Share Like
Simpan

Ada rencana berlibur ke luar kota bersama si Kecil, Bu? Ayo melancong ke Yogyakarta! Kota ini adalah destinasi yang sangat menarik untuk dikunjungi bersama keluarga. Pasalnya, kota yang dikenal dengan sebutan kota pelajar ini menawarkan berbagai destinasi unik yang sayang untuk dilewatkan. Serunya lagi, tempat-tempat ini tidak hanya mengundang gelak tawa si Kecil. Namun juga menambah pengalaman serta memperluas wawasannya sejak dini.

Penasaran apa saja tempat wisata edukatif di Yogyakarta? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Candi Prambanan

Alamat      : Jl. Yogya-Solo Km 16, Prambanan, Yogyakarta.

No. Telp    : 0274-496401.

Berlibur ke Yogyakarta belum lengkap rasanya kalau tidak berkunjung ke candi yang dibangun pada abad ke-9 masehi ini. Bisa dibilang, tempat bersejarah ini adalah destinasi yang wajib untuk dikunjungi. Waktu masih kecil, guru saya di sekolah pernah menceritakan tentang kisah cinta Rara Jongrang di balik keindahan candi yang dinobatkan sebagai candi Hindu tercantik di dunia ini.

Di komplek sekitar candi, Ibu juga bisa membeli buku cerita bergambar tentang Rara Jongrang dan Bandung Bondowoso untuk koleksi bacaan si Kecil yang bermanfaat. Harga tiket masuk untuk dewasa sebesar Rp 30.000 dan Rp 12.500 untuk anak-anak. Klik di sini untuk info lengkapnya.

2. Taman Pintar Yogyakarta

Alamat      : Jl. Panembahan Senopati No. 1-3, Yogyakarta.

No. Telp    : 0274-583631

Sebagai sebuah tempat rekreasi sekaligus tempat bermain anak yang populer di kota pelajar, Taman Pintar sayang untuk dilewatkan begitu saja. Tempat ini sangat bermanfaat secara edukatif bagi si Kecil. Selain arena bermain, terdapat juga Gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), zona jembatan sains, hingga  gedung oval yang menampilkan replika hewan prasejarah serta akuarium air tawar, dan banyak lagi.

Salah satu wahana unik favorit si Kecil waktu saya ke sana adalah zona air untuk kehidupan. Uniknya, air yang ada pada wahana berukuran 17,5 x 6,4 meter ini merupakan gambar, tapi tampak begitu nyata. Harga tiket masuk untuk dewasa sebesar Rp 18.000 dan Rp 10.000 untuk anak-anak. Lihat di sini untuk info lengkapnya.

3. Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Alamat      : Jl. Rotowijayan 1, Yogyakarta.

No. Telp    : 0274-373721.

Kraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat atau yang kini lebih dikenal dengan nama Kraton Yogyakarta merupakan pusat dari museum kebudayaan Jawa yang ada di kota gudeg. Di tempat tinggal raja beserta keluarganya ini, si Kecil dapat belajar dan melihat secara langsung bagaimana budaya Jawa dilestarikan.

Mengingat mata pelajaran sejarah ketika saya masih sekolah dulu, tempat ini dibangun oleh Pangeran Mangkubumi pada tahun 1755, beberapa bulan setelah penandatanganan Perjanjian Giyanti. Harga tiket masuknya sebesar Rp 5.000. Baca info lengkapnya di sini.

4. Kebun Binatang Gembira Loka

Alamat      : Jl. Boyong Km 25, Kaliurang Barat, Sleman, Yogyakarta.

No. Telp    : 0274-895161

Tidak perlu jauh-jauh ke Pulau Komodo atau Pulau Rinca untuk memperlihatkan kadal terbesar di dunia pada si Kecil. Di kebun binatang yang satu ini, ia bisa melihat kadal raksasa unik yang masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

Selain menyaksikan aksi hewan purba tersebut, kebun bintang Gembira Loka Zoo juga memiliki beragam spesies hewan dan tumbuhan, serta wahana permainan yang menarik. Kebun Binatang Gembira Loka punya daya tarik tersendiri bagi para wisatawan Yogyakarta. Harga tiket masuknya sebesar Rp 20.000 pada hari biasa dan Rp 25.000 pada hari libur. Klik di sini untuk info lengkapnya.

Kelihatannya seru sekali kan, Bu? Bagaimana? Jadi, ingin berkunjung ke Yogyakarta? Selamat berlibur bersama si Kecil!