Whatsapp Share Like
Simpan

Senangnya melihat perkembangan bayi setiap bulannya. Selalu saja ada hal baru yang ia pelajari hingga menjadikannya sebagai salah satu moment berharga dalam hidup saya. Di usianya kini yang memasuki 4 bulan, bayi saya sudah banyak menunjukkan pertumbuhan dan perkembangan. Menurut beberapa artikel dan panduan tumbuh kembang bayi, inilah beberapa ciri perkembangan bayi 4 bulan, Bu:

Pertumbuhan Fisik

Di bulan ke-4, fisik bayi tumbuh lebih cepat. Berat badannya dua kali lipat lebih besar dibandingkan berat badannya saat lahir. Untuk bayi laki-laki berat badannya berkisar rata-rata antara 5,6 sampai 8,6 kilogram dan panjangnya antara 60 sampai 67,8 centimeter. Sementara untuk bayi perempuan berat badannya berkisar antara 5,1 sampai 8,1 kilogram dan panjangnya 58 sampai 66,2 centimeter.

Berat badan dan panjang badan di atas hanyalah rata-rata saja. Ada yang lebih dan ada yang kurang, tergantung dari beberapa faktor yang mempengaruhi. Faktor-faktor tersebut antara lain:

  • Gen dari orang tua.
  • Kualitas dan kuantitas makanan yang dikonsumsi.
  • Kondisi kesehatan.
  • Fungsi hormon yang mengontrol pertumbuhan.

Perkembangan Motorik

Dikarenakan secara fisik ia sudah semakin kuat, maka perkembangan bayi 4 bulan secara motorik pun sudah cukup banyak terlihat. Mulai dari kepala hingga kaki, bayi sudah menunjukkan banyak perkembangan yang akan membuat Ibu takjub. Perkembangan motoriknya adalah sebagai berikut:

  1. Menegakkan kepala. Jika di 3 bulan sebelumnya leher dan kepala bayi masih harus ditopang, kini kepalanya sudah mulai kuat. Ia sudah dapat menegakkan kepalanya tanpa harus ditopang oleh tangan Ibu.
  2. Berguling sendiri. Di usia ini bayi juga sedang sangat aktif. Ia akan selalu bergerak, bahkan berguling untuk tengkurap maupun terlentang sendiri. Selalu awasi bayi Ibu, ya. Jangan sampai ia terjatuh dari kasur.
  3. Mendorong-dorong kakinya. Cobalah gendong bayi dalam posisi berdiri dan letakkan kakinya di permukaan keras, Bu. Ia akan mendorong-dorong kakinya ke bawah seperti ingin berdiri. Lucu sekali!
  4. Meraih benda yang digantung. Saat melihat benda yang digantung di atasnya, maka bayi akan berusaha untuk meraihnya. Untuk melatih otot tangannya, berikan mainan lembut yang digantung dan letakkan di atas bayi.

Perkembangan Sensorik

Tak hanya fisiknya saja yang berkembang, tapi sensorik bayi turut berkembang. Berikut perkembangan bayi 4 bulan secara sensorik:

Artikel Sejenis

  • Suka memasukkan benda ke mulut. Rasa ingin tahunya semakin besar dan untuk mengenal benda yang ia lihat, bayi akan memasukkannya ke dalam mulut. Apapun benda yang ada di depannya, terutama yang bergerak dan mengeluarkan suara atau cahaya, pasti akan menarik perhatiannya.
  • Penglihatan semakin jelas. Tidak lagi buram seperti saat lahir, penglihatan bayi di usia 4 bulan sudah semakin jelas. Matanya sudah mulai fokus pada benda yang terang atau bergerak. Matanya juga sudah dapat bergerak bersamaan. Selain itu bayi sudah dapat membedakan warna dan kontras.
  • Bisa merasakan benda yang disentuh. Indera peraba bayi juga mulai menunjukkan perkembangan, Bu. Ia sudah bisa merasakan tekstur benda yang ia sentuh, seperti kasar, halus, licin, berbulu, dan lainnya.
  • Mulai memiliki dan mengenali ekspresi. Di usia ini, bayi Ibu akan memiliki ekspresi dan mengenali ekspresi orang lain. Ia akan menangis saat merasa tidak nyaman dan mulai mengenali saat Ibu senang, sedih, atau marah.
  • Matanya mengikuti gerakan. Selain tertarik pada benda yang ada ia lihat, mata bayi juga mulai mengikuti gerakan. Cobalah untuk menggerakan mainan di depan matanya. Perhatikan apakah matanya mengikuti gerakan objek tersebut atau tidak.
  • Suka menjatuhkan benda yang dipegang. Cara ini sebenarnya ia lakukan untuk mencari perhatian dari orang lain yang ada di sekitarnya.

Perkembangan Kognitif

Secara kognitif, perkembangan bayi 4 bulan meliputi:

  • Lebih ekspresif. Bayi Ibu akan memiliki kemampuan untuk berekspresi yang lebih kuat di mana ia akan menunjukkan ekspresi saat senang, sedih, atau marah.
  • Lebih responsif. Ibu akan semakin gemas melihatnya yang sudah semakin responsif. Ia mulai merespon panggilan dari orang lain dengan cara menoleh dan tersenyum. Saat Ibu mengajaknya bercanda, maka ia juga akan tertawa. Hal ini menunjukkan bahwa ia tahu kalau ia mendapatkan kasih sayang dari orang tua dan orang lain di sekitarnya.
  • Memiliki koordinasi mata dan tangan yang lebih baik. Bayi usia 4 bulan memiliki koordinasi antara mata dan tangan yang semakin meningkat. Saat melihat sebuah objek yang menarik, maka ia akan berusaha untuk menggapainya. Ia juga mulai bisa mengenali orang di sekelilingnya.

Bagaimana dengan bayi Ibu? Apakah sudah mulai menunjukkan perkembangan bayi 4 bulan di atas? Jika masih ada yang belum, Ibu jangan terlalu khawatir dulu. Masing-masing bayi akan memiliki masanya. Ibu hanya perlu memberikan rangsangan dan memberikan nutrisi yang mencukupi melalui ASI. Namun tak ada salahnya juga jika ingin berkonsultasi dengan dokter anak saat Ibu memiliki keraguan.

Laman Tanya Pakar dapat menjadi tempat untuk Ibu berkonsultasi langsung dengan pakar. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, jangan lupa untuk registrasi dulu ya, Bu.

Sumber:
Alodokter.com, hamil.co.id, id.theasianparent.com