Whatsapp Share Like Simpan

Meski namanya tidak sepopuler bayam biasa, namun manfaat bayam merah tak kalah penting untuk kesehatan tubuh. Apalagi kandungan zat warnanya membuat manfaat bayam merah semakin unggul dibandingkan bayam hijau. Ini karena bayam merah memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan berperan penting untuk menangkal radikal bebas. Kandungan bayam merah umumnya sama seperti bayam hijau, antara lain:

  • Protein
  • Karbohidrat
  • Folat
  • Vitamin A
  • Vitamin K
  • Vitamin C
  • Zat besi
  • Kalsium
  • Kalium
  • Sodium
  • Magnesium
  • Fosfor

Namun, penelitian menunjukkan bahwa kandungan kalsium, zat besi, dan protein dalam bayam merah lebih tinggi dibandingkan bayam hijau. Protein yang terkandung dalam bayam merah dipecah dalam tubuh menjadi asam amino esensial atau disebut juga 9AAE. Asam amino esensial ini berperan dalam tumbuh kembang anak, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, mendukung fungsi otak dan sistem saraf, menguatkan otot, dan masih banyak manfaat lain dari asam amino esensial (9AAE). 

Bayam merah termasuk sayuran yang kaya akan asam amino esensial (9AAE) jenis treonin dan lisin. Treonin merupakan jenis asam amino esensial (9AAE) yang memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan jantung dan hati, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan sistem saraf pusat. Sedangkan, lisin merupakan jenis asam amino esensial (9AAE) yang berperan penting dalam memproduksi berbagai protein pembentuk jaringan tubuh, hormon, enzim, dan antibodi. Mengonsumsi asam amino esensial jenis lisin dalam jumlah cukup dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta menjaga keseimbangan hormon dan enzim. Oleh karena itu, manfaat bayam merah sangatlah banyak untuk tumbuh kembang si Kecil. 

Manfaat Bayam Merah

Melancarkan Sistem Pencernaan

Sama seperti bayam hijau, salah satu manfaat bayam merah yang penting adalah dapat melancarkan sistem pencernaan si Kecil. Kandungan serat tinggi di dalam bayam merah membantu menyerap air dan membersihkan saluran cerna. Selain itu, manfaat bayam merah juga dapat mengatasi sembelit hingga mencegah kanker usus besar. 

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat bayam merah selanjutnya dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau kuman. Manfaat bayam merah ini penting karena sistem imunitas si Kecil masih cukup rentan, sehingga memerlukan nutrisi yang banyak untuk mendukung daya tahan tubuhnya. Nah, kandungan asam amino esensial, vitamin C, vitamin E, vitamin K, magnesium, kalium, fosfor, dan asam amino esensial di dalam bayam merah bisa menjaga imunitas tubuh si Kecil dengan baik lho, Bu. Kandungan lisin sebagai asam amino esensial dalam bayam merah pun berperan penting dalam memproduksi berbagai protein pembentuk jaringan tubuh, enzim, hormon, dan antibodi. Mengonsumsi asam amino esensial ini dalam jumlah yang cukup dapat meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. Oleh karena itu, Ibu bisa memilih bayam merah sebagai alternatif tambahan nutrisi harian si Kecil.

Artikel Sejenis

Baca juga: Apa yang Perlu Anda Ketahui Tentang 9 Asam Amino Esensial 

Mengatasi Penyakit Disentri

Manfaat bayam merah terbukti dapat mengatasi penyakit disentri. Disentri peradangan usus yang menyebabkan diare disertai darah atau lendir. Selain itu, disentri juga biasanya ditandai dengan mual, muntah, demam, hingga kram atau nyeri perut. Manfaat bayam merah ini bisa didapatkan dari bagian batangnya yang mengandung senyawa antosianin, yang membantu menghilangkan bakteri penyebab disentri.

Menjaga Kesehatan Ginjal

Melansari dari Boldsky.com, manfaat bayam merah bisa menjaga fungsi ginjal karena kandungan seratnya yang tinggi. Bayam merah juga bisa membantu ginjal mengeluarkan zat racun lebih banyak sehingga kesehatan tubuh si Kecil tetap terjaga.

Menjaga Kesehatan Jantung

Selain menyehatkan ginjal, manfaat bayam merah juga dapat menjaga kesehatan jantung dan mengontrol tekanan darah. Ini karena bayam merah mengandung kalium yang dapat membantu mencegah anemia, menyehatkan jantung, dan mencegah terjadinya risiko penyakit stroke.

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat bayam merah jika dikonsumsi secara rutin dengan jumlah yang tepat dapat menjaga kesehatan mata si Kecil. Kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E berperan penting dalam penglihatan dengan mempertajam kornea. Selain itu, vitamin E berperan sebagai antioksidan yang membantu melindungi sel-sel mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Sementara vitamin C membantu dalam produksi kolagen yang memberi nutrisi ke retina dan mencegah katarak.

Menguatkan Tulang dan Gigi

Manfaat bayam merah yang tak kalah penting adalah menjaga kesehatan serta menguatkan tulang dan gigi si Kecil. Manfaat bayam merah ini bisa didapatkan karena kandungan kalsium dan vitamin K di dalamnya. Bayam merah termasuk sumber vitamin K yang baik untuk pertumbuhan tulang karena vitamin K dapat membantu kalsium untuk membentuk tulang. 

Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Manfaat bayam merah juga dapat menjaga kesehatan kulit dan menguatkan akar rambut. Ini karena bayam merah mengandung vitamin A, Vitamin C, Vitamin K, serta zat besi dan kalsium yang dapat mengurangi rambut rontok. Selain itu, vitamin C dan Vitamin E di dalam bayam merah juga dapat menjaga kesehatan kulit si Kecil. 

Mengatasi Anemia

Bayam merah mengandung zat besi yang mampu meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme dengan baik. Oleh karena itu, manfaat bayam merah juga dapat mengatasi anemia akibat kekurangan zat besi dan folat. Tanpa zat besi yang cukup, darah tidak dapat menghasilkan kadar hemoglobin (Hb) yang cukup untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat bayam merah lainnya adalah untuk melawan risiko terjadinya penyakit kanker. Berdasarkan penelitian, ditemukan bahwa ekstrak bayam merah kaya akan antioksidan yang tinggi sehingga bisa menghambat pertumbuhan sel kanker. Antioksidan ini juga dapat menangkal radikal bebas lainnya yang masuk ke dalam tubuh.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengolah Bayam Merah

Di samping manfaat bayam merah yang beragam, Ibu harus hati-hati saat mengolah sayuran satu ini agar kandungan nutrisi di dalamya tetap terjaga. Ibu disarankan tidak menggunakan minyak atau kadarnya cukup sedikit saja saat mengolah bayam merah karena teksturnya mirip seperti spons. Artinya, bayam merah dapat menyerap banyak minyak saat dimasak. Oleh karena itu, cara memasak yang direkomendasikan di antaranya dengan cara direbus, dikukus, dan ditumis. 

Selain itu, Ibu juga harus langsung mengonsumsi sayur bayam merah setelah dimasak. Ini karena adanya proses oksidasi yang terjadi antara udara dan bayam jika didiamkan terlalu lama. Sayur bayam hijau maupun merah merupakan sumber zat besi yang tinggi untuk tubuh, namun jika terlalu banyak bereaksi dengan udara, zat besi tersebut akan berubah menjadi senyawa yang bersifat racun (oksidan) bagi tubuh. Nah, tanda sayur bayam tidak layak dikonsumsi saat warnanya sudah berubah menjadi hitam. Oleh karena itu, Ibu perlu memperhatikan olahan sayur bayam yang tepat agar aman dikonsumsi si Kecil.


Sumber nutrisi tak hanya berasal dari bayam merah saja ya, Bu. Ada banyak makanan dan minuman lain yang dapat memenuhi kebutuhan gizi harian si Kecil, salah satunya susu Frisian Flag 123 PRIMANUTRI yang bisa jadi pilihan Ibu untuk menambah asupan nutrisi agar tumbuh kembang si Kecil lebih optimal. Susu kaya akan protein ini diformulasikan untuk anak usia 1-3 tahun agar lebih pintar, kuat, dan tinggi.