Share Like
Simpan

Tidak terasa si Kecil sekarang sudah memasuki usia satu tahun ya, Bu. Umumnya, di usia 1 tahun, kosakata si Kecil mulai bertambah dan kemampuannya memahami kata juga ikut berkembang. Ia juga mulai memahami perintah sederhana. Sebagai cara mendidik anak 1 tahun agar mampu memahami perintah dengan baik, Ibu bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan berikut ini.

1. Membuat Kue Bersama

Salah satu cara mendidik anak usia dini yang menyenangkan untuk memahami perintah adalah mengajaknya membuat kue bersama. Ibu bisa meminta si Kecil membantu berbagai hal kecil di dapur. Misalnya, menuangkan mentega yang sudah disiapkan ke dalam adonan, mencetak kue, menata kue yang sudah siap saji di atas piring atau ke dalam toples, hingga memintanya membuang plastik pembungkus bahan-bahan ke tempat sampah. Perlu diingat bahwa si Kecil masih belajar menerima perintah, sehingga Ibu sebaiknya menurunkan ekspektasi ketika mengajaknya membuat kue bersama. Jadi, lebih sabar bila ia belum paham maksud Ibu ataupun membuat dapur lebih berantakan, ya.

2. Bermain “Ambilkan Mainan”

Selain membuat kue bersama, Ibu juga bisa mengajak si Kecil melakukan permainan “ambilkan mainan”. Caranya sederhana, Bu. Ibu cukup meletakkan mainan-mainan si Kecil di dekatnya. Setelah itu, pinta si Kecil mengambil mainan yang disebutkan untuk diserahkan ke tangan Ibu. Misalnya, “ambilkan boneka bebek.” Setelah boneka bebek tersebut berada di genggamannya, si Kecil harus menyerahkannya kepada Ibu, dan begitu seterusnya. Tak hanya membuat si Kecil lebih memahami perintah, hal ini juga membuatnya memahami identitas suatu hal melalui tampilan luarnya, Bu.

3. Menyusun Balok Permainan

Ibu juga bisa berikan mainan balok yang sesuai dengan umur si Kecil dan bermain bersama. Ajak si Kecil menyusun balok menyerupai gunung, rumah, atau bangunan tinggi. Berikan arahan kepada si Kecil mengenai cara menyusunnya, ya. Selain mampu melatih si Kecil mengikuti arahan dengan baik, aktivitas ini juga dapat melatih motorik halusnya lho, Bu.

Itu dia beberapa cara mendidik anak 1 tahun yang saya lakukan agar si Kecil mampu memahami perintah dengan baik. Selain melakukan cara di atas, hal yang paling penting adalah tetap sabar saat melatih si Kecil Bu, karena setiap anak memiliki momen pencapaian masing-masing. Mari bersama-sama terapkan cara di atas dan lihat si Kecil tumbuh semakin pintar setiap harinya!