Share Like
Simpan

Halo, Ibu! Sudah punya rencana ke mana untuk mengisi liburan kali ini bersama si Kecil? Di usianya sekarang, si Kecil membutuhkan permainan yang tak hanya mendidik, tapi juga variatif, untuk menunjang tumbuh kembangnya. Membawanya ke tempat wisata edukatif bisa menjadi satu pilihan untuk mengisi waktu liburan ini, Bu. Selain terhibur, ia juga dapat memperoleh pengetahuan baru dan berbagai pengalaman yang berkesan.

Saya sendiri dulu tak punya cukup banyak informasi di mana bisa menemukan tempat wisata edukatif. Namun, setelah berdiskusi dengan suami dan mencari tahu lebih banyak, kami memutuskan untuk berkunjung ke daerah Bogor. Ternyata, tidak hanya suasananya saja Bu, yang masih asri, Bogor juga menyimpan banyak tempat wisata edukatif yang bermanfaat bagi si Kecil.

Wah, jadi penasaran dengan apa saja yang dapat kami temukan di sana? Berikut adalah beberapa tempat wisata edukatif untuk si Kecil yang bisa kita kunjungi di Bogor:

  • Taman Wisata Mekarsari

Taman seluas 264 hektare yang berlokasi di Jalan Raya Cileungsi, Jonggol Km. 3, Kabupaten Bogor (021 – 29232718)  ini merupakan salah satu pusat pelestarian buah-buahan terbesar di dunia. Sebelum masuk, Ibu harus membayar tiket seharga Rp 25.000,- per orang bagi anak ataupun dewasa, baik di hari kerja maupun akhir pekan. Selain edukasi pelestarian aneka buah-buahan dari seluruh Indonesia, si Kecil juga dapat menikmati berbagai aktivitas menyenangkan seperti sepeda air, banana boat, serta pertunjukkan 4 dimensi yang mengisahkan kehidupan orangutan berjudul Pongo Show.

  • Kebun Raya Bogor

Jika Ibu mencari suasana hutan rindang dan taman yang hijau nan sejuk, Kebun Raya Bogor wajib masuk daftar kunjungan. Tempat wisata yang terletak di Jalan Ir. H. Juanda No. 13 Bogor Jawa Barat (0251 – 8322187) ini bisa dijelajahi dengan berjalan kaki, bersepeda, hingga berkendara dengan mobil. Sebelumnya, Ibu perlu membayar tiket masuk seharga Rp 14.000,- per orang yang sudah termasuk gratis masuk Museum Zoologi.

Di antara 15 ribu koleksi tanaman, salah satu atraksi utama Kebun Raya Bogor yang paling populer adalah bunga bangkai. Tanaman langka ini cukup sulit untuk diprediksi kapan akan mekar. Sehingga, si Kecil cukup beruntung jika bisa melihatnya secara langsung.

  • Kampung Wisata Cinangneng

Ingin kembali ke kampung dan merasakan suasana sejuk nan asri? Berkunjung ke Kampung Wisata Cinangneng bersama keluarga bisa menjadi alternatif menarik untuk mengisi liburan di akhir pekan. Si Kecil bisa mempelajari banyak hal seperti membuat wayang dari daun singkong, membungkus nasi timbel, hingga membuat kue-kue tradisional. Ia juga bisa mempelajari alat musik khas Jawa barat seperti angklung dan gamelan.

Tidak hanya itu saja, Bu. Ketika berjalan santai menyusuri desa, ia juga bisa belajar menanam padi dan memandikan kerbau di pinggir sungai. Yuk, kunjungi kampung wisata yang beralamat di Jalan Babakan Kemang RT. 01/ 02, Cihideung Udik, Kec. Ciampea, Bogor, Jawa Barat 16620 (0251 – 8621895) ini. Harga paket wisatanya bervariasi dengan kisaran antara Rp 100.000 hingga Rp 125.000,- per orang.

Hm, ternyata rekreasi bisa berpadu dengan edukasi yang bermanfaat ya, Bu? Dengan wisata edukatif, liburan bersama keluarga dapat meninggalkan cerita dan pengalaman yang lebih berkesan untuk si Kecil. Semoga informasi ini bisa menginspirasi Ibu dalam merencanakan wisata edukatif untuk si Kecil. Titipkan salam untuk si Kecil ya, Bu!