Share Like
Simpan

Tentunya setiap pasangan mendambakan kehadiran buah hati. Oleh sebab itu, seringkali Ibu melakukan persiapan untuk menghadapi kehamilan. Saya pun sempat membaca sejumlah artikel untuk mengetahui apa saja nutrisi untuk Ibu hamil yang diperlukan. Siapa tahu Ibu memerlukan informasi tersebut. Berikut ini beberapa data yang saya rangkum. 

Asam Folat

Dari artikel yang saya baca, Asam Folat terbentuk dari vitamin B yang disebut Folat. Nutrisi satu ini berguna untuk memperlancar produksi darah merah. Selain itu, Asam Folat juga berguna untuk pembentukan serta perkembangan otak dan sistem saraf janin. Asam Folat banyak didapat di dalam pisang, sereal gandum, hati sapi, bayam, dan mie telur. Dalam sehari, Ibu disarankan mengonsumsi 400mcg Asam Folat atau sekitar dua cangkir mie telur atau bayam, atau 6 ons hati sapi. Nah, kebiasaan ini juga sebaiknya dilanjutkan ketika masa kehamilan dan menyusui, Bu.

Omega 3 

Dari tulisan peneliti John Colombo yang saya baca, Omega 3 bisa memengaruhi kecerdasan si Kecil pada awal masa kehidupannya, lho. Oleh sebab itu, Ibu bisa mengonsumsinya sejak memulai program hamil (promil). Umumnya, Omega 3 terdapat di ikan salmon, cod, atau tuna. Apabila Ibu mengalami kesulitan memakan ikan karena baunya, Ibu juga bisa mengonsumsinya dalam dalam bentuk suplemen. Namun, konsultasikan terlebih dulu kepada dokter kandungan mengenai dosis dan suplemen yang direkomendasikan, ya.

Vitamin, Serat, & Mineral

Ibu juga perlu mengonsumsi makanan yang mengandung Vitamin, Serat, dan Mineral, seperti sayuran dan buah-buahan. Ketika Ibu mengonsumsi sayur dan buah secara rutin, imun tubuh menguat, sehingga terhindar dari penyakit ysng berisiko untuk janin kelak. Selain itu, Ibu juga akan lebih segar ketika memasuki trimester pertama kehamilan karena asupan nutrisi yang seimbang.

Protein 

Dari artikel medis yang saya baca, Protein terbentuk dari Asam Amino yang berguna untuk pertumbuhan sel tubuh Ibu dan kesehatan janin. Protein banyak terdapat di kacang-kacangan, ikan kembung, hati ayam, telur, dan susu serta produk olahannya seperti yoghurt dan keju.

Selain itu, Ibu juga perlu memerhatikan pilihan susu sebagai pendamping makanan. Pilihlah susu yang kaya Protein, Serat pangan, Asam Folat, Zat Besi, dan Kalsium seperti Frisian Flag Mama. Selain menyehatkan, juga bagus untuk perkembangan janin. Bahkan, satu gelas Frisian Flag Mama setara dengan satu potong ikan bawal dan 9 gram protein. Frisian Flag Mama tersedia dalam rasa cokelat yang lezat. Yuk, dicoba! 

Nah, semoga informasi seputar nutrisi untuk Ibu hamil ini bisa bermanfaat ya, Bu. Semangat terus menjalani program kehamilan, Bu!