Share Like
Simpan

Tanpa terasa si kecil akan merayakan ulang tahun pertamanya. Sebagian orang tua tentu ingin merayakan hari ulang tahun si kecil dengan meriah bersama keluarga dan kawan-kawan. Pesta ulang tahun ini dapat membangkitkan rasa percaya diri pada anak, dengan menjadi ’raja atau ratu’ sehari dan sebagai pusat perhatian.

Si kecil juga akan senang karena di hari istimewanya akan mendapatkan banyak bingkisan dari kerabat dan keluarga. Selain itu, saat pesta si kecil akan memperoleh kesempatan bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya, melihat keramaian dan mengenal keluarga dan kerabat diluar anggota keluarga yang sehari-hari ia jumpai.

Walau saat ini telah tersedia berbagai restoran siap saji yang juga menyediakan paket birthday organizer lengkap dengan susunan acara, makan siang dan goody bag, namun akan lebih berkesan dan menjalin suasana kekeluargaan lebih akrab bila Ibu dapat mempersiapkan dan mengadakan perayaan hari ulang tahun pertama si kecil di rumah. Selain itu ibu dapat merencanakan dan menentukan biaya pengeluaran yang akan digunakan untuk pesta di rumah. Pesta ulang tahun yang meriah tidak selalu harus mengeluarkan biaya mahal. Gali kreativitas Ibu dan mintalah usulan keluarga dan kerabat untuk persiapan pesta si kecil.

Apa saja yang perlu disiapkan?
1. Buatlah rancangan pengeluaran (budget), tentukan tema pesta ulang tahun si kecil. Kelompokkan pengeluaran berdasarkan aktivitas acara, misalnya untuk dekorasi ruangan, catering, kue ulang tahun, aktivitas untuk anak-anak selama acara, misalnya membuat kerajinan tangan sederhana, dan goody bag. Rancangan ini akan membantu Ibu untuk mengontrol pengeluaran.
2. Buatlah daftar undangan dan perkirakan tambahan anggota keluarga undangan yang ikut hadir, karena akan menentukan jumlah tambahan catering dan pernak-pernik yang diperlukan dalam pesta, seperti jumlah goody bag.
3. Buatlah daftar aktivitas yang akan dilakukan untuk pesta nanti, dan mintalah anggota keluarga, baby sitter, kerabat dekat dan tetangga yang dapat membantu sebagai event organizer dan membantu persiapan serta selama acara berlangsung. Bagilah tugas dan jangan mengerjakan segalanya sendirian.
4. Buatlah jadwal atau ’rundown’ acara dan jenis aktivitas apa yang akan dilakukan selama pesta. Anak-anak menyukai aktivitas dan sesuaikanlah jenis aktivitas yang akan dilakukan saat pesta dengan umur rata-rata anak-anak yang akan hadir.
5. Acara pesta termasuk acara puncak tiup lilin. Buatlah rangkaian acara aktivitas dalam durasi waktu singkat saja agar anak tidak bosan dan menjadi rewel.

Tempat, tema dan dekorasi
Tema pesta ulang tahun dapat disesuaikan dengan tokoh idola anak, misalnya untuk anak perempuan dapat mengadopsi tokoh ‘princess’ dengan mendekorasi ruangan bernuansa warna merah jambu atau ungu. Bagi anak laki-laki dapat mengadopsi tokoh ‘ksatria’ atau tokoh imajinasi ‘smurf’. Tanyalah pada si kecil walau ia belum cukup mengerti, namun Ibu dapat mengajaknya memilih tokoh apa yang ia sukai. Dekorasi dapat dilakukan secara sederhana di halaman rumah dengan tema pesta kebun. Anak-anak memiliki imajinatif yang tinggi, dan mereka akan tetap senang bermain, walaupun dekorasi pesta tidak semewah bila diselenggarakan di hotel atau gedung pertemuan.

Bila Ibu tinggal di apartemen atau lingkungan rumah tidak memungkinkan untuk menyelenggarakan pesta ulang tahun si kecil, Ibu dapat menanyakan pada manajer pemeliharaan gedung apartemen apakah dapat menggunakan area kolam renang atau hall atau senter kebugaran anak-anak sebagai alternatif. Sesuaikan dengan budget yang telah disusun.

Hiburan atau entertainment
Acara hiburan tidak selalu harus dengan mengundang pesulap atau badut dengan kostum mewah dan mahal. Ibu dapat merangsang kreativitas sederhana dengan membuat kerajinan tangan sederhana yang disesuaikan dengan usia. Untuk anak-anak yang lebih besar dapat melakukan permainan ‘tebak rasa buah’. Siapkanlah beberapa potongan buah-buahan seperti apel, anggur, jeruk, melon dan semangka. Tutuplah mata anak dengan kain dan berikan potongan buah-buahan tersebut. Mintalah anak tersebut menebak buah apa yang dimakannya. Sediakan hadiah-hadiah kecil untuk yang berhasil menebak rasa buah tersebut.

Makanan yang familiar bagi anak
Ingatlah bahwa pesta ulang tahun ini adalah pesta si kecil dan bukan pesta Ibu atau ayah, yang sebagian besar tentu akan dihadiri oleh banyak anak-anak. Sediakanlah makanan yang dapat dikonsumsi anak-anak, disamping jenis makanan untuk orang dewasa. Ibu dapat menyediakan sandwich, mini pizza, spageti, dan jangan lupa makanan penutup yang disukai oleh sebagian besar anak-anak seperti es krim dan kue-kue. Ibu dapat membeli beberapa jenis makanan untuk catering pesta, sehingga pekerjaan mempersiapkan catering lebih ringan.

Siap sedia untuk keadaan tak terduga
Beberapa hal yang dapat Ibu sediakan untuk menghadapi kejadian tak terduga saat pesta berlangsung:
• Orang dewasa yang siap membantu melerai anak-anak yang berkelahi untuk tidak mengganggu jalannya acara
• Kotak P3K berisi perban, plester, povidone iodine (obat merah), es kompres, dan tisu. Ibu pun dapat menyediakan beberapa jenis obat untuk menangani keluhan yang biasa terjadi pada anak; pastikan anak tidak alergi terhadap obat sebelum menerima obat tersebut.
• Jika anak yang diundang datang tanpa pendamping orang tua, pastikan untuk mengetahui riwayat alergi makanan atau keadaan yang berkaitan dengan kesehatannya, seperti serangan asma dan sebagainya
• Jika Ibu memiliki binatang peliharaan, selama pesta, sebaiknya tempatkan hewan tersebut di luar area agar mencegah kemungkinan timbulnya alergi pada anak yang memiliki alergi atau yang ’berinisiatif’ mengganggunya dengan menarik ekornya.
• Siapkan nomor telepon yang harus dihubungi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, terutama nomor telepon rumah sakit dan/atau fasilitas kesehatan terdekat. Pastikan pula Ibu memiliki nomor telepon orangtua anak.

Bagaimana Ibu, mudah bukan mempersiapkan pesta ulang tahun si kecil? Buatlah rancangan yang matang dan kerjakan bersama ‘tim’ Ibu!