Whatsapp Share Like
Simpan

Usia anak-anak menjadi awal pembentukan tulang dan gigi mereka. Di usia tersebut, tulang dan gigi anak juga masih rawan, sehingga diperlukan asupan nutrisi yang tepat agar tumbuh kuat. Salah satu nutrisi yang mereka butuhkan adalah susu pertumbuhan yang kaya akan vitamin D, kalsium, fosfor, potasium, dan magnesium.

Susu sudah dikenal sejak lama menjadi sumber asupan pendamping anak yang harus rutin dikonsumsi setiap hari, terutama untuk kebaikan tulang dan giginya. Untuk penjelasan lebih detail tentang kelima kandungan tersebut, langsung simak informasi selengkapnya di bawah ini, Bu:

Vitamin D3

Vitamin D3 merupakan sumber nutrisi yang paling dibutuhkan untuk pembentukan dan kesehatan tulang. Untuk dapat membentuk tulang yang kuat dan sehat, zat ini akan saling berkolaborasi dengan kalsium dan fosfat. Saat tubuh kekurangan vitamin D3, pertumbuhan anak pun menjadi terhambat. Bahkan pada kondisi yang kronis, dapat menyebabkan penyakit rakhitis pada anak.

Penting untuk Ibu ketahui, rakhitis adalah sebuah kelainan tulang di mana tulang menjadi lunak dan lemah. Hal tersebut dapat merubah bentuk tulang dan menghambat pertumbuhan. Rakhitis masih banyak dijumpai di negara berkembang dan paling sering menyerang anak, terutama di usia 6 bulan hingga 3 tahun. Jangan sampai penyakit ini menyerang buah hati Ibu. Untuk itu selalu berikan vitamin D3 kepada anak melalui susu pertumbuhan dan sumber makanan lainnya ya, Bu.

Kalsium

Dibuat dari susu sapi, susu pertumbuhan memiliki kandungan terbesar berupa kalsium yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan tulang anak. Kalsium juga memiliki peranan untuk pembekuan darah mengantarkan transmisi impuls saraf.

Artikel Sejenis

Pada dasarnya setiap manusia diciptakan dengan kalsium yang bisa didapat dari tubuh. Saat tubuh tidak memiliki jumlah kalsium yang cukup, maka tubuh akan mengambilnya dari tulang. Jika terus-menerus terjadi, tulang pun dapat kekurangan kalsium dan menyebabkan tulang menjadi rapuh atau yang disebut dengan osteoporosis.

Untuk mencegah hal ini terjadi, sejak dini anak harus mendapatkan pasokan kalsium yang cukup. Institute of Medicine menganjurkan untuk anak-anak di usia 4 hingga 6 tahun mendapatkan 1.000 mg per hari.

(sumber: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2696936/berapa-banyak-kalsium-yang-dibutuhkan-anak)

Fosfor

Setelah kalsium, ada fosfor yang menjadi mineral terbesar kedua yang dibutuhkan oleh tubuh. Zat ini sangat berperan dalam menyeimbangkan asam basa pada tubuh sehingga dapat mendukung pembentukan struktur tulang dan gigi yang kuat. Selain itu, fosfor juga memiliki beberapa fungsi lainnya, seperti:

  • menyeimbangkan fungsi hormon
  • meningkatkan proses pemisahan zat yang diperlukan dan tidak diperlukan tubuh
  • pembentukan DNA
  • membantu kinerja ginjal
  • membantu kinerja otot dan saraf

Potasium

Zat berikutnya yang terkandung dalam susu pertumbuhan adalah potasium. Zat ini memiliki banyak peranan bagi tubuh, salah satunya adalah menyehatkan tulang. Peranan lain dari potasium di antaranya adalah sebagai berikut:

  • mengendalikan tekanan darah karena kelebihan sodium
  • menjaga metabolisme tubuh
  • mengurangi resiko stres
  • menjaga fungsi otot dan syaraf
  • mengatur keasaman tubuh
  • menyehatkan ginjal
  • menyehatkan otak
  • menyeimbangkan air dalam tubuh

Magnesium

Terakhir, ada magnesium yang sangat berperan besar bagi pembentukan tulang di masa pertumbuhan anak. Zat ini mendukung proses asimilasi kalsium di dalam formasi tulang. Selain itu, magnesium turut mendukung proses aktivasi vitamin D yang terjadi di ginjal supaya gampang diserap untuk merekatkan antar molekul tulang dan menguatkan tulang.

Selain untuk tulang, magnesium juga masih memiliki beberapa fungsi lainnya bagi tubuh, seperti:

  • mampu mengurangi resiko terkena stroke
  • mengatur tekanan darah tinggi
  • mengatasi diabetes
  • mengatasi depresi, insomnia, dan migrain
  • meredakan gejala menopause dan premenstrual syndrome (PMS)
  • meminimalisir resiko persalinan prematur

Tulang dan gigi anak sangat memerlukan nutrisi yang cukup agar tumbuh kuat, sehat, dan optimal. Terlebih di usia 4 hingga 6 tahun, anak sedang dalam masa aktif dan selalu ingin tahu sehingga akan terus bergerak. Untuk itu selalu berikan susu pertumbuhan kepada buah hati setiap hari ya, Bu. Tak lupa, sertakan pula asupan makanan lainnya yang banyak mengandung kelima zat di atas agar mendapatkan manfaatnya bagi tulang dan gigi secara maksimal.

Susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag 456 PRIMANUTRI adalah salah satu susu yang mengandung nutrisi untuk tulang dan gigi anak. Tak hanya itu saja, susu ini juga mengandung nutrisi lainnya yang diperlukan untuk tumbuh kembang anak di masa emasnya. Kandungan Omega 2, Omega 6, Minyak Ikan, zat besi, asam sialat dan sphingomyelin dalam tabel informasi gizi untuk memperkuat memori dan proses informasi di otak yang membuat Anak menjadi Pintar, kandungan Vitamin A, C, E, Seng, Selenium dan Serat Pangan Inulin membuat anak menjadi Kuat, serta Protein, Kalsium dan Vitamin D3 untuk mendukung si Kecil agar tumbuh optimal dan Tinggi. Susu Bubuk Pertumbuhan Frisian Flag 456 PRIMANUTRI tersedia dalam 3 varian rasa yang lezat dan disukai oleh anak yaitu madu, vanila dan cokelat lho, Bu!