Share Like
Simpan

Menjelang tahun baru, biasanya saya mulai memikirkan ide-ide liburan bersama keluarga. Pasalnya, di masa tumbuh kembang balita ini, aktivitas si Kecil sudah semakin banyak. Sehingga, saya dan suami merasa waktu libur merupakan saat yang tepat untuk mengajaknya liburan. Biasanya, saya lebih memilih untuk berlibur di dalam kota saja, ketimbang ke luar kota. Selain lebih praktis dan mudah, liburan di dalam kota biasanya lebih hemat, Bu!

Sebagai referensi untuk Ibu, ada beberapa tips berlibur hemat yang bisa Ibu coba, yaitu:

  1. Pergi ke tempat hiburan edukatif

Biasanya, banyak tempat hiburan ekonomis tapi edukatif di kota asal Ibu. Seperti contohnya, di Jakarta, ada Monumen Nasional (Monas) dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Kedua tempat tersebut memiliki museum-museum yang edukatif, sehingga baik untuk perkembangan intelektual di masa tumbuh kembang balita. Harga tiket masuknya pun sangat terjangkau.Pilihan lainnya adalah ajak keluarga pergi ke kebun binatang untuk melihat pertunjukan satwa di dalamnya. Pengetahun si Kecil pun akan diperkaya dengan beraneka ragam satwa yang hidup di dunia.

      2. Piknik ke taman kota

Telusurilah berbagai situs yang menyediakan berbagai resep makanan unik yang lezat untuk melengkapi nutrisi balita. Saya biasanya suka melibatkan si Kecil dan suami ketika membuat resep tersebut. Berikan mereka tugas-tugas ringan, seperti mencuci sayuran atau mengoleskan mentega ke roti. Setelah bekal makanan siap, biasanya saya dan keluarga langsung berangkat ke taman kota membawa tikar dan beberapa mainan si Kecil untuk teman piknik di taman.Biasanya, yang menjadi kendala ketika liburan tahun baru, tempat-tempat umum seperti ini pasti ramai dikunjungi. Tipsnya adalah berangkatlah lebih pagi supaya Ibu dan keluarga mendapat lokasi yang nyaman untuk bersantai bersama keluarga.

    3. Pesta kembang api di rumah saudara

Liburan tahun baru ada baiknya juga digunakan untuk kembali bersilaturahmi dengan saudara-saudara yang sudah lama tidak kita temui. Ya, mengunjungi rumah sanak-saudara bisa menjadi alternatif liburan tahun baru hemat dan juga baik untuk tumbuh kembang balita. Si Kecil bisa lebih akrab dengan sepupu-sepupunya, sehingga terbina ikatan kekeluargaan yang kuat nantinya.Supaya acara bertamu ini lebih menyenangkan, adakan acara-acara menarik, seperti pesta kembang api yang dapat menceriakan suasana atau makan malam bersama dengan membawa makanan ke rumah saudara, lalu menyantapnya beramai-ramai dengan keluarga yang lain.

    4. Membuat tenda di rumah

Apabila Ibu ingin liburan hemat tanpa ke luar rumah, aktivitas yang satu ini juga bisa Ibu coba. Ciptakan suasana yang berbeda di dalam rumah sendiri dengan membangun tenda buatan Ibu dan Ayah. Baiknya lagi, Ibu bisa memanfaatkan benda-benda yang Ibu punya di rumah seperti sprei dan bantal. Saat membangun tenda, ajaklah si Kecil untuk ikut serta mengingat masa tumbuh kembang balita usia 4-5 tahun merupakan saat di mana ia sedang senang-senangnya berkarya. Sehingga, mengajaknya ikut serta dapat melatih kemampuan berimajinasinya.

Bagaimana, Bu? Ternyata ada beragam aktivitas yang bisa Ibu lakukan untuk liburan tahun baru, bukan? Kegiatan-kegiatan bersama si Kecil ini, tentu sangatlah bermanfaat bagi tumbuh kembang balita. Selamat berlibur!