Whatsapp Share Like
Simpan

Apakah Ibu pernah  merasa tak tega bahkan sedih ketika harus mulai menyapih si Kecil? Saya juga mengalaminya, Bu. Menyapih adalah momen yang emosional, baik bagi Ibu maupun si Kecil. Namun, ini merupakan bagian dari fase perkembangan anak yang harus dijalani. Jadi, walaupun sulit, tahap menyapih tetap penting untuk  dilewati guna mendukung tumbuh kembang si Kecil. Lalu, bagaimana cara menyapih anak yang tepat? Ini dia beberapa cara yang pernah saya lakukan ketika si Kecil memasuki usia 2 tahun. Simak sama-sama ya, Bu!

1. Ingatkan dari Jauh Hari

Seiring pertambahan usia si Kecil, kemampuannya memahami informasi akan semakin meningkat. Oleh sebab itu, Ibu bisa mulai memberitahukan si Kecil bahwa ia akan mulai disapih sejak jauh hari. Jadi, hindari menyapih secara mendadak ya, Bu. Ibu bisa mulai mengingatkan si Kecil sejak 3-4 bulan sebelumnya bahwa ia akan disapih ketika menginjak usia 2 tahun.

2. Beri Pengertian

Si Kecil kesayangan di rumah pasti punya rasa penasaran yang tinggi. Tentunya, ia akan bertanya, mengapa ia harus berhenti meminum ASI ataupun menyusui langsung dari Ibu? Nah, ketika si Kecil bertanya-tanya dan protes, berikan ia penjelasan dengan sabar dan gunakan kata-kata yang mudah dimengerti ya, Bu.

3. Lakukan Pelan-pelan

Melepaskan aktivitas menyusui secara total kepada si Kecil merupakan hal yang sangat sulit. Hal ini disebabkan saat menyusui, si Kecil tidak hanya memenuhi kebutuhan nutrisinya, tapi juga rasa aman. Oleh sebab itu, Ibu bisa mengurangi intensitas menyusui secara bertahap. Misalnya, mulailah menghilangkan jadwal menyusui di siang dan sore hari, namun tetap mempertahankan aktivitas ini ketika si Kecil mau tidur.

4. Tambahkan Waktu Makan

Untuk mendukung tumbuh kembang anak selama proses menyapih, Ibu bisa memberi ia MPASI sebanyak 3 kali sehari, di waktu sarapan, makan siang, dan makan malam. Selain itu, berikan juga si Kecil camilan sehat sebanyak dua kali di antara waktu makan. Ini berguna untuk membuat si Kecil tetap kenyang selama proses menyapih dan memenuhi kebutuhan nutrisi seimbang.

Nah, itu dia beberapa cara menyapih anak yang bisa saya bagikan kepada Ibu. Kunci proses menyapih yang lancar adalah melakukannya secara bertahap dan tetap menghargai si Kecil. Jadi, ia tahu bahwa dirinya masih disayang meskipun tidak menyusui lagi.Semoga sukses menyapih, Bu!