Share Like
Simpan

Wah, kini Ibu dan Ayah tinggal menghitung hari hingga kelahiran si Kecil ya! Setelah lahir, kebutuhan bayi akan terus bertambah. Oleh sebab itu, ada baiknya jika  Ibu dan keluarga menyiapkan kebutuhannya dari sebelum ia lahir. Salah satu hal yang bisa Ibu persiapkan adalah perlengkapan yang menunjang keamanan si Kecil terutama ketika harus bepergian. 

Demi keselamatan si Kecil ketika berada di dalam mobil, disarankan agar Ibu menggunakan car seat atau tempat duduk khusus bayi. Pemilihan car seat ini dapat dilakukan berdasarkan usia ataupun berat badan bayi. Sebagai permulaan, berikut adalah acuan bagi Ibu ketika memilih car seat berdasarkan usia:

Bayi

Car seat yang dibatasi hanya untuk bayi ini adalah car seat yang menghadap ke bagian belakang mobil. Biasanya car seat seperti ini memiliki batasan untuk berat badan bayi 10 sampai 16 kg. 

Convertible atau khusus balita

Kursi yang seperti ini biasanya digunakan setelah berat badan atau tinggi si Kecil melewati batas ketentuan car seat khusus bayi atau apabila berat badan bayi sudah mencapai 19 hingga 32 kg. Car seat sejenis ini dapat diatur sesuai berat dan tinggi si Kecil dan tetap menghadap ke bagian belakang mobil.

Car seat dengan posisi seat belt yang bisa disesuaikan

Ketika si Kecil memasuki usia 4 tahun, ia sudah bisa menggunakan kursi sejenis ini. Kursi ini menggunakan sabuk di bagian pundak dan juga sela-sela paha.  

Banyak di antara Ibu yang berpikir bahwa penggunaan car seat tidaklah begitu penting. Bahkan, karena sifatnya hanya sementara, Ibu lebih memilih untuk menggunakan car seat bekas dibandingkan membeli yang baru. Namun, sebaiknya gunakan car seat yang baru, agar fungsi dari kursi tersebut masih sempurna. Selain itu, masih ada beberapa hal yang perlu Ibu perhatikan setelah membeli car seat yaitu:

1. Cobalah terlebih dahulu posisi car seat di mobil Ibu sebelum digunakan oleh si Kecil. Pastikan bahwa car seat tersebut dalam posisi aman dan stabil.

2. Pastikan juga bahwa strap pada car seat pas di tubuh si Kecil namun tetap membuatnya nyaman.

3. Selain pas, pastikan juga posisi belt benar-benar melindungi si Kecil di bagian pundak dan di sela-sela paha.

4. Apabila posisi si Kecil belum pas, taruh gulungan kain atau selimut di sisi kiri dan kanannya dan juga di belakang lehernya.

5. Bila si Kecil masih dapat merosot ke bawah, ganjal bagian pahanya dengan popok atau kain agar ia tetap merasa nyaman. 

Ketika memperkenalannya dengan car seat, si Kecil mungkin akan menunjukkan sikap rewel karena belum terbiasa. Namun, jangan terburu-buru menyerah pada sifatnya itu ya, Bu. Coba alihkan perhatiannya dengan mainan yang berbunyi atau memiliki warna-warna yang menarik. Bagaimana, Bu? Sudah siap menyambut kelahiran si Kecil nanti? Selamat mempersiapkan diri di masa akhir kehamilan ini, ya!