Share Like
Simpan

Menghabiskan liburan bersama si Kecil merupakan momen yang sangat berharga. Selain sebagai media hiburan, liburan bersamanya juga dapat mempererat ikatan antara ia, Ibu, dan anggota keluarga lainnya.

Agar kegiatan berlibur ini maksimal, saya sejak dulu selalu memilih tempat rekreasi yang memiliki manfaat bagi si Kecil. Dengan demikian, ia tidak hanya akan mendapatkan pengalaman baru, tapi juga pengetahuan yang lebih luas.

Saat ini, sudah banyak tempat rekreasi edukatif yang dapat merangsang perkembangan otak dan perilaku anak. Pasti sangat menyenangkan ya, ketika kita mendapatkan dua keuntungan sekaligus ketika berekreasi. Si Kecil senang, saya pun tenang karena ia mendapatkan pengetahuan baru. Nah, berikut ini adalah ulasan mengenai tempat rekreasi edukatif yang biasa saya kunjungi bersama keluarga.

1. Kampung Gajah Wonderland

Tempat wisata ini berlokasi di Jalan Sersan bajuri KM 3.8, Lembang, Bandung (022-61099999). Kampung Gajah Wonderland merupakan taman bermain yang meyediakan berbagai wahana edukatif di area terbuka. Di sini, Ibu bisa menemukan beragam permainan untuk si Kecil yang dapat merangsang perkembangan motoriknya. Tiket masuk pada hari Senin—Kamis Rp 10.000 per orang dan Rp 20.000 per orang pada hari Jumat—Minggu. Namun, untuk hampir setiap menaiki wahana permainan di dalamnya akan dikenakan biaya tambahan. Info lebih lanjut bisa Ibu klik di sini.

2. Taman Lalu Lintas Bandung 

Taman ini juga dikenal dengan sebutan Taman Ade Irma Suryani. Di dalam taman yang terletak di Jalan Belitung No. 1, Bandung (022 – 4201667) ini Ibu bisa mengenalkan si Kecil tata cara tertib berlalu lintas. Taman tematik ini didesain khusus untuk dapat memberikan pengetahuan tentang lalu lintas dan papan petunjuk jalan. Di dalam taman ini juga terdapat beragam permainan umum seperti ayunan dan jungkat-jungkit. Harga tiket masuknya hanya Rp 6000 per orang. Info lebih lengkap klik di sini ya, Bu.

3. Museum Geologi

Museum ini memiliki lokasi yang strategis, yakni di Jalan Diponegoro No.57, Bandung (022-7213822). Di dalam museum ini, terdapat beragam informasi mengenai pengetahuan seputar geologi, material yang ada di bumi, fosil, jenis-jenis bebatuan, dan sebagainya. Si Kecil paling senang jika saya ajak ke sini karena museum adalah salah satu tempat rekreasi favoritnya. Menariknya, untuk masuk ke museum ini tidak dipungut biaya. Info lebih lengkap bisa diklik di sini.

4. Saung Angklung Udjo

Tempat wisata ini sangat cocok untuk memberikan pengenalan budaya lokal pada si Kecil. Saung Angklung Udjo terletak di Jalan Padasuka 118, Bandung (022-7271714) dengan tiket masuk seharga Rp60.000. Tidak hanya mengenalkan angklung saja, di tempat wisata ini Ibu juga bisa menjelaskan kepada si Kecil mengenai bermacam-macam budaya seperti wayang golek dan helaran serta wisata kuliner khas Jawa Barat. Informasi lebih lanjut Ibu bisa klik di sini.

5. Rumah Stroberi

Mengenalkan anak pada beragam tanaman buah-buahan dapat memicunya untuk senang memakan buah yang sehat. Pengenalan ini dapat Ibu lakukan dengan mengajaknya berekreasi ke tempat wisata alam edukatif. Salah satunya adalah Rumah Stroberi yang terletak di Jalan Cihanjuang No. 12-18 Cimahi, Bandung (022-6631234). Di sini Ibu bisa mengajak si Kecil untuk menanam serta memetik stroberi dengan cara yang benar. Selain dapat mengajak ia untuk menghirup udara segar, Ibu juga dapat menanamkan rasa cinta alam padanya sejak dini.

Tiket masuk Rumah Stroberi hanya seharga Rp5000. Namun, untuk mengikuti program budidaya Ibu perlu membayar Rp35.000, sedangkan untuk memainkan wahana permainan tiketnya berkisar antara Rp5000 hingga Rp15.000. Klik di sini untuk info lebih lanjutnya ya, Bu. 

Seru kan, Bu? Bagaimana? Sudah menemukan lokasi wisata di akhir pekan ini? Selamat berlibur!