Tahukah Ibu? anemia merupakan salah satu penyakit yang paling sering dialami oleh ibu hamil, lho. Itulah sebabnya, penting bagi Ibu hamil untuk mencukupi asupan nutrisi yang dapat mencegah anemia, salah satunya buah penambah darah. Selain makan buah, pastikan Ibu juga minum susu khusus Ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Ibu bisa minum susu Frisian Flag PRIMAMUM untuk dukung imunitas dan akal cermat Si Kecil dengan DHA dan 9 Asam Amino Esensial (AAE),  yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal. Susu ini juga mengandung 9 nutrisi penting untuk  menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh  ibu  dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu. 

Banner Register
Banner AKP
Banner Register

Meskipun anemia termasuk kondisi yang umum terjadi, tetapi ibu hamil sebaiknya tidak menyepelekan kondisi ini. Hal ini dikarenakan anemia selama hamil ternyata bisa meningkatkan risiko komplikasi yang lebih serius, seperti kelahiran prematur, perdarahan saat persalinan, depresi postpartum, bayi lahir dengan anemia, hingga kematian janin.

Bahkan, di Indonesia angka ibu hamil yang mengalami anemia tergolong cukup tinggi lho, Bu. Menurut Kemenkes RI, pada tahun 2018 terdapat sekitar 48,9% ibu hamil yang mengalami anemia. Persentase ini mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya. 

Akan tetapi, Ibu tidak perlu khawatir berlebihan, ya, karena ada lho buah penambah darah yang bisa dikonsumsi secara rutin. Penasaran apa saja jenis buahnya? Intip penjelasannya di bawah ini, yuk!

Apa Saja Buah Penambah Darah untuk Ibu Hamil?


Buah Penambah Darah untuk Ibu Hamil - ibudanbalita

Berikut ini beberapa rekomendasi buah penambah darah untuk Ibu hamil yang aman dikonsumsi, di antaranya:

Artikel Sejenis

  1. Buah sitrus

    Ibu pasti identik dengan buah sitrus. Yup! Buah jeruk, lemon, sunkist, dan sejenisnya termasuk buah penambah darah untuk Ibu hamil. Buah penambah darah ini mengandung asam folat yang tinggi, sehingga dapat membantu mencegah anemia.

    Eits, tak hanya itu lho, buah penambah darah untuk ibu hamil yang satu ini pun kaya akan vitamin C, sehingga baik untuk mencegah sembelit atau konstipasi pada ibu hamil. Tentunya harus dikonsumsi secara tepat dan tidak berlebihan ya, Bu.

  2. Anggur

    Ibu penggemar buah anggur? Wah, ternyata buah yang memiliki rasa manis dan asam yang segar ini bisa mendukung produksi sel darah merah dalam tubuh sehingga termasuk salah satu buah penambah darah untuk Ibu hamil. Sama seperti buah sitrus, anggur termasuk buah penambah darah karena kaya akan kandungan asam folat yang baik bagi ibu hamil. Selain itu, anggur juga termasuk buah yang kaya akan vitamin A sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

  3. Buah bit

    Melansir laman resmi healthline.com, buah bit terbukti dapat menjadi salah satu pilihan buah penambah darah untuk ibu hamil. Penelitian yang dipublikasi dalam Brazilian Journal of Medical and Biological Research, buah bit mengandung antioksidan yang dapat mencegah anemia. Ekstrak buah bit sering dijadikan sumber alami yang baik sebagai antioksidan untuk mendukung kesehatan sel darah merah.

  4. Apel

    Buah penambah darah untuk ibu hamil selanjutnya yaitu apel yang sangat mudah didapatkan dan dikonsumsi oleh ibu hamil. Bagaimana tidak, Ibu bisa mengonsumsi buah yang satu ini secara langsung atau diolah menjadi jus, smoothie, bahkan camilan seperti apel pie yang lezat.

    Sebagai salah satu buah penambah darah untuk Ibu hamil, apel dengan kulitnya dapat membantu mencegah anemia selama kehamilan. Hal ini dikarenakan apel mengandung zat besi cukup tinggi di dalamnya. Selain itu, apel juga mengandung antioksidan, flavonoid, dan serat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh Ibu.

  5. Semangka

    Ingin buah yang mudah dikunyah dengan kandungan air cukup tinggi? Nah, semangka bisa jadi pilihan yang tepat. Selain segar, semangka juga mengandung beragam nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh lho. 

    Tak heran jika semangka dikenal sebagai salah satu buah penambah darah untuk Ibu hamil karena mengandung zat besi. Nutrisi ini sangat penting untuk membantu meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh.

  6. Kurma

    Selain manis dan lezat, kurma juga menjadi salah satu buah penambah darah untuk Ibu hamil yang menyehatkan tubuh lho, Bu. Ini karena kurma mengandung zat besi, kalsium, vitamin A, vitamin B, dan magnesium yang baik bagi ibu hamil dan janin.

    Buah ini juga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan saluran pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, menstabilkan gula darah, dan lain sebagainya. Jadi, tidak ada salahnya untuk ngemil kurma selama masa kehamilan ya, Bu.

  7. Stroberi

    Ibu gemar buah dengan perpaduan rasa manis dan asam yang segar? Stroberi bisa jadi solusi yang tepat nih, Bu. Buah yang satu ini memang digemari oleh banyak kalangan, baik anak-anak hingga orang dewasa. Di balik rasanya yang lezat, ternyata stroberi termasuk buah penambah darah untuk Ibu hamil.

    Stroberi dikenal sebagai buah penambah darah untuk Ibu hamil karena mengandung antioksidan yang cukup tinggi sehingga dapat membantu tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Selain itu, antioksidan juga berguna untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

  8. Kismis

    Buah penambah darah untuk ibu hamil lainnya yang tak kalah bernutrisi yaitu kismis. Kismis adalah buah kering yang bisa Ibu jadikan camilan lezat sekaligus menambah darah karena kandungan zat besi yang cukup tinggi. 

    Selain dijadikan camilan, kismis juga bisa Ibu olah ke dalam berbagai hidangan lezat, seperti sereal, kue, oatmeal, dan lainnya untuk menambah cita rasa. Dengan begitu, Ibu akan lebih mudah mendapatkan asupan zat besi agar terhindar dari anemia.

  9. Tomat

    Tomat juga termasuk buah penambah darah untuk ibu hamil yang bisa jadi pilihan Ibu lho. Sebuah penelitian yang dipublikasi dalam International Journal of Science and Research membuktikan bahwa ekstrak buah tomat yang dikonsumsi secara rutin sesuai dan jumlah yang tepat dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam sel darah merah, sehingga terhindar dari anemia.

  10. Pepaya

    Sedang mencari buah penambah darah untuk ibu hamil yang relatif mudah ditemukan? Nah, Ibu bisa memilih pepaya yang sudah matang. Pepaya menjadi salah satu buah penambah darah karena kaya akan asam folat dan vitamin C sehingga dapat membantu mencegah anemia selama masa kehamilan. 

    Jika Ibu bosan mengonsumsi pepaya dalam bentuk buah potong segar, tak ada salahnya mengolah buah ini yang dikombinasikan dengan puding agar lebih lezat. Ibu juga bisa mengolah pepaya dengan campuran buah penambah darah lain menjadi smoothie atau jus yang segar.

  11. Alpukat

    Seperti tidak ada habisnya khasiat dari buah yang satu ini ya, Bu? Alpukat juga termasuk buah penambah darah untuk ibu hamil yang baik untuk dikonsumsi. Sebab, buah ini mengandung asam folat yang cukup tinggi. Bahkan, alpukat juga mengandung vitamin C, vitamin E, vitamin K, vitamin B6, serta asam lemak omega 3 yang baik bagi kesehatan.

    Meskipun alpukat terkenal dengan kandungan lemak nabatinya, namun Ibu tidak perlu khawatir karena buah ini mengandung lemak sehat yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

  12. Mangga

    Hampir sebagian besar ibu hamil pasti menyukai buah yang satu ini. Bagaimana tidak, mangga memiliki perpaduan rasa manis dan asam yang segar, serta daging buahnya tak begitu keras. 

    Mangga termasuk buah penambah darah untuk ibu hamil karena tinggi akan asam folat dan vitamin C yang penting untuk membantu meningkatkan produksi sel darah merah. Selain itu, nutrisi ini juga membantu menjaga kesehatan pencernaan, meningkatkan sistem imun, dan lain sebagainya.

  13. Aprikot

    Sebagai buah penambah darah untuk Ibu hamil, aprikot bisa membantu menjaga kadar Hb pada Ibu hamil. Karena kandungan vitamin A dan beta karoten di dalamnya bisa membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh.

Apapun jenis buah dan sayur penambah darah pilihan Ibu, pastikan memilih buah segar yang sudah dicuci bersih agar tidak ada kuman atau bakteri yang masih menempel. Ibu juga bisa membuat jus buah penambah darah untuk Ibu hamil. Jangan lupa, Ibu juga tetap perlu mengonsumsi makanan lain, seperti susu, telur, ikan, daging, dan kacang-kacangan.

Baca juga: 8 Rekomendasi Sayuran Penambah Darah untuk Ibu Hamil

Ini Dampak Jika Ibu Hamil Kurang Darah



Ada beberapa dampak atau risiko yang bisa terjadi pada Ibu ataupun bayi apabila Ibu mengalami anemia atau kekurangan darah di masa kehamilannya, yaitu:

  1. Depresi pasca melahirkan

    Jika Ibu mengalami kekurangan darah atau anemia selama kehamilan, ada risiko depresi postpartum yang mungkin bisa terjadi pasca kelahiran.

  2. Perdarahan saat bersalin

    Risiko lainnya jika Ibu mengalami kekurangan darah di masa kehamilan, akan membahayakan keselamatannya jika sampai terjadi perdarahan. Selain itu, kondisi anemia juga membuat Ibu hamil lebih sulit melawan infeksi.

  3. Berat badan yang kurang pada bayi

    Bayi bisa dibilang memiliki berat badan lahir rendah jika bobotnya kurang dari 2,5 kilogram. Kondisi ini bisa disebabkan karena Ibu hamil yang mengalami anemia di trimester pertama. Jika lahir dengan bobot yang rendah, tentu ada risiko gangguan kesehatan untuk bayi di kemudian hari.

  4. Prematur

    Kelahiran yang terjadi sebelum tanggal perkiraan atau sebelum minggu ke-37 disebut kelahiran prematur. Kondisi ini berisiko bagi bayi untuk mengalami gangguan tumbuh kembang. Nah, kekurangan darah atau anemia bisa jadi pemicu kelahiran prematur.

  5. Bayi mengalami anemia

    Jika Ibu mengalami kekurangan darah selama kehamilan, kondisi ini bisa diikuti bayi saat lahir. Jika terlahir dengan anemia, ada risiko gangguan tumbuh dan kembang yang bisa dialami si Kecil.

  6. Kematian janin

    Kekurangan darah yang dialami oleh Ibu hamil juga bisa menimbulkan risiko kematian janin sebelum maupun sesudah persalinan.

Selain mengonsumsi buah penambah darah untuk Ibu hamil, pastikan juga untuk rutin minum susu Frisian Flag PRIMAMUM. Selama kehamilan, Ibu memerlukan tambahan energi, protein dan nutrisi penting lainnya untuk mendukung kesehatan Ibu dan tumbuh kembang janin yang sehat dan optimal. Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu hamil yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak janin,  9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal serta  9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng  untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode kehamilan.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu ibu hamil untuk dukung imunitas dan akal cermat Si Kecil dengan DHA serta 9 Asam Amino Esensial (AAE) selama periode kehamilan. Satu gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 180 kalori, DHA 34 mg, protein 9 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama periode kehamilan. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin. Optimalkan tumbuh kembang janin dengan susu Frisian Flag PRIMAMUM!

Sebagai tambahan informasi, Ibu juga bisa lho memanfaatkan fitur-fitur yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima, salah satunya fitur Kalkulator Kehamilan yang memudahkan Ibu untuk mengetahui Hari Perkiraan Lahir (HPL) si Kecil. Ayo, cobain fiturnya di sini ya, Bu.

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan registrasi Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Daftar sekarang di halaman ini ya!