Share Like
Simpan

Tadi siang, saya sibuk membereskan kamar ketika saya menemukan sesuatu di tengah tumpukan barang. Buku catatan saya. Buku tersebut rupanya berisi kumpulan resep untuk si Kecil yang saya kumpulkan dari berbagai sumber, mulai dari internet, majalah, hingga acara televisi. Lengkap, ya?

Saya melakukan hal tersebut sebab dulu si Kecil suka susah makan, Bu. Ia seringkali terlihat pilih-pilih makanan. Terutama soal nasi. “Bosan, setiap hari makan nasi,”  begitu katanya. Padahal, di usianya yang baru 4 tahun, si Kecil yang aktif tentu memerlukan karbohidrat yang cukup untuk memberikannya energi. Makanya, saya rajin mengumpulkan resep kreasi masakan, agar si Kecil semakin tertarik untuk makan.

Kisah saya tadi mungkin saja pernah dialami oleh Ibu di rumah. Apakah si Kecil sering susah makan? Jangan khawatir. Saya akan membagikan dua resep sederhana pengganti nasi yang bisa Ibu lakukan di rumah. Rasanya enak, kebutuhan gizi si Kecil pun tetap terpenuhi.

Telur Tumpuk Orak Arik

Telur merupakan bahan makanan yang mudah didapatkan di mana saja. Tidak hanya itu, kandungan gizinya pun tergolong baik bagi si Kecil. Berikut ini merupakan resep membuat Telur Tumpuk Orak Arik yang dapat dimasukkan ke dalam menu sarapan si Kecil:

Bahan:

  • 2 lembar roti tawar.
  • 2 buah telur.
  • Sup jamur.
  • 2 buah sosis ayam, potong-potong.
  • Keju sesuai selera.

Cara membuat:

  1. Panggang dua lembar roti terlebih dahulu, kemudian letakkan di atas piring saji.
  2. Buat telur orak arik, lalu taburi di atas roti yang telah dipanggang.
  3. Tuangkan 3-5 sdm sup jamur ke atas roti. Beberapa toko swalayan menyediakan bumbu sup jamur cepat saji yang bisa dibuat dengan mudah.
  4. Tambahkan potongan sosis dan keju ke atas roti.
  5. Masukkan roti ke dalam oven. Panaskan hingga keju pada roti meleleh merata, kemudian keluarkan dari oven.

Sup Krim Kentang Keju

 

Kentang merupakan salah satu alternatif pengganti nasi yang paling sering saya kreasikan. Kali ini, saya akan memberikan resep membuat crunchy potatoes yang pastinya lezat dan sehat bagi si Kecil.

Bahan:

  • 6 gelas air.
  • Potongan ayam.
  • Krim keju.
  • Kentang rebus yang telah dipotong dadu.
  • Bawang bombay.
  • Kaldu ayam.

Cara membuat:

  1. Campurkan air dan kaldu ayam, aduk perlahan.
  2. Tambahkan krim keju. Panaskan campuran ketiganya sambil diaduk hingga keju meleleh.
  3. Masukkan sisa bahan lainnya. Didihkan hingga 18-20 menit.
  4. Sup pun siap disajikan.

Catatan: Ibu bisa menambahkan sayuran seperti daun thyme kering atau brokoli ke dalam sup. Didihkan sayuran bersama dengan sup dan tunggu hingga sayuran melunak.

Bagaimana, mudah kan, Bu? Rasanya lezat, kebersihannya pun lebih terjamin karena Ibu sendiri yang membuatnya. Agar kebutuhan nutrisi si Kecil lebih lengkap, saya juga memberikannya susu pertumbuhan, lho. Pilihan saya jatuh pada Frisian Flag Karya. Kandungan nutrisi pada Frisian Flag Karya lengkap sekali, Bu. Susu ini diperkaya dengan kombinasi tinggi Vitamin D, Kalsium, Fosfor, Seng, Selenium, Vitamin, A, C, & E serta Inulin. Vitamin dan mineral tersebut merupakan nutrisi kunci yang bermanfaat untuk proses tumbuh kembang si Kecil.

Kombinasi menu makanan sehat dilengkapi dengan Frisian Flag Karya membuat saya tidak perlu takut akan kebutuhan nutrisi si Kecil. Nah, bagaimana dengan Ibu? Yuk, bagikan tips masakan sehat kreasi Ibu di sini!