Whatsapp Share Like
Simpan

Ibu ingin mengajak si Kecil berkebun? Mengapa tidak? Berkebun bisa menjadi aktivitas anak yang menyenangkan, lho. Selain menjalin kedekatan emosional antara Ibu dan si Kecil, berkebun juga punya banyak manfaat lainnya. Tentunya, ini berguna untuk mengoptimalkan kepintaran dan kekuatan si Kecil. Ini dia informasi yang saya dapat dari sejumlah artikel di internet. Silakan disimak, Bu!

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ketika berkebun, si Kecil akan berada di luar rumah dan ada kemungkinan terpapar kotoran dan kuman. Namun, Ibu tak perlu khawatir berlebihan si Kecil akan terserang penyakit. Beberapa penelitian medis menunjukkan bahwa membiarkan si Kecil terpapar kuman justru mengurangi risiko terserang penyakit, seperti alergi dan asma. Hal ini disebabkan tubuh anak mengenal bakteri dan kuman di lingkungannya, sehingga menjadi kebal karena mulai terbiasa. Namun, meski beraktivitas di tempat yang kotor dan mampu memperkuat imunnya, Ibu tetap harus membersihkan tubuh si Kecil setelah berkebun, ya.

2. Melepas Stres

Bu, meski si Kecil masih sangat muda, ia juga bisa terkena stres, lho. Stres ini bisa muncul ketika si Kecil sering merasa bosan karena selalu berada di dalam ruangan. Umumnya, si Kecil akan tantrum dan rewel karena stres. Nah, berkebun bisa menjadi cara untuk melepas stres tersebut. Menurut penulis buku Last Child in The Woods, Richard Louv, anak yang sering berkontak langsung dengan alam lebih mudah belajar hal baru. Alam juga membantu si Kecil meredakan stres dan bad mood. 

3. Meningkatkan Kemampuan Kognitif si Kecil

Selain punya manfaat untuk kesehatan dan psikologi si Kecil, berkebun juga mampu meningkatkan kemampuan kognitif atau pengetahuan si Kecil di berbagai aspek, Bu. Mulai dari belajar bahasa, Matematika, hingga disiplin. Bila Ibu rutin mengajak si Kecil berkebun, kemampuan otaknya pun kian terasah. Kosakata si Kecil tentang alam pun akan bertambah. Selain itu, ia juga bisa belajar berhitung dan bersabar karena harus melalui berbagai proses saat berkebun. Ketika si Kecil memiliki berbagai keterampilan ini, ia akan lebih siap ketika masuk sekolah nanti.

4. Melakukan Aktivitas Fisik

Manfaat berkebun untuk anak lainnya adalah melatih aktivitas fisik. Tanpa si Kecil sadari, ia telah melakukan aktivitas fisik selama berkebun. Mulai dari mengeruk tanah, menanam biji, dan membersihkan kebun. Bila dilakukan selama 30-60 menit, kekuatan fisik si Kecil akan bertambah kuat. 

Menyenangkan bukan Bu, mengajak si Kecil berkebun? Aktivitas anak ini bisa menjadi pilihan kegiatan bersama keluarga. Si Kecil pun lebih gembira dan mendapat banyak pengetahuan baru. Selamat berkebun!