Share Like
Simpan

Si Kecil sudah lancar bicaranya, Bu? Mengajari anak untuk belajar bicara terutama pada tahun pertamanya memang terasa sangat menyenangkan sekaligus mendebarkan karena Ibu tak akan pernah tahu apa saja yang akan terlontar dari mulut kecilnya.

Umumnya, setiap bayi memiliki kemampuan bicara yang berbeda-beda, ada yang lambat dan ada juga yang relatif lebih cepat. Dalam hal ini tentunya dibutuhkan peran orang tua untuk terus mendorong dan merangsang kemauan si Kecil agar aktif belajar bicara. Hal apa saja yang dapat Ibu lakukan ketika menghadapi si Kecil yang tengah belajar bicara? Ini dia informasinya:

  1. Senyum dan Beri Perhatian

    Meskipun si Kecil belum bisa mengucapkan kata-kata dengan sempurna, namun secara umum ia dapat memahami dan merasakan perlakuan Ibu, termasuk kata-kata, ekspresi, dan emosi. Untuk itu, upaya awal untuk mengajaknya berkomunikasi adalah dengan memberikannya senyuman dan perhatian sesering mungkin, terutama saat ia berceloteh atau tertawa. Meski belum dapat memahami apa yang disampaikan si Kecil, tetap bersabarlah dan terus beri perhatian yang lebih untuk mendukung proses belajar bicara.

  2. Meniru Ucapannya

    Seperti komunikasi pada orang dewasa, si Kecil juga membutuhkan komunikasi dua arah. Cobalah beri respons berupa ucapan dari setiap celotehannya dengan kata-kata sederhana meskipun hal itu tak sepenuhnya dimengerti si Kecil.

    Selain itu, si Kecil yang sedang belajar bicara biasanya kerap mengeluarkan kata yang diulang-ulang, misalnya ma-ma, ba-ba. Cobalah untuk menirukan kata-kata itu di depannya dan tunggulah bagaimana reaksi dia selanjutnya, apakah ia mengulangnya ataukah melanjutkan dengan kata-kata yang lain. Dengan cara ini, si Kecil akan lebih semangat dan lebih cepat untuk belajar bicara.

  3. Mengajak Bicara Sesering Mungkin

    Meski si Kecil belum mengerti terlalu banyak kosa kata, bukan berarti Ibu tak bisa mengajaknya mengobrol. Bicaralah dengannya menggunakan suara yang hangat dan ekspresi ceria agar si Kecil merasa senang. Ibu dapat mengajaknya bicara dengan menceritakan hal-hal kecil yang kalian lakukan bersama di sela-sela aktivitas mandi, makan, ganti baju, atau jalan-jalan, agar ia semakin kaya kosa kata sehingga belajar bicaranya menjadi lebih cepat.

  4. Ajak Membaca Buku

    Membaca adalah salah satu cara yang cukup efektif untuk memperkaya kosa kata, tak terkecuali bagi si Kecil yang sedang belajar bicara. Ibu dapat membacakan cerita-cerita bergambar saat bersantai bersama atau menjelang tidur. Lambat laun ketika usianya sudah bertambah, ia akan mampu untuk memahami cerita-cerita yang dibacakan dan Ibu dapat mulai mengajarkannya mengucapkan berbagai kosa kata baru.

Itulah beberapa perlakuan yang tepat untuk mendukung proses belajar bicara si Kecil. Dengan rangsangan positif dan perhatian yang lebih dari Ibu, si Kecil akan lebih cepat untuk belajar bicara. Bagaimana Bu, sudah tak sabar menantikan kata pertama terlontar dari mulut si Kecil tersayang?