Whatsapp Share Like
Simpan

Jika bicara soal sumber Protein nabati, yang ada dipikiran Ibu mungkin adalah tahu, tempe, dan kacang-kacangan saja. Padahal, masih ada asupan nabati yang bahkan memiliki kandungan Protein lebih tinggi dibanding telur. Ya, Bu, jamur ternyata dapat digunakan sebagai bahan menu sehat anak! Sayangnya, masih banyak yang beranggapan bahwa jamur tidak baik diberikan pada si Kecil. Nah, pengertian ini tidak sepenuhnya benar, Bu!

Berikut ini beberapa informasi soal pengaruh jamur bagi kesehatan si Kecil yang saya baca secara online. Simak yuk, Bu!

Manfaat Jamur Bagi Tubuh si Kecil

Tahukah, Ibu? Jamur memiliki kandungan Protein tinggi yang bahkan setara dengan daging sapi, lho! Perlu Ibu ketahui bahwa kandungan Protein dalam jamur mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh, melancarkan saluran cerna, dan memperkuat otot serta tulang si Kecil. Selain itu, jamur juga memiliki kandungan Zat Besi tinggi yang dapat meningkatkan daya ingat dan keterampilan motoric si Kecil, Bu.

Jenis Jamur yang Aman Dikonsumsi si Kecil

Terlepas dari segala manfaatnya, Ibu perlu teliti dalam memilih jenis jamur yang nantinya akan disantap oleh si Kecil ya, mengingat jamur memiliki tekstur yang lembut sehingga memudahkan penyebaran beberapa jenis bakteri. Nah, ada beberapa cara yang bisa Ibu lakukan untuk menghindari risiko tersebut:

  • Pilih jamur yang terlihat masih segar atau tidak layu.
  • Cari jenis jamur yang kering dan tidak ada tekstur retak pada bagian atasnya.
  • Coba cium aromanya, karena jamur yang bagus seharusnya tidak terlalu apek.

Cara Mengolah Jamur untuk si Kecil

Selain teliti dalam memilih jenis jamur, Ibu juga perlu tahu cara mengolahnya agar aman ketika dikonsumsi oleh si Kecil. Dari beberapa artikel kesehatan anak yang saya baca, Ibu disarankan untuk mulai pemberian jamur saat si Kecil berusia 10-12 bulan. Pada usia ini, pencernaannya sudah terlatih dengan makanan lunak, sehingga bisa mulai dikenalkan dengan makanan yang lebih bertekstur. Sebagai rekomendasi, saya dulu sering membuat menu puree jamur untuk anak 1 tahun, dengan tekstur lembut agar si Kecil lebih mudah  menelannya.  Selain itu, pastikan jamur yang Ibu masak benar-benar matang agar terjamin kebersihannya.

Ternyata jika dikonsumsi secara tepat, jamur punya banyak sekali manfaat bagi tubuh si Kecil ya. Itu sebabnya, ayo mulai penuhi kebutuhan nutrisi si Kecil dengan menggunakan jamur sebagai menu sehat anak, agar ia dapat senantiasa menjadi anak yang cepat tangkap, aktif bergerak, dan tumbuh sesuai usianya!