Whatsapp Share Like Simpan

Kacang kedelai atau yang lebih sering dikenal dengan istilah kedelai merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang ternyata memiliki kandungan protein yang cukup baik sekaligus membawa manfaat bagi tubuh, terutama untuk tumbuh kembang anak. Salah satu manfaat kedelai yang baik untuk tumbuh kembang anak terdapat pada proteinnya. Sebagai salah satu manfaat kedelai, protein merupakan elemen penting yang diperlukan oleh tubuh anak demi memproduksi 9 asam amino esensial atau yang lebih dikenal dengan istilah 9AAE.

9 asam amino esensial atau 9AAE merupakan salah satu manfaat kedelai yang baik untuk tumbuh kembang anak. Manfaat kedelai beserta perannya jadi penting untuk dapat diserap oleh tubuh anak. Pasalnya protein yang terkandung sebagai manfaat kedelai ini merupakan elemen utama dalam pembentukan atau produksi 9 asam amino esensial atau 9AAE. Tubuh anak tidak dapat memproses pembentukan 9 asam amino esensial atau 9AAE. 

Untuk hal itu, tubuh memerlukan protein, yang merupakan terkandung sebagai manfaat kedelai. Nantinya protein tersebut akan diurai melalui proses metabolisme tubuh anak agar menjadi 9 asam amino esensial atau 9AAE. Selain kacang kedelai, sumber protein pembentuk 9 asam amino esensial atau 9AAE juga bisa ditemukan pada bahan makanan seperti berprotein, seperti telur, susu, ikan, daging merah, daging putih, dan kacang-kacangan lainnya, serta hasil olahnya. Untuk hal ini, manfaat kedelai sebagai peran utama pembentukan 9 asam amino esensial atau 9AAE juga bisa ditemukan pada susu kedelai.

Manfaat kedelai yang terkandung dalam 9 asam amino esensial atau 9AAE

Berbicara mengenai 9 asam amino esensial atau 9AAE hasil protein yang berasal dari manfaat kedelai, Ibu perlu paham bahwa kedelai secara maksimal mampu memproduksi semuanya. Namun ada dua jenis asam amino dari 9 asam amino esensial atau 9AAE yang dapat dikategorikan sebagai manfaat kedelai untuk anak. Dua jenis asam amino esensial tersebut adalah isoleusin dan leusin. Mari ketahui lebih dalam tentang manfaat kedelai melalui isoleusin dan leusin sebagai bagian dari 9 asam amino esensial atau 9AAE yang baik untuk tumbuh kembang anak, sehingga Ibu dapat memastikan anak tumbuh jadi anak yang sehat, kuat, dan juga pintar.

1. Isoleusin

Masa perkembangan anak dengan tujuan membuat anak tumbuh dengan sehat dan kuat merupakan harapan dari setiap Ibu. Demi menjaga hal tersebut, Ibu perlu menjaga pola makan serta asupan yang dibutuhkan anak. Kedelai merupakan salah satu sumber makanan yang bisa Ibu kenalkan untuk anak demi menjaga tumbuh kembangnya dengan baik. Manfaat kedelai adalah membantu tubuh memproduksi salah satu dari 9 asam amino esensial atau 9AAE bernama Isoleusin. Isoleusin dibutuhkan oleh tubuh anak agar membantu meningkatkan metabolisme otot. Dengan kata lain, manfaat kedelai salah satunya adalah membantu anak memiliki perkembangan fisik yang kuat di masa pertumbuhannya. Selain itu, manfaat kedelai lainnya yang bisa didapatkan dari hadirnya isoleusin ini adalah sistem kekebalan tubuh yang berfungsi secara optimal. Sistem kekebalan tubuh perlu dijaga secara baik agar anak tidak gampang terserang penyakit. Penyaluran energi yang baik serta produksi hemoglobin yang maksimal juga bisa didapatkan dari manfaat kedelai melalui produksi isoleusin sebagai asam amino esensial.

Artikel Sejenis

2. Leusin

Manfaat kedelai lainnya juga ditemukan dalam leusin sebagai salah satu dari 9 asam amino esensial atau 9AAE. Melalui leusin, manfaat kedelai yang bisa dirasakan oleh anak dalam masa tumbuh kembangnya adalah menciptakan rangsangan hormon pertumbuhan yang baik. Hormon pertumbuhan yang meningkat seiring berjalannya waktu pada masa tumbuh kembang anak dapat memastikan agar anak tumbuh dalam kondisi sehat dan kuat. Selain itu, leusin yang merupakan manfaat kedelai ini juga berperan dalam proses sintesisasi protein yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja perbaikan otot. Perbaikan otot secara optimal berguna agar anak bisa selalu beraktivitas tanpa hambatan, terutama untuk kegiatan bermain dan belajar. Manfaat kedelai yang bisa dirasakan oleh produksi leusin adalah proses penyembuhan luka yang relatif lebih cepat. 

 

Manfaat kedelai bagi kesehatan anak

Di luar manfaat kedelai yang didapat berkat produksi isoleusin dan leusin dari 9 asam amino esensial atau 9AAE tersebut, Ibu juga bisa mendapatkan manfaat kesehatan secara menyeluruh dengan mengenalkan anak mengonsumsi kedelai. Berikut adalah manfaat kedelai untuk kesehatan anak.

1. Menjaga kesehatan organ tubuh

Menjaga kesehatan organ tubuh anak merupakan peranan penting yang perlu Ibu perhatikan agar anak senantiasa menjalani masa tumbuh kembangnya secara optimal. Kedelai ternyata punya manfaat dalam menjaga kesehatan organ tubuh. Manfaat kedelai ini hadir berkat tingginya kandungan  kalium, protein, lemak sehat, antioksidan, dan serat. Manfaat kedelai satu ini diketahui juga dapat menjaga kesehatan otak agar tetap berfungsi secara baik. Kesehatan otak sangat diperlukan agar anak tumbuh jadi anak yang pintar untuk dapat memahami hal-hal baru yang ada di sekitarnya

2. Meningkatkan kesehatan dan kekuatan tulang

Selain organ di dalam tubuh, kondisi fisik anak juga punya peranan penting agar menjaga tumbuh kembang anak secara optimal. Untuk itu, menjaga kesehatan dan kekuatan tulang juga perlu jadi hal yang terus Ibu perhatikan. Agar Ibu senantiasa meningkatkan kesehatan dan kekuatan tulang anak, Ibu bisa kenalkan kedelai sebagai sumber makanan dalam pola makannya. 

Manfaat kedelai satu ini hadir berkat adanya kandungan kalsium. Manfaat kedelai ini tidak hanya berhasil untuk meningkatkan kesehatan dan kekuatan tulang saja. Manfaat kedelai juga bisa dirasakan pada anak dengan meningkatkan kekuatan gigi yang juga penting bagi masa pertumbuhannya. Dengan terjaganya kesehatan dan kekuatan pada tulang dan gigi anak berkat manfaat kedelai, anak akan punya kesempatan lebih tinggi dalam memiliki tinggi badan yang ideal.

3. Memperlancar sistem pencernaan

Sistem pencernaan anak di masa pertumbuhannya, terutama di usia 1 hingga 3 tahun masih terus mengalami perubahan dan penyesuaian. Hal ini didasari karena anak mulai belajar untuk mengonsumsi berbagai macam sumber makanan agar anak mengenal dan terbiasa dengan berbagai macam rasa dan manfaat yang dirasakan di dalam tubuhnya. Salah satu manfaat kedelai yang juga bisa dirasakan pada tubuh anak adalah lancarnya sistem pencernaan. 

Sistem pencernaan yang lancar jadi penting karena punya peranan dalam memproduksi 9 asam amino esensial atau 9AAE yang penting untuk tumbuh kembang anak. Serat yang terkandung dalam manfaat kedelai ini merupakan faktor dalam memperlancar sistem pencernaan anak. Selain itu, manfaat kedelai juga bisa digunakan agar anak lebih mudah buang air besar.

Jika anak bosan mengonsumsi kacang kedelai sebagai makanan, Ibu juga bisa menghadirkan susu kedelai sebagai alternatif asupan nutrisinya. Selain susu kedelai, Ibu juga bisa lengkapi kebutuhan asupan nutrisinya dengan Susu Frisian Flag 123 yang akan memberikan banyak manfaat di masa tumbuh kembangnya, terutama agar anak tumbuh dengan aktif, sehat, dan kuat berkat protein yang didapat dari susu juga berperan dalam menjaga produksi 9 asam amino esensial atau 9AAE pada anak secara optimal.