Share Like
Simpan

Duh, melihat si Kecil yang lahap meminum ASI seringkali membuat kita gemas ya, Bu. Berbicara tentang ASI, terkadang keinginan si Kecil mendapat ASI tentu pernah terjadi saat kita sedang membawanya ke tempat umum. Nah, saat itulah seringkali kita merasa dilema. Lebih baik menyusui di ruang publik dan atau menahan keinginan si Kecil hingga sampai di rumah, ya?

Ibu pasti pernah mengalami hal serupa. Saya pun begitu dulu. Namun, saya berpikir kalau rasa kebutuhan si Kecil ini tentu harus diprioritaskan ya, Bu. Apalagi, ASI kan masih menjadi sumber nutrisi utama yang dibutuhkannya dalam masa tumbuh kembang ini. Oleh karena itu, saya jadi merasa harus lebih percaya diri menyusui si Kecil di ruang publik.

Melakukan hal ini untuk pertama kalinya memang tidak mudah, Bu. Meski begitu, Ibu bisa melakukannya secara nyaman dengan beberapa tips berikut ini.

Segera Menyusui Saat si Kecil Lapar

Tangisan si Kecil dapat menarik perhatian orang-orang di sekeliling kita. Umumnya, orang akan memperhatikan sampai si Kecil berhenti menangis. Oleh karena itu, sebaiknya segera susui si Kecil saat ia mulai terlihat lapar. Ibu bisa melihat tanda-tanda yang sering si Kecil perlihatkan ketika ingin menyusui. Dengan hal ini, Ibu bisa lebih waspada sehingga dapat mencari tempat menyusui yang tepat.

Temukan Tempat yang Tepat

Tempat yang tepat bisa membuat Ibu dan si Kecil menyusui dengan nyaman. Idealnya, Ibu bisa menyusui di ruang menyusui atau nursing room. Jika tempat yang Ibu kunjungi tidak memiliki nursing room, sebaiknya carilah tempat yang tidak terlalu menarik perhatian. Ibu bisa menyusui si Kecil sambil duduk di sudut ruangan. Ini bisa membantu Ibu untuk lebih terbiasa menyusui di ruang publik. Terutama ketika Ibu baru pertama kali melakukannya di awal-awal kelahiran si Kecil.

Pilih Pakaian yang Nyaman

Saat pergi ke tempat umum, kita terbiasa memperhatikan penampilan ya, Bu. Apalagi saat ada momen khusus seperti perayaan atau pesta. Kita pasti ingin mengenakan pakaian terbaik sambil membawa si Kecil yang menggemaskan. Meski begitu, untuk saat ini, ada baiknya kalau Ibu juga membiasakan untuk memilih pakaian yang nyaman. Misalnya, kenakan atasan yang cukup longgar, berkancing depan, dan menggunakan bra khusus menyusui.

Ibu juga bisa menggunakan baju khusus untuk menyusui. Dengan mengenakan baju ini, ibu dapat bergerak dengan lebih nyaman dan si Kecil pun tidak kesulitan ketika akan menyusui. Jika merasa risih dan enggan terekspos, Ibu juga bisa memakai apron khusus menyusui agar memudahkan untuk menyusui di mana saja. Apron ini juga dapat menutupi dada namun tidak membuat si Kecil kekurangan oksigen.

Jadi, apakah Ibu sudah siap untuk menyusui si Kecil meski di ruang publik? Tidak perlu ragu dan khawatir ya, Bu. Menyusui merupakan hal alami dan wajar bagi setiap manusia. Oleh karena itu, Ibu dapat bersikap sewajarnya dan tidak perlu salah tingkah. Jika ada orang yang memperhatikan, Ibu dapat bersikap santai atau mengulas senyum kepadanya. Lagipula, kebutuhan nutrisi si Kecil lebih penting, kan, Bu?