Share Like
Simpan

Usia kandungan Ibu sudah memasuki trimester kedua kehamilan? Selamat ya, Bu! Di umur janin yang memasuki usia empat bulan, umumnya Ibu sudah bisa mulai merasakan pergerakan si Kecil. Berdasarkan artikel online yang saya baca, pada masa kehamilan ini, perkembangan bayi dalam kandungan akan semakin meningkat sehingga ia sudah mampu belajar, Bu. Lalu, apa saja hal-hal mendasar yang mampu si Kecil pelajari ketika ia masih berada dalam kandungan? Simak terus ulasannya, ya!

1. Mengenal Suara

Ternyata, Bu, si Kecil sudah bisa mengenali dan membedakan suara di sekitarnya sejak ia masih berada dalam kandungan. Menurut jurnal penelitian dari Proceedings of the National Academy of Science yang saya baca di artikel online, bayi sudah bisa mengenali suara ibunya sejak berada di dalam rahim. Oleh sebab itu, ketika memasuki kehamilan trimester kedua, saya sering mengajak si Kecil bercerita dan menyanyikannya lagu pengantar tidur.

2. Mengecap Rasa

Tahukah Ibu? Pada usia kehamilan tiga bulan, janin sudah bisa mengecap rasa dan mengenali makanan yang masuk lewat cairan ketuban. Bahkan, menurut konsultasi saya dengan dokter, si Kecil umumnya lebih sensitif terhadap rasa manis dan asam. Menariknya lagi, sensitivitas pada rasa tersebut akan terbawa hingga ia lahir nanti.Ini menjadi salah satu alasan si Kecil menyukai rasa manis pada ASI, Bu.

3. Mengisap Jempol

Selama masa kehamilan, saya rutin melakukan pemeriksaan USG untuk memastikan kondisi janin selalu dalam keadaan sehat. Nah, sering kali hasil foto USG menangkap si Kecil sedang mengisap jempol atau mengarahkan jempolnya ke mulut. Ternyata, kebiasaan ini menunjukkan perkembangan baik pada otak janin, lho! Hal ini dikarenakan  ketika mengisap jempol, ia akan merasa tenang sehingga perkembangan  otaknya dapat berjalan secara optimal. Selain itu, kebiasaan ini juga berguna untuk mempersiapkan kemampuan menyusu ketika ia lahir nanti. Jadi, Ibu tidak perlu khawatir jika si Kecil memiliki kebiasaan mengisap jempol sejak dalam kandungan, ya.

4. Mengenal Bahasa

Apakah Ibu sering mengajak si Kecil dalam kandungan bercerita? Kebiasaan ini baik untuk terus dilakukan, Bu! Disebutkan di sebuah artikel bahwa menurut penelitian dari University of Britsh Columbia, suara dan ritme bahasa Ibu dapat membantu si Kecil lebih mengenal bahasa tersebut. Oleh karena itu, ayo terus mengobrol dengan si Kecil terutama setelah memasuki trimester kedua ya, Bu.

5. Merasakan Sentuhan

Apakah si Kecil sudah mulai melakukan pergerakan dalam kandungan? Ini berarti janin sudah bisa merasakan sentuhan, Bu. Berdasarkan hasil konsultasi saya dengan dokter kandungan, pada usia kehamilan tiga bulan, si Kecil sudah bisa merasakan sentuhan di sekitar area mulut dan wajahnya. Itu sebabnya, jika Ibu kebetulan menyentuh area sensitif tersebut, si Kecil akan memberi respon dengan bergerak.

Sekarang Ibu jadi lebih mengerti soal perkembangan bayi dalam kandungan memasuki trimester dua. Selain melakukan cara di atas, Ibu juga bisa mendukung perkembangan janin dengan memberikannya asupan nutrisi yang cukup. Mari penuhi kebutuhan nutrisi Ibu dan janin dengan mengonsumsi susu Frisian Flag Mama setiap harinya. Semoga Ibu dapat menjalani momen kehamilan yang menyenangkan dan lancar hingga persalinan nanti, ya!