Setiap anak perlu mendapatkan nutrisi yang baik di 2 tahun pertama kehidupan guna memastikan pertumbuhan dan perkembangan yang sehat. Dengan memulai praktik nutrisi yang baik sejak dini juga dapat membantu anak untuk mengembangkan pola makan yang sehat. Memang hal ini tidak mudah untuk dilakukan, tetapi tetap harus dipenuhi.

Usia 0–6 Bulan
Pada bayi dengan usia 0–6 bulan, kebutuhan gizi anak yang perlu dipenuhi berasal dari ASI dan/atau susu formula. Saat usianya bertambah setiap bulan, jumlah cairan yang dikonsumsi oleh anak ibu akan terus bertambah. Saat anak sudah memasuki usia 6 bulan, ibu bisa mulai mengajarkannya untuk mengonsumsi makanan padat agar tubuhnya mulai terbiasa.

Usia 7–8 bulan
Anak dengan usia 7 hingga 8 bulan mungkin dapat mengonsumsi ASI atau susu formula sekitar 680–1000 gram atau setara tiga hingga enam sesi menyusui setiap harinya. Ibu juga dapat menambahkan sekitar 4–9 sendok makan dengan makanan padat, seperti buah dan sayuran setiap harinya. Selain itu, ibu juga dapat menambahkan beberapa sendok makan kandungan protein dari daging.

Kira-kira begitu bund, kalau bunda ada yang mau nambahin? Aku dapat infonya dari artikel ini https://www.halodoc.com/artikel/kebutuhan-gizi-yang-tepat-untuk-anak-usia-dini dan https://www.unicef.org/parenting/food-nutrition/feeding-your-baby-6-12-months#:~:text=Your%20baby%20has%20a%20small,fruits%20and%20vegetables%20%E2%80%93%20every%20day.

Yuk, sharing bunda....