Share Like
Simpan

Sejak memasuki usia balita, si Kecil biasanya makin aktif secara fisik, Bu. Sebentar-sebentar ia memanjat, berlari, dan melompat. Sebagai orang tua, hal ini tentu membuat kita perlu lebih memerhatikan asupan gizi balita supaya perkembangan si Kecil saat ini bisa lebih optimal.

Menurut artikel yang saya baca di sebuah forum konsultasi anak online, seiring makin aktif si Kecil bergerak, kebutuhan tubuhnya akan Kalsium pun meningkat, Bu. Sebab, zat ini membantu menjaga tulang tetap padat dan mencegahnya mengalami kerapuhan. Di dalam artikel itu juga disebutkan beberapa asupan yang bisa dipilih untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi balita akan Kalsium, di antaranya: 

1. Minyak Zaitun
Selain lebih sehat karena tinggi kandungan lemak sehat, minyak zaitun juga baik untuk memperkuat tulang. Penelitian mengungkapkan bahwa orang yang mengonsumsi minyak zaitun memiliki tingkat Osteocalcin yang lebih tinggi dibanding orang yang tidak mengonsumsi minyak zaitun, Bu. Sebagai informasi, Osteocalcin adalah Protein yang dikeluarkan oleh sel pembentuk tulang. Semakin tinggi kadar Protein ini, maka semakin tinggi pula kekuatan tulang manusia, Bu. Untuk itu, Ibu bisa mengganti penggunaan minyak goreng di rumah dengan minyak zaitun saat memasak makanan untuk si Kecil sebagai cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi balita akan Osteocalcin.

Tak hanya sebagai pengganti minyak goreng, minyak zaitun juga dapat Ibu gunakan sebagai pelumas untuk memijat tubuh si Kecil. Minyak zaitun dapat masuk ke tubuh lewat pori-pori kulit, kemudian terbawa ke aliran darah dan menutrisi tulang-tulang si Kecil.

2. Ikan Sarden
Ikan sarden merupakan sumber gizi untuk balita yang bisa Ibu pilih supaya tulang si Kecil semakin kuat. Sebab, ikan ini mengandung Kalsium tinggi, yaitu kurang lebih 100 mg di tiap ons-nya. Jumlah ini bisa membantu memenuhi sekitar 15% kebutuhan Kalsium harian si Kecil, Bu. Kalsium bahkan juga ditemukan pada tulang ikan sarden lho, Bu. Untuk proses penyajian, Ibu bisa memasaknya menggunakan panci presto.

3. Susu
Sejak lama, susu dan produk turunannya seperti keju dan mentega disarankan untuk dikonsumsi secara teratur, sebab diketahui tinggi akan Kalsium. Setiap satu gelas susu diketahui mengandung 125 mg Kalsium yang penting untuk menjaga kekuatan dan kepadatan tulang si Kecil, Bu.

Oleh karena itu, penting bagi Ibu menyajikan segelas susu setiap pagi dan malam hari untuk si Kecil demi mengoptimalkan perkembangan balita. Terkait hal ini, Frisian Flag Karya bisa jadi pilihan. Hadir dalam rasa cokelat, vanila, dan madu yang disukai anak-anak, Frisian Flag Karya siap membantu Ibu memenuhi kebutuhan Kalsium, Vitamin D3, Vitamin A, dan nutrisi lain yang dibutuhkan si Kecil setiap hari.

Yuk, sajikan secara rutin sumber Kalsium alami di atas untuk memenuhi kebutuhan gizi balita.