Whatsapp Share Like Simpan

Seram ya, Bu, kalau melihat banyaknya penyakit menular di luar sana? Anak-anak yang daya tahan tubuhnya masih lemah akan lebih rentan jatuh sakit. Ibu pun perlu memberikan perlindungan ekstra supaya si Kecil tidak mudah tertular. Selain harus lebih sering berada di rumah dan menjaga kebersihan, si Kecil juga akan membutuhkan vitamin A untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Mungkin banyak Ibu yang belum mengetahui kalau vitamin A tidak hanya penting untuk penglihatan, tapi juga untuk kekebalan tubuhnya. Informasi di bawah ini akan menjelaskannya dengan lebih detail. Langsung simak ya, Bu:

Vitamin A untuk Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Vitamin C adalah jenis vitamin yang lebih dikenal sebagai penunjang sistem imun, sementara vitamin A adalah penunjang kesehatan mata. Namun ternyata vitamin A juga memiliki peranan yang sama untuk meningkatkan imunitas tubuh lho, Bu.

Hal ini dikarenakan vitamin A memiliki kandungan antioksidan yang efektif untuk membuat tubuh si Kecil menjadi lebih kebal dari serangan virus, bakteri, maupun kuman penyebab penyakit. Supaya hasilnya lebih optimal untuk kekebalan tubuh si Kecil, kombinasikan vitamin A dengan vitamin B kompleks dan vitamin C ya, Bu.

Baca juga: Vitamin A dalam ASI

Artikel Sejenis

Manfaat Lainnya dari Vitamin A

Di samping untuk memperkuat sistem imun tubuh, vitamin A masih memiliki banyak manfaat lainnya. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menyehatkan penglihatan. Kalau manfaat yang satu ini Ibu pasti sudah hafal, ya. Vitamin A adalah nutrisi penting yang dapat membantu menjaga kesehatan penglihatan si Kecil berkat adanya kandungan beta-karoten yang merupakan salah satu bagian yang menyusun pigmen di dalam mata.

Penglihatan si Kecil perlu dijaga sejak dini, Bu, terlebih karena anak-anak saat ini lebih banyak belajar dengan gadget. Sering terpapar sinar biru dari gadget bisa menyebabkan mata terasa pedih dan dalam jangka waktu lama menjadi rabun jauh. Si Kecil pun akan memerlukan kacamata sejak dini agar dapat melihat dengan lebih jelas.

  • Menjaga kesehatan sel kulit. Tidak hanya vitamin E saja lho yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin A ternyata juga memiliki peranan yang sama, yaitu mengganti sel kulit mati dengan sel kulit baru. Kulit si Kecil pun akan tampak lebih sehat, lembut, dan halus.
  • Perkembangan sel tubuh. Sel tubuh si Kecil masih akan terus berkembang. Untuk itu ia akan membutuhkan nutrisi untuk menunjang perkembangan tersebut. Vitamin A adalah jenis nutrisi yang tepat untuk membantu perkembangan sel tubuh, khususnya organ-organ tubuh yang penting, seperti hati, paru-paru, dan jantung.
  • Mempercepat pemulihan luka. Rasa keingintahuan si Kecil belum diimbangi dengan pemahaman bahwa ia bisa terluka saat melakukan sesuatu. Misalnya saja saat melompat dari atas kursi dan terjatuh hingga ada bagian tubuhnya yang terluka. Nah, supaya lukanya tidak parah dan lebih cepat sembuh, berikan ia vitamin A ya, Bu. Ini karena vitamin ini bermanfaat untuk membantu perbaikan jaringan, otot, maupun tulang yang rusak.
  • Mempengaruhi hormon. Vitamin A berkaitan erat dengan hormon di tubuh, karena dapat mendukung aktivitas hormon tiroid dan menghasilkan hormon adrenalin.
  • Menurunkan resiko menderita penyakit organ. Dikarenakan bermanfaat untuk perkembangan sel organ, artinya vitamin A secara tidak langsung juga mampu membantu menjaga kesehatan organ-organ pada tubuh tersebut. Jika si Kecil rutin mengkonsumsi vitamin A, maka resiko ia terserang penyakit hepatitis, jantung, pneumonia, hati, ataupun penyakit organ lainnya pun akan lebih kecil.

Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin A

Beta-karoten banyak ditemukan pada buah-buahan dan sayuran yang berwarna merah dan jingga, seperti wortel, tomat, apel, pepaya, mangga, aprikot, plum, dan paprika merah. Namun, sumber vitamin A tidak itu saja, Bu. Masih ada banyak bahan makanan lainnya yang juga mengandung vitamin ini. Contohnya saja adalah sebagai berikut:

  • Sayuran berwarna hijau gelap, seperti bayam, selada, kale, pokcoy, dan seledri.
  • Telur
  • Makanan laut, seperti hering, tuna, salmon, dan makarel
  • Susu dan keju
  • Hati hewan, seperti hati sapi, ayam, kalkun, dan domba.

 Daya tahan tubuh si Kecil penting untuk selalu diperhatikan, Bu, karena ia bisa dengan mudah terserang penyakit. Tak hanya itu saja, anak yang sering sakit juga dapat berpengaruh pada proses tumbuh kembangnya. Maka dari itu, selalu berikan vitamin A dan nutrisi lainnya yang berperan dalam memperkuat sistem imun tubuhnya.

Susu Frisian Flag 123 PRIMANUTRI dapat menjadi sebuah alternatif untuk mendukung kesehatan si Kecil, karena didalamnya sudah terkandung nutrisi yang lengkap. Baik makronutrien (protein, karbohidrat, lemak) maupun mikronutrien (vitamin dan mineral) sudah ada di sini. Selain itu, masih ada juga kandungan omega 3 dan 6, selenium, zinc, serat pangan inulin, minyak ikan, dan kalsium.

Untuk Ibu yang ingin berkonsultasi seputar anak, bisa berkunjung ke laman Tanya Pakar, ya. Pertanyaan Ibu akan dijawab langsung oleh ahlinya. Untuk bisa mengakses laman tersebut, jangan lupa untuk registrasi terlebih dulu.