Share Like
Simpan

Selamat ya, Bu, atas kehamilannya! Biasanya, pada masa awal kehamilan ini, Ibu akan mengalami mual bahkan hingga muntah. Saya pun sempat mengalami hal yang sama ketika mengandung si Kecil dulu. Nah, untuk mengatasi masalah ini, saya mulai memperbanyak asupan buah, khususnya buah apel. Berdasarkan informasi dari sejumlah artikel yang saya baca, serat yang terkandung dalam buah apel dapat mengurangi rasa mual pada ibu hamil. Selain itu, nutrisi yang terkandung dalam apel juga dapat mendukung kesehatan Ibu dan janin, lho! Apa sajakah manfaat buah apel untuk Ibu hamil? Simak informasinya sama-sama, yuk!

1. Mengurangi Risiko Diabetes

Apakah ada riwayat diabetes di keluarga Ibu? Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi atau melebihi batas normal. Perlu Ibu ketahui bahwa kehamilan dapat memicu munculnya diabetes gestasional. Kenapa? Hal ini dikarenakan saat hamil, hormon ikut berubah dan memengaruhi kadar gula darah dalam tubuh. Di sisi lain, buah apel kaya akan kandungan serat yang dapat mengontrol kadar gula darah tersebut.

2. Memperlancar Sistem Pencernaan

Selama kehamilan, sering kali saya mengalami sembelit atau sulit buang air besar. Apakah Ibu juga mengalami hal yang sama?  Hal ini umum sekali terjadi di kalangan ibu hamil. Namun, tidak perlu khawatir, karena buah apel memiliki kandungan serat tinggi yang bermanfaat untuk melancarkan saluran pencernaan tubuh. Bahkan, menurut informasi yang saya baca secara online, satu buah apel memiliki kadar serat higga 3,6 gram atau memenuhi sekitar 12% asupan serat harian yang disarankan.  

3. Pembangkit Energi

Ketika hamil, Ibu mungkin sekali lebih mudah merasa lemas dan lelah. Yuk, kembalikan semangat Ibu dengan mengonsumsi buah apel. Karbohidrat kompleks yang terkandung dalam buah apel dapat memberikan suplai energi pada Ibu. Untuk itu, selama masa kehamilan, saya selalu mengonsumsi satu buah apel setiap harinya.

4. Mengurangi Risiko Asma Pada si Kecil

Selain baik untuk tubuh Ibu, buah apel juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan janin.  Menurut artikel online dari jurnal kesehatan Thorax asal Inggris, mengonsumsi buah apel selama masa kehamilan dapat mengurangi risiko janin terserang penyakit asma hingga 53% lho. Hal ini dikarenakan kandungan Antioksidan pada buah apel dapat menjaga saluran pernapasan si Kecil tetap bersih. Namun, jika Ibu memang memiliki riwayat keturunan asma, Ibu tetap disarankan untuk melakukan konsultasi ke dokter ya, Bu.

5. Memperkuat Tulang si Kecil

Selain mengurangi risiko asma, kandungan yang terdapat pada buah apel dapat memperkuat tulang si Kecil, Bu. Pada masa kehamilan trimester pertama, tulang si Kecil sudah mulai terbentuk. Itu sebabnya, Ibu perlu memperbanyak asupan Kalsium agar janin kuat. Tahukah Ibu? Satu gelas jus apel mengandung Kalsium sebanyak 300 mg atau sekitar 12% dari kebutuhan kalsium harian Ibu. Mari penuhi kebutuhan Kalsium harian Ibu dan janin dengan perbanyak konsumsi apel.

Ada banyak ya, Bu, manfaat buah apel untuk ibu hamil. Terlepas dari segala manfaatnya, pastikan Ibu tidak mengonsumsi lebih dari satu buah apel setiap harinya, ya. Hal ini disebabkan, apel memiliki kandungan gula yang cukup tinggi dan jika dikonsumsi secara berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat, Bu!