Share Like
Simpan

Hai, Bu! Bagaimana kondisi kehamilan ibu sejauh ini? Semoga selalu sehat dan lancar ya, Bu. Saat hamil sekarang ini, apakah ada hal  yang berubah dari penampilan Ibu? Kalau saya sih, saat hamil dulu, jadi tak suka pakai celana jeans. Mendadak, saya lebih tertarik pakai dress dan kemeja longgar, pokoknya yang membuat nyaman, deh!

Soal barang bawaan, saat hamil pun, saya jadi lebih “rempong”, Bu. Hehehe… Kadang saya malah suka membawa scarf dan kaus kaki. Soalnya, saya gampang kedinginan saat hamil dulu. Tapi sebenarnya, apa sih bawaan wajib bagi Ibu hamil saat bepergian? Daftarnya ada di bawah ya, Bu!

1. Sepatu atau sandal yang nyaman

Sepatu hak tinggi memang terlihat seksi. Tapi sayangnya, sepatu hak tinggi tidaklah baik untuk ibu hamil, karena dapat mengakibatkan sakit punggung. Apalagi bila dipakai terlalu lama. Yuk, keluarkan koleksi sepatu atau sandal berhak datar Ibu! Satu tips dari saya, pertimbangkan juga untuk membeli sepatu baru, karena kaki bumil berpotensi untuk membengkak, apalagi di bulan-bulan terakhir kehamilan.

2Snack sehat

Ibu hamil suka merasa lapar? Betul sekali. Tapi, jangan sembarangan makan cemilan ya, Bu. Lebih baik Ibu membawa buah potong atau sayur rebus di dalam tas. Jika dirasa repot, kacang-kacangan seperti almond juga praktis dibawa. Pilihlah cemilan yang tak mengandung gula atau garam berlebih ya, Bu, seperti cookies kemasan atau makanan kalengan.

3. Bola tenis

Ibu mungkin akan berkata “Ha?” saat membaca poin nomor 3 ini. Saya nggak bercanda kok, Bu. Bola tenis ternyata penting lho untuk dibawa kemana-mana. Apalagi, bumil kan cepat pegal, terutama di bagian kakinya. Jadi, salah satu cara mudah untuk mengatasinya adalah dengan mengguling-gulingkan bola tenis di telapak kaki Ibu. Atau, kalau ada teman yang bersedia membantu, dia juga bisa membantu memijat bola tenis itu di punggung Ibu. Ah, rasanya enak sekali!

4. Permen jahe

Jahe dikenal sebagai pengusir mual. Buat Ibu yang masih suka merasakan mual, tak ada salahnya membawa permen jahe agar gangguan kesehatan ini tidak mengganggu aktivitas Ibu nantinya.

5. Penyangga perut

Ibu bekerja di kantor dan merasakan pegal luar biasa di area punggung dan perut karena duduk terus-menerus? Coba pakai penyangga perut deh, Bu. Saat ini kan sudah banyak dijual dalam bentuk seperti ikat pinggang. Kalau tidak, ibu bisa memakai bantal kecil yang diletakkan di kursi sebagai penyangga.

6. Body lotion

Saat hamil, kulit kita jadi gampang kering karena adanya perubahan hormon. Oleh sebab itu, body lotion dapat membantu Ibu untuk menjaga kesehatan kulit saat ini. Selain itu, karena kulit kita meregang, maka jaringan collagen pun ikut rusak. Tak heran ibu sering merasa gatal-gatal di bagian perut. Untuk menghilangkannya, coba pakai scretch mark lotion yang dijual di berbagai toko bayi, Bu. Rasanya adem dan gatal pun hilang seketika.

7. Baju salin atau selendang

Waktu saya hamil, saya gampang merasa kedinginan. Tapi tak sedikit juga Ibu yang merasa kepanasan. Nah, ibu-ibu di kelompok pertama bisa membawa scarf atau selendang.  Sedangkan ibu-ibu kelompok kedua bisa membawa baju ganti untuk menyalin baju yang berkeringat.

Wah, banyak ya, Bu? Tapi, tak perlu semuanya dibawa kok. Pilih saja yang paling penting menurut Ibu. Ingat juga, Ibu harus menghindari membawa bawaan yang berat-berat. Selamat membuat daftar keperluan hamil, Bu!