Whatsapp Share Like
Simpan

Apakah Ibu punya halaman di belakang atau depan rumah? Jika iya, yuk, ajak si Kecil belajar berkebun dan merawat tanaman sejak berusia dini. Saya pun sering melakukan hal yang sama sejak si Kecil menginjak usia 1 tahun, Bu. Selain menyenangkan, berkebun juga punya banyak manfaat bagi tumbuh kembang si Kecil. Apa sajakah itu? Simak ulasan di bawah ini yuk, Bu!

1. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Selama berkebun, si Kecil belajar untuk merawat tanaman agar dapat tumbuh dengan baik. Menurut Dr. Wendy Matthews, dokter spesialis anak dari Amerika Serikat, melihat proses pertumbuhan suatu tanaman dari pupuk hingga berbuah atau berbunga, dapat membuat si Kecil merasa bangga, sehingga kepercayaan dirinya pun akan ikut meningkat.

2. Mengajarkan si Kecil untuk Bersabar

Saya jadi ingat ketika pertama kali mengajarkan si Kecil menanam pohon jeruk, ia terlihat tidak sabar untuk melihat buahnya. Ini sangatlah wajar Bu, mengingat pada usia ini si Kecil belum mengerti bahwa segala sesautu membutuhkan proses. Itu sebabnya, Ibu perlu menjelaskan bahwa tanaman yang ia rawat butuh waktu untuk tumbuh dan akhirnya berbunga atau berbuah. Tanpa disadari, lama kelamaan si Kecil akan mengerti konsep sebuah proses dan terbiasa untuk belajar bersabar.

3. Mengajarkan si Kecil Tanggung Jawab

Bu, berkebun bisa menjadi cara efektif untuk mendidik anak bertanggung jawab.  Ketika berkebun, si Kecil belajar bahwa ia harus merawat tanaman tersebut dengan baik agar dapat berbuah atau berbunga nantinya. Untuk memudahkan si Kecil dalam merawat tanamannya, Ibu bisa beri ia tugas yang sama setiap harinya. Sebagai contoh,  untuk anak usia 3 tahun, Ibu bisa beri ia tanggung jawab sederhana seperti menyiram tanaman di waktu-waktu tertentu, seperti setiap hari, atau seminggu sekali, tergantung kebutuhan tanamannya. 

4. Membuat si Kecil Lebih Rileks

Tahukah, Ibu? Sama halnya dengan orang dewasa, berkebun ternyata juga bisa menjadi aktivitas pelepas stres bagi si Kecil. Dari artikel online yang saya baca, tanpa disadari, saat berkebun, si Kecil belajar untuk bersikap tenang sambil menghirup udara segar. Jika dilakukan secara rutin, hal ini dapat membuat tubuhnya lebih rileks, sehingga ia terhindar dari risiko stres yang biasanya muncul akibat kegiatan terlalu padat, kurang tidur, dan penyebab lainnya.

Itulah beberapa informasi yang saya dapatkan dari berbagai sumber. Terlepas dari segudang manfaatnya, jangan lupa untuk selalu mencuci tangan dan kaki si Kecil setelah berkebun di pekarangan rumah, ya. Tertarik untuk mengajak si Kecil belajar berkebun dalam waktu dekat?