Share Like
Simpan

Semangat pagi, Bu! Menyiapkan menu apa untuk si Kecil tadi pagi? Pasti menyenangkan ya, bisa mulai mengenalkan makanan padat pada si Kecil. Lebih seru lagi karena si Kecil akhirnya bisa menyicipi rasa makanan sehari-hari kita.

Keluarga saya, termasuk yang memilih nasi putih sebagai karbohidrat utama, Bu. Maka dari itu, saya bersemangat ketika mengenalkan bubur beras putih pada si Kecil. Beras putih termasuk bahan makanan yang mudah dibuat dan divariasikan. Rasanya yang tawar dan sedikit manis, mirip dengan ASI sehingga risiko si Kecil kaget akan perubahan asupannya pun bisa diminimalisir.

Di samping itu, di usia 9 bulan ini, si Kecil makin aktif saja. Ia juga sudah mulai menghafal benda-benda di sekitarnya. Jadi, rasanya sedih kalau si Kecil terlihat lemas karena kurang energi. Beras adalah pendukung perkembangannya ini, Bu. Sebab seperti yang kita tahu, beras kaya akan karbohidrat yang merupakan zat penting dalam metabolisme, yang pada akhirnya menyumbang energi pada tubuh.

Keuntungan lainnya, beras putih cocok untuk dipadankan dengan bahan makanan lainnya. Ibu bisa menambahkan protein seperti daging atau ikan. Sayur bahkan buah pun cocok untuk dijadikan pelengkap bubur beras untuk si Kecil. Ingin tahu resepnya? Simak bersama yuk, Bu.

 

Bubur Merah Putih (untuk anak usia di atas 6 bulan)

 

 

Satu hal yang saya suka dari resep ini, saya jadi bisa mengenalkan warna bendera negara kita pada si Kecil! Membuatnya pun mudah sekali.

Bahan bubur merah:

  • 200 ml air.
  • 60 gram bit, potong dadu.

Bahan bubur putih:

  • 200 ml air.
  • 60 gram tepung beras putih.
  • 2 lembar daun salam, robek-robek.
  • 100 ml kaldu ayam.

Cara membuat :

  1. Untuk bubur merah:kukus bit selama 15 menit. Buang air hasil kukusan yang keluar dari bit. Kemudian blender bit hingga halus.
  2. Untuk bubur putih: larutkan tepung beras dalam 200 ml air. Aduk perlahan hingga rata menggunakan api kecil. Masukkan daun salam.
  3. Panaskan sambil terus diaduk perlahan hingga mengental dan matang
  4. Sajikan dalam mangkok dengan cara berdampingan. Sisi kiri bubur merah dan sisi kanan bubur

 

Bubur Beras Strawberry (untuk anak usia di atas 6 bulan)

Melihat buahnya saja, sudah terbayang kesegarannya. Apalagi strawberry kaya akan antioksidan, Vitamin A dan Vitamin C, yang baik untuk daya tahan si Kecil. Namun, ada beberapa strawberry yang memiliki rasa asam dan tidak cocok untuk pencernaan si Kecil. Untuk itu, selalu cicipi strawberry sebelum dibuat ya, Bu. Jika terasa manis, baru Ibu bisa mengolahnya untuk si Kecil.

Bahan:

  • 4 sdm tepung beras.
  • 100 gram strawberry, potong-potong.
  • 450 ml air.

Cara membuat:

  1. Blender strawberry dengan menambahkan sedikit air. Saring hingga terpisah dari ampasnya.
  2. Larutkan tepung beras dengan 450 ml air. Aduk hingga tercampur rata dan tidak menggumpal.
  3. Panaskan di atas api sedang sambil terus diaduk hingga meletup-letup.
  4. Menjelang diangkat, masukkan sari strawberry. Aduk sampai rata hingga warna tepung menjadi merah, menyatu dengan strawberry.
  5. Siap untuk disajikan.

Mudah sekali, bukan? Jika ini adalah kali pertama Ibu mengenalkan bit dan strawberry, sebaiknya Ibu menerapkan pola makan 3-4 hari. Metode ini ditujukan untuk mengamati apakah timbul reaksi alergi pada si Kecil selama kurun waktu tersebut. Ibu juga bisa membuat bubur warna merah dengan bayam merah atau delima merah, lho.

Selamat mencoba resep di atas ya, Bu!