Share Like
Simpan

Menghabiskan waktu libur tidak harus dengan pergi ke mal saja lho, Bu. Sekarang, sudah banyak sekali tempat rekreasi yang mengusung tema wisata edukatif yang dapat menghibur sekaligus bermanfaat. Tempat-tempat tersebut selain dapat mengundang gelak tawa bahagia si Kecil, ternyata juga dapat merangsang perkembangan perilaku dan memperluas pengetahuannya.

Mau tahu apa saja tempat wisata edukatif di Jabodetabek? Simak ulasan berikut ini yuk, Bu!

 

1. Taman Mini Indonesia Indah (Jakarta) 

Alamat   : Jalan Raya Taman Mini, Jakarta Timur

No. Telp : 021-87792078

Waktu masih kecil, saat pertama kali datang ke sini, saya pikir akan melihat taman-taman kecil berukuran mini sesuai namanya. Ternyata, taman ini adalah bentuk mini dari Republik Indonesia. Di sini, Ibu bisa mengenalkan si Kecil tentang keberagaman adat dan budaya Indonesia. Selain itu, di taman ini juga terdapat museum yang tak kalah edukatif, seperti museum perangko, museum keprajuritan, dan sebagainya. Harga tiket masuknya seharga Rp 10.000, dan untuk mengunjungi wahana di dalamnya akan dikenakan biaya tambahan. Info lengkap klik di sini.

 

2. Kampung Horta (Bogor)

Alamat     : Jalan Raya Pagelaran, Ciomas, Bogor

No. Telp   : 081519218214

Ibu pasti tahu kan, apa itu boneka horta? Jika belum, boneka horta adalah boneka yang terbuat dari gumpalan gabah yang diberi benih tumbuhan pada sisi tertentu. Saat disiram air dan dirawat dengan benar, akan tumbuh rumput yang akan menyerupai bentuk rambut dari boneka tersebut.

Di kota Bogor, ada yang namanya Kampung Horta. Di tempat tersebut ada pelatihan pembuatan boneka horta. Tidak hanya itu, di sana juga ada pelatihan teknik dasar menyablon, pelatihan membuat telur asin, terarium, daur ulang kertas, serta pengenalan ekosistem sawah.

Tempat ini dapat menjadi salah satu alternatif wisata edukatif bagi si Kecil. Biaya tiap pelatihan sebesar Rp. 20.000/orang. Klik di sini untuk info lengkapnya.

 

3. D’Kandang Amazing Farm (Depok)

Alamat    : Jalan Penarikan 07/02 Pasir Putih, Sawangan, Depok

No. Telp  : 021-77889007

Tempat wisata di kota Depok sangat beragam dan memiliki keunikan masing-masing. Salah satuya adalah D'Kandang Amazing Farm. Tempat wisata ini mengusung kegiatan belajar sambil bermain dengan tema peternakan dan pertanian.

Di dalam area D’Kandang diramaikan dengan berbagai fasilitas dan wahana. Ada tiga paket wisata yang dapat Ibu ikuti bersama si Kecil, yakni Paket Outbound, Paket Pertanian, dan Paket Peternakan. Setiap paket dikenai biaya sebesar Rp.75.000 saja. Info lengkapnya klik di sini.

 

4. Kandank Jurank Doank (Tangerang)

Alamat      : Komp. Pondok Sawah Indah (Alvita). Blok Q No. 14. Ciputat,

Tangerang Selatan.

No. Telp     : 021-74631934

Di sini Ibu dapat mengajak si Kecil untuk mengikuti segudang aktivitas yang menyenangkan. Kandank Jurank Doank menyediakan beragam kegiatan yang dapat mengasah kreativitas si Kecil, seperti kelas menggambar, bermain gitar, biola, perkusi, vokal, fotografi, dan kelas kayu. Semua kelas tersebut diadakan setiap hari dan dilakukan di ruang terbuka.

Selain itu tempat wisata yang diprakarsai oleh Dik Doank ini juga menyediakan wahana outbound. Biaya untuk menikmati setiap wahana berkisar antara Rp.15.000 - Rp.20.000. Info lengkapnya klik di sini ya, Bu.

 

5.  Klenteng Hok Lay Kiong (Bekasi)

Alamat      : Jalan Kenari 1, Desa Margahayu, Bekasi Timur, Jawa Barat.

No. Telp    : 021-8813248

Tempat wisata bersejarah juga dapat menjadi salah satu pilihan untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Di Bekasi ada tempat yang namanya Klenteng Hok Lay Kiong. Klenteng tersebut diperkirakan telah berusia tiga abad yang berdiri kokoh di atas tanah seluas 700 meter persegi.

Saat mengunjungi klenteng ini, Ibu dapat mengajarkan si Kecil tentang keberagaman umat yang ada di Indonesia. Dengan demikian, ia akan belajar bertoleransi sejak dini. Ibu juga dapat menjelaskan bagaimana sejarah klenteng tersebut didirikan hingga dapat berdiri tegak hingga saat ini.

Bagaimana, Bu? Semoga artikel ini dapat menjadi inspirasi liburan di akhir pekan, ya . Selamat berlibur!