Share Like
Simpan

Apa kabar, Bu? Sudah siap mudik tahun ini? Melakukan perjalanan jauh, baik melalui darat, laut, maupun udara, tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi si Kecil, ya. Apalagi, si Kecil mungkin saja belum terbiasa dengan suasana arus mudik. Nah, agar pengalaman mudik bersama si Kecil tetap menyenangkan, Ibu bisa memanfaatkan momen ini untuk membentuk karakter anak , lho. Apa sajakah hal tersebut? Simak yuk, Bu!

1. Belajar Menghormati Orang Tua

Menurut artikel yang saya baca di internet, mudik menyimpan tujuan mulia lho, Bu, terutama ketika Ibu mengajak si Kecil mengunjungi kakek dan neneknya di kampung halaman. Secara tidak langsung, Ibu menunjukkan rasa hormat kepada orang yang lebih tua dengan mengunjunginya saat momen spesial. Melalui hal ini, si Kecil akan terbiasa mengunjungi orang yang lebih tua untuk menghormati mereka ketika dewasa kelak.

2. Melatih Kesabaran

Berapa lama waktu yang Ibu butuhkan untuk sampai ke kampung halaman? Pastinya, Ibu, Ayah, dan si Kecil akan dikelilingi banyak orang bertujuan sama, ya. Dengan kata lain, kemungkinan untuk mengantre atau bermacet ria di perjalanan menjadi lebih tinggi. Nah, hal ini bisa Ibu manfaatkan untuk membimbing karakter si Kecil sehingga tumbuh menjadi anak yang sabar. Mulai dari sabar mengantre, berdesakan dengan orang lain, dan sebagainya. Berikan pemahaman dengan cara menyenangkan agar suasana hati si Kecil tetap terjaga, ya.

3. Belajar Bersosialisasi

Manfaat lainnya yang bisa si Kecil dapatkan ketika mudik adalah belajar bersosialisasi. Ajak si Kecil berkenalan dengan sepupu sebayanya, lalu biarkan mereka bermain bersama. Melalui cara ini, si Kecil pasti tak sabar bertemu dan bermain dengan sepupunya ketika mudik kembali di tahun-tahun berikutnya. Selain itu, si Kecil juga terlatih untuk lebih percaya diri dan tidak takut saat bertemu orang baru.

4. Belajar Berbagi

Bagi anak seusianya, berbagi merupakan sebuah tantangan tersendiri ya, Bu. Namun, bukan berarti si Kecil sulit melakukannya, lho. Ibu bisa melatih si Kecil berbagi dengan mengajaknya membeli oleh-oleh atau bingkisan. Sebelum pulang ke kampung halaman, Ibu bisa mengajak si Kecil mencari oleh-oleh atau bingkisan di kota tempat tinggal Ibu untuk dibagikan di kampung halaman. Biasanya, saat saya mengajak si Kecil melakukan hal ini, saya juga akan bilang, “Adik, hadiah ini pasti akan membuat keluarga di kampung halaman senang. Adik suka kan, melihat mereka senang?” Meski terkesan sederhana, hal ini juga bisa membantu Ibu membentuk karakter anak sejak dini sehingga ia tumbuh menjadi orang yang dermawan.

Nah, bagaimana Bu? Sekarang sudah tahu kan, bahwa mudik lebaran tidak hanya menjadi ajang silaturahmi, tapi juga membantu Ibu mengajarkan banyak hal kepada si Kecil. Semoga artikel ini bermanfaat, Bu.