Share Like
Simpan

Mudik Dengan Mobil
Jangan berangkat tanpa kursi mobil anak. Kursi mobil anak atau car seat mungkin belum terlalu populer di Indonesia. Tetapi tidak ada salahnya Anda memasangnya di mobil Anda untuk menjaga keselamatan buah hati Anda, terutama bagi anak-anak yang masih di bawah usia 5 tahun, seberapapun dekatnya perjalanan Anda. Pastikan kursi mobil anak mempunyai tempat duduk yang empuk, dan lengkapi dengan bantal kecil sebagai penyangga kepala anak Anda saat mereka tidur dan sediakan juga berbagai mainan yang bisa ia mainkan supaya ia tidak bosan. Kursi mobil anak sangat penting untuk menjaganya saat di perjalanan, supaya ia tidak mudah jatuh ataupun terbanting dari tempat duduknya di saat mobil mengerem mendadak.

Jangan terus-menerus membiarkan si Kecil berada di mobil. Bepergian jauh tanpa anak, Anda memang bisa terus menyetir tanpa berhenti dan beristirahat. Tetapi saat Anda bepergian dengan si Kecil, Anda harus sering berhenti supaya ia bisa beristirahat, menggerakkan badannya, makan, minum, dan buang air kecil. Mulailah perjalanan Anda di pagi hari saat ia masih mengantuk sehingga ia bisa tidur di perjalanan selama beberapa jam, lalu setelah ia bangun, pastikan Anda sering berhenti di berbagai tempat peristirahatan.

Gunakan tempat peristirahatan untuk bermain bersama. Perjalanan yang jauh sering kali membosankan bagi si Kecil. Saat Anda berhenti di tempat peristirahatan, ajaklah ia untuk bermain bersama, supaya ia tidak rewel dan menikmati perjalanan selanjutnya.

Hibur si Kecil. Siapkan musik kesukaannya, mainan-mainan favorit dan buku-buku untuk membantunya menikmati perjalanan panjang. Jangan lupa ajak ia bermain bersama dalam perjalanan, permainan yang mudah dilakukan seperti menghitung rambu lalu lintas, dan sebagainya.

Bawalah handuk kecil, tissue, baby wipes, kantong plastik, selimut dan bantal untuk mengatasi gangguan perjalanan. Di usia balita, mereka masih sering terserang mabuk perjalanan, sehingga Anda harus siap. Minyak kayu putih/balsam pun berguna untuk mengatasi masuk angin.

Tips di atas dapat membantu saat Anda dan keluarga mudik bersama sehingga Anda pun tidak harus menghadapi berbagai masalah di perjalanan. Saat si Kecil menikmati perjalanan, Anda pun ikut senang. Tunggu tips berikutnya untuk mudik dengan pesawat terbang bersama si Kecil di edisi berikut.