manfaat membaca buku bagi anak. Yuk, mulai ajak si Kecil untuk membaca buku  cerita setiap harinya dan lihat ia tumbuh menjadi anak yang cerdas dan kreatif. Selamat mencoba, Bu!