Share Like
Simpan

Pasti senang rasanya bisa menghabiskan waktu bersama seluruh anggota keluarga dan juga si Kecil yang semakin hari semakin menggemaskan. Agar ia selalu tumbuh sehat dan bisa beraktivitas dengan ceria, Ibu perlu memikirkan perawatan bayi yang tepat untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan yang sering dialami, seperti cradle cap atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan dermatitis seborhoik.

Penyakit yang menyerang kulit kepala ini memang tak berbahaya, tetapi dibutuhkan perawatan bayi yang tepat untuk mengatasinya, seperti berikut ini:

  1. Keramas Teratur

    Cradle crap merupakan salah satu penyakit kulit kepala yang ditandai dengan munculnya kerak berwarna kekuningan yang diakibatkan produksi minyak berlebih. Hal ini bisa diatasi dengan melakukan perawatan bayi sederhana, seperti mencuci rambut si Kecil secara teratur.

  2. Lakukan Pijatan

    Perawatan bayi yang juga bisa Ibu lakukan untuk menghilangkan cradle cap pada kulit kepala si Kecil adalah dengan melakukan pemijatan secara perlahan. Ibu bisa menggunakan baby oil untuk membuat lapisan kerak melunak sehingga dapat dihilangkan dengan mudah tanpa melukai kulit kepala.

  3. Coba Pengobatan Alami

    Perawatan bayi secara herbal merupakan hal terbaik, sebab bahan-bahan alami jauh lebih aman untuk kesehatan si Kecil. Lemak kakao atau cocoa butter merupakan salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk perawatan kulit kepala bayi, seperti yang disampaikan oleh Kathi J. Kemper, seorang ahli pediatri (kesehatan anak) di Nationwide Children's Hospital Ohio.

Penyakit kulit ini umumnya bisa hilang setelah bayi berusia 8 bulan sehingga Ibu tak perlu khawatir dengan keadaan si Kecil. Setelah cradle cap ini hilang, jangan berhenti lakukan perawatan bayi pada si Kecil agar tubuhnya tetap terawat dan bisa tumbuh dengan sehat.