Whatsapp Share Like Simpan

Ibu hamil dianjurkan untuk rutin mengonsumsi kacang-kacangan guna melancarkan sistem pencernaan dan mengoptimalkan kesehatan janin dalam kandungan. Ada beragam jenis kacang yang bisa Ibu konsumsi, salah satunya adalah kacang mete.

Di balik rasanya yang gurih, ternyata manfaat kacang mete juga penting untuk ibu hamil dan janin lho. Kacang yang berbentuk bulan sabit mengandung berbagai nutrisi yang mencakup zat gizi makro hingga zat gizi mikro yang dapat mendukung kebutuhan gizi harian ibu hamil.

Salah satu manfaat kacang mete yang paling sering disebut yaitu dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembang janin karena kandungan protein di dalamnya cukup tinggi. Namun, perlu Ibu ketahui bahwa kacang mete merupakan sumber protein nabati. 

Sedangkan, sumber protein yang lebih penting dan dibutuhkan dalam pertumbuhan dan perkembangan adalah protein hewani yang mencakup susu, telur, ikan, daging merah, dan daging putih.

Hal tersebut dikarenakan protein hewani memiliki 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap dibandingkan protein nabati. Kehadiran 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap sangat penting karena tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri. 

Artikel Sejenis

Itulah sebabnya, protein hewani termasuk makanan bernutrisi tinggi yang perlu dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang dewasa, tentunya dengan diimbangi oleh asupan nutrisi lain dan pola hidup sehat. 

Meskipun kacang mete termasuk protein nabati, bukan berarti Ibu tidak mengonsumsinya sama sekali dan justru mengonsumsi protein hewani saja. Hal tersebut tidak benar ya, Bu. Ibu tetap perlu mengonsumsi protein nabati termasuk kacang mete dan beragam makanan bergizi seimbang lainnya agar tumbuh kembang janin juga lebih prima. Sebab, manfaat kacang mete pun cukup penting untuk Ibu dan calon buah hati.

Lantas, apa saja manfaat kacang mete yang hadir berkat kandungan nutrisinya? Sebelum menjelaskan lebih lengkap mengenai manfaat kacang mete untuk ibu hamil dan janin. Kita simak dulu kandungan kandungan nutrisinya, yuk!

Apa Saja Kandungan Nutrisi dalam Kacang Mete?

Untuk mengetahui manfaat kacang mete, Ibu tentunya perlu mengetahui dulu kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, termasuk kadar dari setiap nutrisi tersebut. Melansir laman resmi Data Komposisi Pangan Indonesia dari Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes RI), berikut ini kandungan nutrisi kacang mete mentah yang dihitung per 100 gram:

  • Air : 4,6 gram
  • Energi : 616 kal
  • Protein : 16,3 gram
  • Lemak : 48,4 gram
  • Karbohidrat : 28,7 gram
  • Serat : 0,9 gram
  • Kalsium : 26 mg
  • Fosfor : 521 mg
  • Zat besi : 3,8 mg
  • Kalium : 692.0 mg
  • Natrium : 26 mg
  • Tembaga : 4,70 mg
  • Seng (zinc) : 4,1 mg
  • Beta karoten : 5 mcg
  • Vitamin B1 : 0,64 mg
  • Vitamin B2 : 0,03 mg

Seperti yang telah disebutkan, kandungan nutrisi-nutrisi tersebut yang membuat manfaat kacang mete cukup dibutuhkan untuk mendukung kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan. Nah, supaya Ibu lebih jelas memahami setiap manfaat kacang mete berdasarkan kandungan nutrisinya, di bawah ini ada penjelasan yang lebih lengkap. Simak sampai selesai ya, Bu.

Apa Saja Manfaat Kacang Mete untuk Ibu Hamil?

Berikut ini beberapa manfaat kacang mete yang penting untuk ibu hamil dan janin:

  1. Sumber protein nabati untuk membangun sel-sel baru

    Tahukah Ibu? Ternyata protein merupakan zat gizi makro yang memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan tubuh lho. Protein memiliki fungsi khas yang tidak bisa digantikan oleh zat gizi lain, yaitu dapat membangun dan memelihara sel-sel serta jaringan tubuh. Artinya, manfaat kacang mete dapat membantu membangun sel dan jaringan tubuh janin serta mengganti sel-sel yang telah rusak.

    Selain itu, manfaat kacang mete juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sebagai sumber energi, menjaga kesehatan jantung, menangkal radikal bebas, dan mengoptimalkan penyerapan nutrisi lain.

    Karena protein dalam kacang mete tidak memiliki 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap, maka ibu hamil perlu mencukupi asupan protein dari makanan bergizi seimbang lainnya, salah satunya adalah susu Frisian Flag PRIMAMUM. 

    Susu Frisian Flag PRIMAMUM merupakan sumber protein yang mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang penting untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan janin dan mendukung daya tahan tubuh Ibu selama masa kehamilan hingga menyusui.

  2. Sumber asam lemak esensial untuk kesehatan otak

    Manfaat kacang mete yang tak kalah penting yaitu dapat membantu mendukung kesehatan dan fungsi otak janin dalam kandungan. Manfaat kacang mete ini bisa didapatkan berkat kandungan asam lemak omega 3 dan omega 6. 

    Omega 3 dan omega 6 merupakan asam lemak tak jenuh jamak yang tak diproduksi oleh tubuh, sehingga harus didapatkan dari makanan yang mengandung omega 3 dan omega 6, termasuk kacang mete. 

    Perannya tak hanya penting untuk fungsi otak janin, tetapi juga dapat mencegah peradangan, menjaga kesehatan pembuluh darah, meningkatkan daya tahan tubuh, serta mengoptimalkan kesehatan sistem saraf, otak, dan mata.

  3. Kaya serat untuk mencegah sembelit

    Salah satu manfaat kacang mete yang sayang untuk dilewatkan yaitu dapat mencegah sembelit atau konstipasi. Seperti yang Ibu ketahui, sembelit atau konstipasi merupakan gangguan pencernaan yang paling umum dialami oleh sebagian besar ibu hamil. 

    Manfaat kacang mete ini tentu berasal dari kandungan serat di dalamnya. Serat merupakan nutrisi yang tak hanya penting untuk kesehatan pencernaan, tetapi juga berperan dalam mendukung kesehatan tubuh ibu hamil secara keseluruhan. Selain dari kacang mete, Ibu juga dapat mengonsumsi makanan tinggi serat lainnya, seperti susu Frisian Flag PRIMAMUM.

  4. Sumber zat besi untuk mencegah anemia

    Zat besi merupakan salah satu mineral yang penting untuk mendukung kesehatan ibu hamil dan janin. Nutrisi yang satu ini terdapat dalam manfaat kacang mete yang penting untuk mencegah anemia.

    Tahukah Ibu bahwa anemia termasuk gangguan kesehatan yang sering dialami oleh ibu hamil dan dapat memicu komplikasi berbahaya jika tidak diatasi dengan tepat dan cepat. 

    Beberapa bahaya anemia pada ibu hamil di antaranya depresi postpartum, risiko fatal terjadinya perdarahan saat persalinan, bayi lahir dengan berat badan rendah, bayi lahir prematur, dan lain sebagainya. Maka dari itu, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan kaya zat besi sesuai batas normal agar terhindar dari komplikasi seperti itu.

  5. Kaya antioksidan untuk mencegah berbagai penyakit

    Manfaat kacang mete yang lainnya yaitu dapat mencegah berbagai penyakit yang mungkin menyerang Ibu selama kehamilan. Manfaat kacang mete ini bisa Ibu dapatkan berkat kandungan antioksidan di dalamnya.

    Senyawa antioksidan yang terkandung dalam kacang mete di antaranya lutein dan zeaxanthin yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, antioksidan ini juga dapat melindungi mata dari kerusakan dan membantu menurunkan risiko katarak.

  6. Kaya kalsium dan magnesium untuk kesehatan tulang

    Kalsium tak hanya bisa didapatkan dalam susu, kacang mete juga termasuk makanan yang mengandung kalsium yang baik bagi kesehatan tulang ibu hamil dan janin. Manfaat kacang mete ini juga tak luput dari kandungan magnesium di dalamnya lho, Bu. Bahkan, magnesium juga berperan penting dalam mencegah kejang otot, tekanan darah tinggi, kelelahan, dan sakit kepala migrain.

    Namun, jika Ibu ingin mendapatkan asupan kalsium dan magnesium yang lebih optimal, maka Ibu juga bisa mengonsumsi susu Frisian Flag PRIMAMUM yang dapat membangun dan memperkuat tulang dan gigi bayi.

Meskipun manfaat kacang mete penting bagi ibu hamil, sebaiknya Ibu juga tetap mencukupi kebutuhan gizi harian dari makanan bernutrisi tinggi dan menjalani pola hidup sehat. Nah, susu Frisian Flag PRIMAMUM hadir sebagai solusi untuk mendukung asupan harian ibu hamil dan menyusui agar tetap sehat dan tumbuh kembang si Kecil lebih prima. 

Selain mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) dan kalsium, susu Frisian Flag PRIMAMUM mengandung asam folat, omega 3 (ALA), omega 6 (LA) untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil serta kesehatan Ibu. Susu Frisian Flag PRIMAMUM mengandung tinggi zat besi, tinggi zinc, dan sumber serat pangan inulin untuk mendukung daya tahan tubuh Ibu dan si Kecil. 

Susu Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat dan tidak membuat Ibu merasa enek atu mual, serta bisa dikonsumsi dalam suhu panas maupun dingin yang pastinya disukai oleh Ibu.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz