Whatsapp Share Like
Simpan

Apakah Ibu sering mengajak si Kecil bercerita sejak ia bayi? Saya juga sering melakukan hal yang sama, Bu. Setiap malam sebelum tidur, saya selalu menyempatkan waktu beberapa menit untuk bercerita kepada si Kecil tentang apa saja, mulai dari aktivitas sehari-hari sampai membacakan ulang buku ceritanya. Apalagi, setelah saya mendapat informasi dari berbagai artikel tumbuh kembang anak bahwa bercerita bisa menjadi salah satu cara melatih anak bicara. Apa lagi manfaatnya? Berikut ini beberapa informasi yang bisa saya rangkum untuk Ibu.

1. Memengaruhi IQ dan Kecerdasan Bicara

Menurut survei dari Journal of Paediatrics, anak yang terbiasa berbicara sejak usia dini umumnya memiliki pemahaman verbal, kosakata, dan nilai IQ cukup tinggi, Bu. Ketika bercerita, tanpa disadari  si Kecil sedang mempelajari kosakata dan tata bahasa yang Ibu ucapkan. Ini sebabnya bercerita menjadi suatu aktivitas penting untuk perkembangan komunikasi anak.

2. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Melatih si Kecil berbicara juga dapat meningkatkan rasa percaya dirinya, lho. Awalnya, Ibu bisa menanyakan hal-hal sederhana seperti, “Adik tadi habis main apa dengan teman?” Ketika Ibu memancing dengan pertanyaan terbuka, si Kecil akan lebih mudah menggunakan berbagai jenis kosakata. Bila kalimatnya belum lengkap, Ibu bisa membantu melengkapinya. Dengan begitu, si Kecil akan lebih percaya diri untuk melanjutkan ceritanya. Bahkan, bisa saja kelak si Kecil akan bercerita dan mengungkapkan pendapatnya tanpa diminta, Bu.

3. Mampu Menyimak Informasi

Ketika bercerita, si Kecil tidak hanya belajar bicara saja, tapi juga mendengar dan menyimak informasi dengan baik. Oleh sebab itu, Ibu dianjurkan menggunakan kosakata sederhana. Dengan begitu, kemampuan kognitif si Kecil akan ikut terlatih, Bu!

4. Mampu Berpendapat

Bu, ketika bercerita dengan si Kecil, coba tanyakan pendapatnya mengenai hal-hal sederhana seperti “Besok adik mau makan siang apa?” atau “Hari ini mau pakai baju yang mana?” Dengan begitu, si Kecil akan terbiasa ketika harus mengemukakan pendapatnya. 

Sekarang Ibu sudah mengerti alasan pentingnya melatih anak bicara sejak sini, bukan? Nah, selain aktif memberikan stimulasi, Ibu juga perlu mendukung si Kecil dengan memberikan asupan nutrisi sesuai kebutuhannya. Salah satunya dengan rutin memberikan susu pertumbuhan Frisian Flag 123 PRIMANUTRI 2-3 gelas sehari.

Frisian Flag 123 PRIMANUTRI diperkaya kombinasi minyak ikan, Omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), Zat Besi, Serat Inulin, serta tinggi Vitamin A, C, E, D3, Seng, Selenium, dan Kalsium. Ibu juga bisa memastikan bahwa hanya Frisian Flag 123 PRIMANUTRI yang mencantumkan Asam Sialat dan Sphingomyelin pada label nutrisi kemasannya. Asam Sialat dan Sphingomyelin merupakan nutrisi yang membantu mengoptimalkan proses penyerapan informasi dan perkembangan memori si Kecil.

Tersedia dalam varian rasa madu, vanilla, dan cokelat yang lezat, Frisian Flag 123 PRIMANUTRI bantu penuhi nutrisi si Kecil dan mendukungnya menjadi anak yang cepat tangkap, aktif bergerak, dan tumbuh sesuai usianya. Apalagi, menurut penelitian yang dilakukan Frisian Flag pada tahun 2017-2018, terbukti bahwa 9 dari 10 Ibu menyatakan anaknya menyukasi rasa susu pertumbuhan ini.

Semoga informasi ini bermanfaat ya, Bu!