Share Like
Simpan

Tidak terasa masa liburan sudah tiba. Dan Anda pun ingin menikmati masa-masa liburan ini dengan bepergian dengan seluruh keluarga. Liburan keluarga memang menyenangkan, tetapi bila tidak direncanakan dengan baik, keinginan Anda untuk bersantai dengan keluarga bisa terganggu. Tips-tips dibawah ini bisa Anda jadikan acuan sebelum Anda menurunkan koper Anda dari lemari dan bersiap untuk pergi.

Pada usia balita, seorang anak belum bisa memproses konsep liburan. Terkadang, bepergian pada akhir minggu ke mal atau tempat rekreasi saja bisa membuatnya cepat bosan dan pada akhirnya ia marah dan menjerit-jerit atau menangis di tempat umum. Liburan, terutama ke luar kota ataupun ke luar negeri, memakan waktu di perjalanan yang umumnya akan membosankan si Kecil. Tapi bukan berarti tidak ada solusi untuk membuat liburan Anda dengan si Kecil menyenangkan.

  1. Sebelum pergi, periksakan kesehatan si Kecil dahulu. Bayangkan betapa repotnya Anda bila pada saat liburan, si Kecil menjadi sakit. Dan bahkan lebih repot lagi bila ia sakit di tengah perjalanan, terutama bila Anda bepergian naik pesawat terbang. Untuk mencegah hal ini, periksalah kesehatan si Kecil ke dokter anak terlebih dahulu. Pastikan Anda membawa obat-obatan yang cukup dengan rekomendasi dari dokter. Ini teramat penting bagi Anda yang mempunyai anak dengan kebutuhan khusus, seperti asma atau diabetes.
  2. Bila menginap di hotel, pesanlah tempat tidur khusus. Bila anak Anda masih terlalu kecil untuk tidur di tempat tidur hotel, Anda bisa memesan dari awal tempat tidur khusus (box) untuknya. Untuk anak yang lebih besar, pastikan ia tidur di tempat tidur yang mempunyai batasan sehingga ia tidak terjatuh saat ia tidur.
  3. Jangan mengunjungi terlalu banyak tempat. Perjalanan dengan satu tempat tujuan (mengunjungi saudara, atau pergi ke resor pantai, dll) biasanya lebih disukai si Kecil. Di usia dini ini, ia belum terbiasa dengan perjalanan jauh dimana ia harus berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain. Ia akan menjadi bosan dan pada akhirnya, liburan Anda pun terganggu.
  4. Batasi kekacauan. Di hari-hari dimana banyak kesibukan dan banyak hal yang harus dilihat dan dilakukan, cobalah makan pagi di kamar hotel sebelum pergi atau makan malam di kamar hotel setelah kembali. Ini bukan saja mengurangi Anda dan keluarga untuk berkali-kali keluar, tetapi juga bisa membuat kamar hotel yang asing terasa lebih seperti rumah.
  5. Dan jangan lupa untuk membawa rasa humor Anda. Hal ini sangat penting dalam bepergian dengan si Kecil. Bila Anda mampu tertawa bila ada hal yang salah – dan ini akan terjadi – hal-hal ini tidak akan terasa menyebalkan, dan si Kecil pun bisa menikmati liburannya.

Sesuatu yang tidak mudah bukan berarti tidak bisa dilakukan. Dengan mempersiapkan segala sesuatu dengan baik, liburan yang menyenangkan dengan si Kecil bukanlah hal yang sulit untuk didapatkan. Sekarang, Anda bisa menyiapkan koper Anda dan memulai liburan!