Whatsapp Share Like
Simpan

Masih ingatkah Ibu saat masih sekolah dulu kita diajari tentang manfaat dari berbagai macam vitamin? Salah satu yang paling saya ingat adalah vitamin A yang erat kaitannya dengan kesehatan mata. Ternyata, manfaat vitamin A tidak hanya itu saja lho, Bu. Masih ada beberapa manfaat lainnya yang sangat baik bagi tumbuh kembang anak, terutama di usia 1 hingga 3 tahun. Mau tahu apa saja manfaat vitamin A untuk anak? Ini dia informasi selengkapnya:

  1. Menyehatkan Mata
    Manfaat yang pertama ini sudah tidak asing lagi bagi Ibu, bukan? Ya, vitamin A memang sangat baik untuk kesehatan mata, karena merupakan salah satu komponen yang menyusun pigmen mata. Jadi, jika ingin si Kecil memiliki mata yang sehat, maka berikanlah sumber makanan yang banyak mengandung vitamin A.
    Apalagi kini sudah banyak kita lihat anak-anak yang memakai kacamata sejak usia dini yang menandakan bahwa matanya mengalami kerusakan. Terlebih dengan pengenalan gadget sejak masih balita yang membuat mereka kecanduan. Paparan sinar biru dari gadget tersebut dapat membuat mata menjadi sakit dan akhirnya membutuhkan kacamata sebagai alat bantu penglihatan.

  2. Pertumbuhan dan Perkembangan Sel-Sel Tubuh
    Manfaat vitamin A untuk anak yang kedua adalah membantu pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh, khususnya sel-sel organ. Sejatinya tubuh manusia sudah mengandung vitamin A yang membantu pertumbuhan serta diferensiasi sel-sel. Sebagai dampaknya, akan terdapat perbedaan antara sel satu dengan sel lainnya.

  3. Menjaga Kesehatan Organ Tubuh
    Mengingat kini ada banyak penyakit yang mengancam kesehatan buah hati, Ibu pun harus menjaga kesehatan si Kecil sedini mungkin. Memberikan vitamin A adalah salah satu upaya yang bisa Ibu lakukan agar si Kecil terhindar dari berbagai macam penyakit serius. Ini karena manfaat vitamin A untuk anak dapat membantu menjaga kesehatan organ tubuh yang penting, seperti jantung, paru-paru, hati, dan organ lainnya.

  4. Memperkecil Risiko Terserang Penyakit Organ
    Vitamin A memang berperan dalam perkembangan sel-sel organ, sehingga secara tidak langsung dapat membuat organ-organ tersebut menjadi lebih sehat. Anak yang rutin mendapatkan asupan vitamin A akan memiliki risiko lebih kecil untuk terkena penyakit jantung, pneumonia, hepatitis, maupun penyakit lainnya yang menyerang organ tubuh dibandingkan dengan anak yang kurang mendapatkan asupan vitamin A.

  5. Memperbaiki Tulang, Otot, dan Jaringan yang Rusak
    Anak-anak belum memiliki keseimbangan tubuh yang baik, sehingga sangat rentan jatuh dan terluka. Supaya ia tidak terluka parah, Ibu sebaiknya rutin memberikan ia vitamin A. Kenapa? Karena vitamin A dapat membantu memperbaiki tulang, otot, dan jaringan yang rusak. Jika asupan vitamin A si Kecil tercukupi, maka ia akan lebih cepat pulih dari kecelakaan ringan yang ia alami.

  6. Menyehatkan Selaput Lunak dan Sel Kulit
    Siapa bilang untuk mendapatkan kulit yang sehat hanya bisa ditunjang dari asupan vitamin E? Vitamin A juga memiliki fungsi yang sama lho, Bu, yaitu dapat menyehatkan sel-sel kulit. Vitamin A dapat membantu meregenerasi sel-sel kulit yang telah mati dan diganti dengan sel kulit baru. Menggabungkan kedua vitamin tersebut artinya akan memaksimalkan fungsinya dalam merawat kesehatan kulit. Dengan begitu, kulit si Kecil pun jadi terlihat lebih sehat. Ia pun pasti jadi lebih menggemaskan!

  7. Meningkatkan Sistem Imun
    Si Kecil sering sakit? Berikan vitamin A saja, Bu, supaya ia lebih sehat. Vitamin A ternyata juga memiliki peranan seperti vitamin C yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Ini berkat kandungan antioksidan di dalamnya yang mampu tubuh jadi lebih kebal terhadap serangan penyakit yang berkeliaran di sekeliling si Kecil. Jadi, kombinasikan asupan vitamin A dan vitamin C untuk membuat buah hati jadi lebih sehat ya, Bu.

  8. Berperan Terhadap Hormon
    Terakhir, manfaat vitamin A untuk anak ada kaitannya terhadap hormon di dalam tubuh. Vitamin A membantu memproduksi hormon adrenalin serta menunjang aktivitas hormon tiroid atau kelenjar gondok.

Sumber Vitamin A

Kebutuhan vitamin A setiap anak berbeda-beda, tergantung pada usianya. Untuk anak usia 1 hingga 3 tahun membutuhkan 300 mikrogram yang bisa didapatkan dari beberapa sumber berikut ini: (sumber: https://www.popmama.com)

  1. Wortel.
    Sayuran berwarna jingga ini menjadi andalan para Ibu dalam memenuhi asupan vitamin A untuk buah hatinya. Wortel memang kaya akan prekursor vitamin A dan beta karoten yang baik untuk mata. Ibu bisa mengolahnya menjadi aneka sayur dalam menu si Kecil, tapi cara terbaik untuk mengonsumsinya adalah dalam bentuk salad.

  2. Sayuran berwarna jingga, hijau gelap, dan merah tua.
    Contoh sayuran dari ketiga warna tersebut adalah pokcoy, kale, bayam, seledri, selada, labu, dan paprika merah.

  3. Buah-buahan berwarna kuning dan jingga.
    Misalnya saja pepaya, jeruk bali, mangga, plum, melon, dan aprikot.

  4. Susu dan keju.
    Susu Frisian Flag 123 PRIMANUTRI merupakan contoh susu bubuk yang mengandung vitamin A dan banyak nutrisi lainnya yang diperlukan si Kecil. Diantaranya adalah protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Selain itu susu ini juga dilengkapi dengan omega 3, omega 6, minyak ikan, zat besi, serat pangan inulin, zinc, selenium, serta kalsium.

  5. Telur.
    Telur merupakan jenis protein yang terjangkau dan mudah diolah menjadi aneka menu menyehatkan untuk si Kecil.

  6. Hati hewan.
    Beberapa hati hewan yang mengandung vitamin A adalah hati ayam, hati sapi, hati domba, hati kalkun

  7. Makanan laut.
    Beberapa ikan dan makanan laut yang mengandung vitamin A antara lain salmon, tuna, belut, makerel, hering, dan minyak ikan kod.

Setelah tahu betapa pentingnya manfaat vitamin A untuk anak, segera berikan sekarang juga ya, Bu. Kombinasikan setiap sumber vitamin A dalam menu makannya sehari-hari untuk tumbuh kembang si Kecil yang optimal. Untuk Ibu yang ingin berkonsultasi seputar anak, bisa berkunjung ke sini.

Sumber:
hellosehat.com, popmama.com, doktersehat.com