Makanan penambah Hb wajib dikonsumsi oleh ibu hamil yang memiliki kadar hemoglobin (Hb) rendah atau disebut juga anemia. Hemoglobin (Hb) adalah protein dalam sel darah merah yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh. Sebagian ibu hamil berisiko tinggi mengalami penurunan Hb karena saat hamil tubuh membutuhkan pasokan sel darah merah yang lebih banyak untuk mencukupi perubahan pada tubuhnya. Padahal kebanyakan wanita dewasa pada dasarnya rentan dengan penyakit anemia, yang disebabkan karena kekurangan Hb. Sel darah juga diperlukan untuk pembentukan sel-sel darah pada janin. Itulah sebabnya, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan penambah Hb agar terhindar dari anemia dan penyakit lainnya. 

Banner AKP
Banner Register

Penurunan jumlah Hb dalam tubuh ibu hamil lebih berisiko tinggi jika terdapat beberapa kondisi berikut ini:

  • Kekurangan asupan zat besi, vitamin B9, atau vitamin B12
  • Sedang hamil anak kembar
  • Sudah menderita anemia sebelum hamil
  • Jarak dengan kehamilan yang sebelumnya terlalu dekat
  • Ibu hamil terlalu sering muntah akibat morning sickness 
  • Mengalami pendarahan dalam jumlah banyak

Apa Dampaknya Jika Kadar Hb Rendah?

Seperti yang telah disebutkan, jika kadar Hb dalam tubuh rendah, maka ibu hamil akan mengalami anemia. Anemia merupakan kondisi saat tubuh kekurangan sel darah merah sehat yang seharusnya berperan untuk mengedarkan oksigen ke sel-sel yang ada di dalam jaringan tubuh. Penderita anemia, yang biasanya adalah wanita dewasa, sering merasakan sakit kepala dan pusing, mudah lelah, kulit terlihat pucat dan kekuningan, detak jantung tidak teratur, nyeri dada, dan napas pendek. 

Anemia yang ringan saat masa kehamilan biasanya jarang menimbulkan gejala tertentu. Namun, anemia berat yang dibiarkan dalam waktu yang lama dan tidak ditangani dengan baik bisa berisiko tinggi menyebabkan sejumlah komplikasi, di antaranya: 

  • Bayi berisiko lahir prematur
  • Bayi berisiko lahir dengan berat badan kurang
  • Bayi berisiko lahir dengan cacat lahir dan gangguan tumbuh kembang
  • Ibu dan bayi lebih rentan terserang infeksi
  • Ibu berisiko mengalami pendarahan berlebih setelah persalinan
  • Ibu berisiko menderita postpartum depression 

Untuk mencegah risiko-risiko di atas, Ibu perlu mencukupi asupan gizi harian lebih banyak dengan mengonsumsi makanan penambah Hb yang kaya nutrisi. Nah, di bawah ini ada beberapa jenis makanan penambah Hb yang perlu Ibu ketahui, simak penjelasannya, yuk!

Artikel Sejenis

Rekomendasi Makanan Penambah Hb

Sebenarnya ibu hamil dapat dengan mudah menemukan berbagai jenis makanan penambah Hb sehari-hari, mulai dari produk hewani hingga produk nabati. Namun, yang perlu diingat yaitu cara pengolahan makanan tersebut. Pastikan Ibu mengolah dan memakan makanan yang sudah matang merata agar tidak ada bakteri, kuman, atau parasit yang biasa hidup di makanan mentah. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa makanan penambah Hb yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil: 

  1. Makanan yang mengandung zat besi

    Makanan penambah Hb yang wajib dikonsumsi ibu hamil sebaiknya yang kaya dengan zat besi. Sebab, zat besi merupakan mineral yang menjadi komponen utama dari pembentukan hemoglobin. Ibu hamil dianjurkan makan makanan penambah Hb yang mengandung zat besi sekitar 27 mg per hari. Kemudian, saat usia kehamilan memasuki trimester ketiga, kebutuhan zat besi perlu ditingkatkan menjadi 40 mg per hari. 

  2. Makanan yang mengandung vitamin B9 (asam folat)

    Makanan penambah Hb selanjutnya yaitu makanan yang mengandung vitamin B9 (asam folat). Zat gizi ini tak hanya penting untuk perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi, tetapi juga membantu tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Dianjurkan asupan makanan penambah Hb ini sekitar sekitar 400-600 mikrogram (mcg) per hari untuk ibu hamil.

    Beberapa jenis makanan penambah Hb yang mengandung vitamin B9 di antaranya kacang-kacangan, daging sapi, hati sapi, hati ayam, ikan, telur, brokoli, bayam, selada, lobak, alpukat, buah bit, pepaya, pisang, dan tomat. Selain bermanfaat untuk menambah Hb, manfaat lainnya seperti menjaga fungsi sel dalam tubuh, menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku, mencegah penyakit jantung, hingga bisa membantu meningkatkan kesehatan mental.

  3. Makanan yang mengandung vitamin B12

    Jenis vitamin ini memiliki fungsi untuk membantu tubuh dalam memecah, menggunakan, sekaligus membentuk protein baru. Protein baru ini akan membantu pembentukan sel darah merah. Jika ibu hamil kekurangan asupan ini, maka tubuh dapat mengalami kekurangan Hb. Itulah sebabnya, ibu hamil perlu makanan penambah Hb yang mengandung nutrisi ini dengan jumlah 2,6 mcg per hari. 

    Ibu bisa mendapatkan makanan penambah Hb yang mengandung salah satu komponen vitamin B ini dari susu, daging, kacang polong, kacang kedelai, gandum, bayam, telur, jeruk, dan sereal yang sudah diperkaya oleh nutrisi jenis ini.

Tahukah Ibu bahwa susu yang diformulasikan khusus ibu hamil dan menyusui juga bisa dijadikan makanan penambah Hb yang kaya nutrisi lho. Salah satu susu yang termasuk makanan penambah Hb adalah susu Frisian Flag Primamum. Susu Frisian Flag PRIMAMUM juga mengandung tinggi zat besi, tinggi zinc, dan sumber serat pangan inulin untuk mendukung daya tahan tubuh Ibu dan si Kecil. Ditambah kandungan tinggi kalsium dan kaya vitamin C untuk mendukung pertumbuhan sel tubuh si Kecil.

Frisian Flag PRIMAMUM termasuk susu dengan harga ekonomis dengan nutrisi lengkap yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Tersedia dalam rasa cokelat yang lezat dan tidak membuat Ibu merasa enek atau mual.

Frisian Flag PRIMAMUM mengandung 180 kalori dan 9 gram protein dalam 1 gelasnya. Dengan mengonsumsi 2x sehari, Ibu sudah bisa mendapatkan 15% asupan energi dari Frisian Flag Primamum. Apalagi rasa cokelatnya lezat dan tidak bikin enek sehingga bisa membantu Ibu memenuhi kebutuhan gizi hariannya.

Sebenarnya sebelum memulai program hamil, Ibu dianjurkan untuk memenuhi asupan makanan penambah Hb yang mengandung zat besi, asam folat, vitamin B12, vitamin A dan beragam nutrisi lain. Hal ini berguna agar saat memasuki masa kehamilan, Ibu dapat mencukupi asupan nutrisi-nutrisi tersebut dengan kadar yang lebih banyak, agar tumbuh kembang bayi lebih optimal hingga setelah lahir. Tidak lupa dianjurkan untuk makan makanan yang kaya dengan vitamin C untuk mengoptimalkan daya tahan tubuh selama masa kehamilan yang cukup rentan dengan penyakit.

Apabila Ibu sudah mengonsumsi makanan penambah Hb, tetapi kadar Hb dalam tubuh masih tetap rendah, sebaiknya Ibu segera konsultasi dengan dokter agar mendapatkan pemeriksaan yang lebih baik. Semoga artikel ini bermanfaat dan kesehatan Ibu serta buah hati tetap terjaga.

Jangan lupa pula Bu, penting untuk mengetahui perkiraan hari lahir si Kecil agar bisa mempersiapkannya dengan lebih matang. Caranya mudah, Ibu bisa memanfaatkan fitur Kalkulator Kehamilan yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima. Yuk, langsung coba fiturnya di sini