Share Like
Simpan

Menyiapkan menu MPASI untuk si Kecil sering kali jadi tantangan tersendiri dalam hal perawatan bayi, terutama bagi para Ibu baru. Mulai dari keterbatasan pengetahuan seputar menu MPASI, hingga kerewelan si Kecil saat Ibu menyiapkan makanan, tentu menjadi tantangan tersendiri.

Sewaktu si Kecil masih berusia enam bulan, saya pun sempat mengalaminya kok, Bu. Kemudian, waktu itu saya mencari tahu tips mempermudah proses pembuatan MPASI dari berbagai forum online seputar perawatan bayi. Hal ini cukup membantu, karena dari situ saya mendapatkan tips-tips bermanfaat berikut ini. Simak yuk, Bu:

1. Siapkan daftar berbagai menu MPASI

Memikirkan menu yang akan disajikan kerap menjadi hal yang cukup menyita waktu saat menyiapkan MPASI untuk si Kecil. Wajar sih memang, sebab selain bisa memenuhi kebutuhan gizi harian si Kecil, Ibu tentu ingin ya makanan yang Ibu buatkan bisa disukai si Kecil?

Nah, supaya waktu yang tersita untuk tahap ini tak terlalu banyak, Ibu bisa mulai mengumpulkan berbagai resep ide MPASI bergizi untuk si Kecil dari buku atau situs online sebelum ia mulai mengonsumsi MPASI. Bila sudah, jadwalkan resep-resep tadi untuk seminggu atau bahkan sebulan ke depan. Dengan begini, Ibu pun tak perlu lagi bingung menu apa yang harus disajikan untuk si Kecil setiap harinya.

2. Persiapkan bahan-bahan MPASI lebih awal

Supaya saat menyiapkan MPASI nanti Ibu tak terlalu repot, cuci, kupas, dan potong semua bahan pembuat MPASI segera setelah Ibu selesai berbelanja. Takar juga bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sesuai pedoman yang ada di resep. Bila ada bahan-bahan olahan yang sekiranya akan sering Ibu butuhkan seperti kaldu, Ibu bisa membuatnya dalam porsi banyak sekaligus, kemudian masukkan ke dalam plastik kecil dan simpan di kulkas.

Meski sederhana, tips ini cukup membantu menghemat waktu menyiapkan MPASI karena saat memasak Ibu tinggal mengambil bahan-bahan yang sudah siap sesuai jumlah yang Ibu butuhkan.

3. Pilih satu metode memasak

Memasak dengan proses yang beraneka ragam tentu membuat waktu masak jadi makin panjang, Bu. Oleh sebab itu, di tahap awal, pilihlah menu MPASI yang proses pembuatannya terbilang sederhana atau membuat Ibu hanya perlu menerapkan satu metode masak, seperti merebus atau mengukus.

Makin sederhana metode masak yang diperlukan, Ibu pun bisa menyajikan MPASI lebih cepat. Dengan begitu, si Kecil tak akan rewel dan membuat Ibu tertekan saat menyiapkan makanan pendamping untuknya.

Oya, sebagai tambahan info, untuk penyajian MPASI, menggoreng tidak termasuk metode masak yang disarankan, Bu. Sebab, minyak dari makanan yang digoreng bisa memperbesar risiko si Kecil mengalami batuk atau gangguan tenggorokan lainnya.

4. Siapkan MPASI saat si Kecil tidur

Supaya konsentrasi Ibu saat menyiapkan MPASI tidak terganggu kerewelan si Kecil, Ibu juga bisa memanfaatkan waktu tidur si Kecil untuk membuat MPASI.

Setelah memastikan semua bahan yang Ibu perlukan tersedia di rumah, coba tenangkan si Kecil dan ajak ia tidur siang. Begitu si Kecil terlelap, Ibu bisa menuju ke dapur dan mengreasikan resep MPASI sesuai jadwal hari itu.

Nah, mudahkan, Bu, tipsnya? Kini, Ibu pun bisa lebih tenang saat menyiapkan menu MPASI untuk si Kecil sebagai salah satu upaya perawatan bayi untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Supaya lebih aman dan si Kecil terhindar dari risiko alergi, konsultasikan menu MPASI dengan dokter anak atau ahli gizi.

Selamat berkreasi dengan beragam menu MPASI, Bu!