Whatsapp Share Like
Simpan

Bu, apakah si Kecil gemar makan makanan cepat saji (fast food)? Seperti kentang goreng misalnya. Jika Ibu khawatir makanan jenis ini memberikan efek buruk untuk tubuhnya, sebaiknya Ibu mencoba resep masakan ala fast food buatan sendiri yang tak kalah enak dan jauh lebih sehat. Resep aneka olahan kentang ini mudah dibuat dengan bahan-bahan yang bisa didapatkan di pasar tradisional maupun pasar swalayan terdekat. Ingin tahu ada apa saja? Langsung saja simak  resep makanan yang nikmat dan bergizi berikut ini:

Kentang Panggang

Kentang goreng ala restoran fast food memang sangat enak, karena rasanya yang gurih dan garing. Namun cara penyajiannya tidak sehat, sehingga kurang baik untuk dikonsumsi si Kecil. Resep Kentang Panggang ini bisa jadi solusi untuk menggantikan kentang goreng. Berikut bahan dan cara membuatnya:

Bahan:

  • 2 buah kentang berukuran besar
  • Air es dan es batu secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 2 sdm minyak goreng (boleh diganti minyak zaitun atau minyak sayur)

Cara membuat:

  1. Kupas dan potong kentang menjadi bentuk memanjang. Jangan memotongnya terlalu tebal agar lebih garing saat dipanggang.
  2. Masukkan air es dan es batu ke dalam mangkuk besar, rendam kentang selama 20 menit untuk menghilangkan getahnya.
  3. Setelah direndam selama 20 menit, keringkan dengan tisu makan hingga seluruh kandungan airnya hilang.
  4. Masukkan ke dalam kantong plastik dan tuangkan minyak goreng kemudian kocok perlahan.
  5. Keluarkan potongan kentang dari dalam kantong plastik, tata di atas loyang dengan rapi agar tak saling menempel satu sama lain.
  6. Panggang dalam oven dengan suhu 230° C selama 30 menit hingga matang dan berwarna kecoklatan. 

Aneka olahan kentang yang pertama ini tergolong sehat karena tidak melalui proses deep fried (teknik memasak bahan makanan dengan menggunakan minyak yang banyak sehingga bahan makanan benar-benar terendam) seperti masakan kentang goreng pada umumnya, sehingga Ibu tak perlu ragu memberikannya untuk si Kecil. Meski berbeda cara pengolahannya, rasa Kentang Panggang ini dijamin mirip dengan kentang goreng (french fries) yang ada di restoran cepat saji dengan tekstur yang lebih garing.

Artikel Sejenis

Mashed Potato

Aneka olahan kentang kedua yang bisa Ibu coba adalah Mashed Potato. Teksturnya yang lembut sangat pas untuk dijadikan menu MPASI ataupun bagi si Kecil yang masih belum bisa mengonsumsi makanan padat dengan baik. Ini dia bahan dan cara membuatnya:

Bahan:

  • 2 buah kentang berukuran besar, kupas kemudian potong ukuran kecil
  • 1 buah brokoli, pisahkan dengan batangnya, dan cincang halus
  • 160 ml susu cair
  • Air untuk merebus
  • 3 sdm mentega
  • Garam dan merica secukupnya
  • Keju parut

Cara membuat:

  1. Kukus kentang kurang lebih selama 5 menit.
  2. Tambahkan brokoli di atas kentang dan kukus selama 10 menit atau sampai keduanya memiliki tekstur yang sangat lembut. 
  3. Setelah itu, masukkan kentang dan brokoli ke food processor, proses dengan kekuatan sedang.
  4. Panaskan susu dan dua sendok makan mentega dalam panci dengan api kecil hingga mentega meleleh, aduk perlahan.
  5. Masukkan adonan kentang dan brokoli ke panci, aduk merata.
  6. Tambahkan garam dan merica, aduk hingga semuanya tercampur dan adonannya memiliki tekstur sedang, tidak terlalu cair maupun padat.
  7. Terakhir, tambahkan keju parut.
  8. Hidangkan selagi hangat.

Khasiat yang Terkandung di Dalam Kentang

Selain enak, kentang juga sangat bergizi karena mengandung potasium yang membantu menyeimbangkan kadar mineral dan juga tekanan darah dalam tubuh. Kentang juga memiliki kandungan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem imun si Kecil serta antioksidan yang mampu memerangi radikal bebas dalam tubuh.

Selain potasium dan vitamin C, kentang juga menyediakan manfaat lain dari vitamin B3 dan B6 yang baik untuk pertumbuhan sel tubuh dan tidak akan hilang khasiatnya jika dimasak dengan cara dipanggang ataupun dikukus.  Tak hanya bermanfaat bagi si Kecil, kentang juga sangat baik untuk menurunkan tekanan darah pada orang dewasa sekaligus mencegah munculnya sel kanker melalui zat lectin yang ada di dalamnya. Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa kentang sangat baik sebagai sumber karbohidrat untuk menggantikan nasi bagi orang yang sedang mengurangi berat badan karena mengandung dietary fiber yang tak larut dalam darah. 

Sudah tahu kan, betapa hebatnya aneka olahan kentang di atas? Ayo Bu, segera berbelanja bahan yang dibutuhkan dan manjakan si Kecil dengan menu kentang yang lezat dan juga bergizi. Semoga si Kecil makan dengan lahap dan tumbuh kembangnya optimal ya, Bu. Selamat mencoba!

Bagi Ibu yang memiliki pertanyaan atau ingin bertanya seputar anak bisa mengunjungi laman Tanya Pakar. Para ahli di sana akan menjawab pertanyaan Ibu secara langsung. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, jangan lupa untuk registrasi terlebih dulu.