Whatsapp Share Like
Simpan

Bu, buah hati sudah mulai MPASI, ya? Varian menu MPASI yang banyak mungkin sempat membuat Ibu kebingungan. Apalagi, jika bahan yang dibutuhkan sulit ditemukan. Saya juga sempat mengalaminya, Bu. Untungnya, setelah mencari-cari di internet, saya menemukan resep MPASI  yang bahannya sehat dan mudah ditemukan, yaitu apel. Tak hanya memiliki rasa yang enak, apel juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan bayi. Nah, berikut ini empat resep MPASI apel yang sempat saya coba di rumah, Bu!

1. Puree Apel dan Daging Ayam

Selain memberikan puree apel atau dicampur buah lainnya, Ibu juga bisa menambahkan daging ayam sebagai bahan campuran, lho! Kehadiran daging ayam akan memberikan protein yang memiliki banyak manfaat bagi bayi. Ini dia resepnya, Bu:

Bahan-bahan:

  • 1 potong dada ayam
  • 1 buah apel merah

Cara membuatnya:

  1. Bersihkan dada ayam dari kulitnya, lalu potong menjadi tiga bagian. Sisihkan.
  2. Kupas kulit apel, lalu potong-potong kecil.
  3. Ambil potongan dada ayam dan susun bersama apel dalam lapisan aluminium foil. Bungkus dengan rapi sehingga semua sisi bahan makanan tertutup.
  4. Kukus bahan makanan selama 20 menit.
  5. Setelah 20 menit, angkat aluminium foil, lalu sisihkan hingga suhunya turun.
  6. Setelah suhunya menghangat, blender potongan ayam dan apel hingga halus. Puree pun siap disajikan.

2. Puree Oatmeal dan Apel

Ibu punya oatmeal yang belum dikonsumsi dan masa kadaluarsanya masih panjang? Daripada dibuang, buat menjadi resep MPASI untuk bayi, yuk!

Artikel Sejenis

Bahan-bahan:

  • Buah apel
  • 1/4 gelas oatmeal
  • 3/4 gelas air matang
  • ASI atau susu cair

Cara membuatnya:

  1. Kupas apel sampai bersih, kemudian potong-potong menjadi dadu kecil.
  2. Masukkan apel, oatmeal, dan air ke dalam panci, lalu panaskan dengan api sedang sampai oatmeal matang dan apel empuk.
  3. Setelah matang, blender apel dan oatmeal hingga halus.
  4. tuangkan ke dalam mangkuk dan tambahkan susu cair atau ASI. Menu MPASI apel yang lezat pun siap disajikan kepada si Kecil.

3. Puree Apel Panggang

Stok isi kulkas sedang minim dan hanya tersedia beberapa buah apel untuk bayi? Tak masalah, Bu. Ibu bisa coba resep berikut:

Bahan:

  • 5 buah apel

Cara membuat:

  1. Potong-potong apel menjadi ukuran sedang.
  2. Buang biji tapi jangan kupas kulitnya, karena akan membuat apel menjadi benyek saat dipanggang.
  3. Tambahkan sedikit air pada loyang lalu letakkan potongan apel di atasnya.
  4. Masukkan ke dalam oven dan panggang dengan suhu 400 derajat Celcius selama 30 menit.
  5. Keluarkan apel dari oven, dinginkan, lalu kupas kulitnya.
  6. Masukkan apel ke dalam blender, lalu blender hingga halus.
  7. Tuang ke dalam wadah dan sajikan.

4. Puree Apel dan Pir

Buah apel dan pir merupakan kombinasi yang tepat untuk MPASI bayi. Begini resepnya, Bu:

Bahan:

  • 2 buah apel
  • 2 buah pir
  • 50 ml air atau susu cair

Cara membuat:

  1. Kupas apel, buang bijinya, lalu potong menjadi ukuran sedang.
  2. Kupas pir, buang bijinya, lalu potong menjadi ukuran sedang.
  3. Masukkan potongan apel dan pir ke dalam kukusan, lalu kukus hingga empuk.
  4. Masukkan keduanya ke dalam blender, tambahkan air atau susu cair, lalu blender hingga halus.
  5. Masukkan ke dalam wadah dan sajikan.

 

 

Kandungan Apel & Manfaatnya bagi Bayi

Mengapa sebaiknya memberikan MPASI apel kepada bayi? Mudah saja, Bu, sebab apel memiliki beberapa kandungan yang sangat bermanfaat untuk tumbuh kembangnya. Berikut berbagai kandungan dan manfaat dari apel:

  • Vitamin A. Tak melulu wortel, vitamin A juga bisa didapatkan dari buah apel. Tentunya manfaat dari vitamin A sudah sangat jelas, yakni untuk menjaga kesehatan mata. Tak hanya itu, vitamin ini juga membantu memperkuat sistem imun dan menjaga kesehatan tulang.
  • Vitamin C. Vitamin C memiliki banyak manfaat untuk bayi. Diantaranya adalah mencegah penyakit, melawan sel kanker, meningkatkan mood, menurunkan risiko serangan jantung, memperbaiki jaringan sel kulit, dan mencegah penuaan dini.
  • Vitamin E. Vitamin E di dalam semangkuk MPASI apel berperan dalam menjaga kesehatan kulit, menjaga keseimbangan hormon, sebagai antioksidan, dan menyehatkan mata.
  • Magnesium. Kandungan magnesium di dalam apel bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, membantu mengatasi stres, meningkatkan kebugaran tubuh, dan menyembuhkan sakit kepala.
  • Fosfor. Fosfor merupakan zat yang baik untuk kesehatan tulang. Selain itu, fosfor juga membantu kerja ginjal, untuk fungsi otot dan saraf, pembentukan DNA, dan mempertahankan keseimbangan asam-basa tubuh.
  • Potassium. Potassium memiliki beberapa manfaat, yaitu menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh, mengoptimalkan kerja fungsi saraf, menjaga kesehatan tulang, dan mencegah penyakit jantung dan stroke.

 

Bagaimana, Bu? Tidak sulit bukan, untuk membuat resep MPASI apel yang sudah saya bagikan di atas? Semoga kedua resep dari saya ini bisa mengoptimalkan asupan nutrisi demi tumbuh kembang buah hati ya, Bu. Selamat mencoba!

Ibu bisa berkonsultasi tentang nutrisi, tumbuh kembang, atau topik lainnya seputar anak di laman Tanya Pakar, Bu. Di sini pertanyaan Ibu akan dijawab langsung oleh pakarnya. Untuk bisa mengaksesnya, registrasi terlebih dulu, ya.