Whatsapp Share Like Simpan

Seledri sering kali dijadikan sebagai pelengkap untuk menambah aroma di sejumlah masakan. Nyatanya, peran seledri tak sebatas itu saja lho, Bu, ternyata manfaat seledri juga penting bagi kesehatan tubuh si Kecil. Seledri termasuk sayuran hijau yang mengandung antioksidan untuk menangkal radikal bebas penyebab penyakit. 

Karena manfaat seledri inilah sudah banyak orang dewasa yang mencampur daun seledri dengan sayuran dan buah-buahan lain untuk dijadikan smoothie yang segar dan bernutrisi. Iya Bu, seledri saat ini bukan hanya untuk pelengkap di masakan seperti sayur sop dan tumisan saja, tetapi lebih dari itu. 

Bahkan, manfaat seledri bukan hanya sebagai antioksidan, tetapi ada pula manfaat lain yang tak kalah penting bagi kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil. Sebelum kita membahas apa saja manfaat seledri, sebaiknya kita ketahui dulu kandungan nutrisi di dalamnya yuk, Bu! 

Kandungan Nutrisi Daun Seledri

Manfaat seledri tentu tidak terlepas dari peran kandungan nutrisi di dalamnya. Dari sekian banyak kandungan nutrisi pada sayuran hijau ini, tak heran jika manfaat seledri semakin dicari oleh Ibu agar membantu menjaga kesehatan dan tumbuh kembang buah hatinya.

Melansir laman resmi U.S. Department of Agriculture, dalam 100 gram daun seledri mengandung sejumlah nutrisi, di antaranya:

Artikel Sejenis

  • Air : 93 gram
  • Protein : 1 gram
  • Lemak : 0,1 gram
  • Karbohidrat : 4,6 gram
  • Serat : 2 gram
  • Kalsium : 50 mg
  • Fosfor : 40 mg
  • Zat besi : 1 mg
  • Natrium : 64 mg
  • Kalium : 258,8 mg
  • Tembaga : 0,08 mg
  • Zinc : 0,4 mg
  • Beta karoten : 63 mcg
  • Vitamin B1 : 0,03 mg
  • Vitamin B2 : 0,07 mg
  • Vitamin B3 : 0,4 mg
  • Vitamin C : 11 mg

Dari banyaknya kandungan nutrisi yang disebut di atas, Ibu pastinya semakin ingin tahu manfaat seledri dan cara mengolahnya untuk kesehatan si Kecil, kan? Nah, supaya lebih jelas, kita simak apa saja manfaat seledri dari penjelasan di bawah ini, yuk! 

Manfaat Seledri Bagi Kesehatan Anak

Berikut ini beberapa manfaat seledri bagi kesehatan si Kecil, antara lain:

  • Menjaga kesehatan pencernaan

    Manfaat seledri yang paling dikenal yaitu dapat menjaga dan melancarkan pencernaan si Kecil. Manfaat ini hadir berkat kandungan serat yang cukup tinggi di dalamnya. Tak hanya itu, manfaat seledri juga dapat membantu mencegah penyakit maag dan memperbaiki lapisan lambung yang rusak. 

    Seperti yang Ibu ketahui, si Kecil perlu mencukupi asupan serat harian agar terhindar dari sembelit atau konstipasi. Namun, asupan serat tak hanya bisa didapatkan dari seledri, tetapi juga dari makanan tinggi serat lain, seperti sayuran dan buah-buahan. 

  • Mencegah peradangan

    Manfaat seledri yang paling terkenal memang untuk menjaga kesehatan pencernaan. Namun, ternyata ada khasiat lain yaitu dapat membantu mencegah peradangan. Manfaat seledri ini hadir berkat kandungan apigenin, yaitu senyawa tumbuhan yang memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, antivirus, dan antioksidan. Oleh karena itu, sayuran hijau ini sering dijadikan sebagai obat alami untuk membantu menangkal radikal bebas penyebab penyakit.

  • Menjaga kesehatan organ hati

    Tahukah Ibu, ternyata manfaat seledri yang tak kalah penting yaitu dapat menjaga kesehatan organ hati si Kecil lho. Pasalnya, daun seledri mengandung ekstrak metanol yang mampu melindungi organ hati dari kerusakan secara jangka panjang. Melansir laman resmi healthline.com, penelitian menunjukkan bahwa kandungan antioksidan dalam seledri tak hanya mencegah peradangan, tetapi juga mampu mengobati penyakit organ hati. 

  • Membantu meningkatkan daya tahan tubuh

    Manfaat seledri yang selanjutnya yaitu dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh si Kecil agar lebih kuat dan terhindar dari penyakit. Salah satu kandungan yang berperan aktif dalam menghadirkan manfaat ini adalah vitamin C. Meski begitu, daya tahan tubuh si Kecil tetap harus dijaga dengan cara mencukupi kebutuhan gizi harian dari makanan bernutrisi lain dan menerapkan pola hidup sehat.

    Salah satu makanan bergizi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh adalah susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+. Sebab, susu bubuk pertumbuhan ini mengandung sejumlah nutrisi penting untuk meningkatkan sistem imun, seperti 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap, vitamin C, vitamin D3, zat besi, zinc, magnesium, serta serat pangan inulin. 

  • Menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah

    Salah satu manfaat seledri yang sayang untuk dilewatkan yaitu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol ‘jahat’ (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol ‘baik’ (HDL) dalam tubuh. Jika kadar kolesterol ‘jahat’ (LDL) terlalu banyak dalam darah, maka akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke di kemudian hari.

    Selain itu, manfaat seledri juga dapat menurunkan tekanan darah dalam tubuh lho, Bu. Manfaat ini bisa didapatkan berkat kandungan vitamin dan mineral yang cukup beragam. Bahkan, seledri juga dapat membantu menjaga kesehatan ginjal. 

  • Membantu mencegah dehidrasi

    Dari penjelasan kandungan nutrisi di atas, Ibu pasti melihat kadar air dalam daun seledri cukup tinggi, kan? Itulah sebabnya, manfaat seledri sangat baik untuk membantu tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik. Meski demikian, bukan berarti Ibu hanya memberikan si Kecil asupan seledri saja untuk mencukupi kebutuhan cairan hariannya ya! Si Kecil juga harus tetap minum air mineral secara rutin, serta mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang tinggi air. 

Meski manfaat seledri cukup beragam, Ibu tetap perlu hati-hati saat memberikan olahan seledri kepada si Kecil. Pastikan takaran dan cara mengolahnya tepat karena sayuran ini memiliki aroma yang sangat menyengat. Bagi sebagian orang, aroma ini cukup mengganggu sehingga jadi tidak menyukai seledri dalam bentuk apapun. 

Biasanya seledri jadi pelengkap untuk sayur sop, tetapi Ibu juga bisa mengolah sayuran ini dengan cara lain lho. Salah satunya dengan mengolah seledri menjadi smoothie segar yang menyehatkan tubuh. 

Cara membuat smoothie seledri sebenarnya cukup mudah, Ibu cukup menyiapkan seledri, kiwi, nanas, timun, dan air perasan lemon secukupnya. Campurkan semua bahan tersebut ke dalam juicer dengan campuran air dan es batu. Setelah tercampur, Ibu juga bisa menuangkan sedikit madu di gelas smoothie untuk menambah cita rasa. Smoothie seledri ini juga bisa Ibu kreasikan dengan campuran sayuran dan buah-buahan lainnya, seperti wortel, kale, stroberi, lemon, melon, dan lain sebagainya. 

Selain mengonsumsi seledri sebagai pendukung asupan nutrisi hariannya, si Kecil juga perlu mengonsumsi makanan bergizi lainnya, terutama makanan yang tinggi protein. Sebab, protein merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh si Kecil dalam masa tumbuh kembang karena berperan untuk membangun dan memelihara sel-sel serta jaringan tubuh.

Salah satu makanan tinggi protein yang berkualitas yaitu susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+. Susu ini mengandung 9 Asam Amino Esensial yang lengkap, serta dikombinasi dengan nutrisi untuk meningkatkan kecerdasan dan akal kreatif si Kecil, seperti DHA 4x lebih tinggi, asam lemak omega 3, asam lemak omega 6, minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi.

Susu bubuk pertumbuhan ini diformulasikan khusus anak usia 1-3 tahun agar tumbuh kembangnya lebih prima. Si Kecil dianjurkan untuk minum susu secara rutin, sebanyak 2-3 gelas per hari guna mendukung ia untuk lebih kreatif, tangguh, dan percaya diri.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz