Whatsapp Share Like
Simpan

Menyantap sahur bukanlah hal yang mudah dilakukan oleh anak-anak. Rasa kantuk yang masih menyerang karena harus bangun di tengah malam sering membuat anak ogah-ogahan untuk sahur. Di sini Ibu harus pintar menerapkan trik untuk mengatasinya. Salah satunya adalah dengan menghidangkan menu sahur sehat yang nikmat dan menggugah selera. Aroma masakan yang wangi serta tampilan yang menggoda pasti akan membuat anak menjadi ‘melek’, Bu. Di bawah ini ada beberapa ide menu sahur yang bisa Ibu hidangkan untuk buah hati:

1. Omelette Keju dan Bayam

Telur merupakan jenis protein yang sulit untuk ditolak oleh anak-anak. Rasanya yang gurih memang sangat enak untuk disantap. Pengolahannya pun bisa bermacam-macam, tapi tetap sederhana. Untuk membuat sahurnya menjadi lebih bersemangat, buat saja olahan omelette keju dan bayam, Bu.

Masukkan parutan keju cheddar dan irisan bayam kukus ke dalam adonan telur kocok, lalu goreng di atas teflon. Didalamnya sudah terkandung nutrisi berupa protein, kalsium, zat besi, potasium, dan berbagai jenis vitamin yang bermanfaat bagi tubuh anak. Hidangkan dengan nasi hangat, buah hati pun akan makan dengan lahap.

2. Kroket Udang dan Sayur

Anak-anak yang sulit makan sayur bisa diakali dengan menu sahur sehat satu ini, Bu. Kroket udang dan sayuran terdiri dari kentang rebus sebagai kulit, serta campuran udang dan sayur sebagai isiannya. Dari makanan ini, anak sudah mendapatkan nutrisi berupa protein, karbohidrat, vitamin, serta mineral. Komplit sekali kan, Bu?

Tekstur yang renyah di luar serta lembut di dalam pasti akan membuat anak ketagihan dan ingin tambah terus. Tambah dengan cocolan mayonaise atau saus, tentu rasanya akan semakin nikmat.

Artikel Sejenis

3. Chicken Katsu

Makanan dari negeri Sakura ini banyak difavoritkan oleh anak-anak. Chicken katsu sangat mudah untuk dibuat dan rasanya pun enak. Supaya tidak terburu-buru dalam menyiapkannya, Ibu sebaiknya mulai membalur daging ayam dengan telur dan tepung panir di malam harinya, kemudian masukkan ke dalam freezer. Saat sahur, adonan tersebut hanya tinggal digoreng saja.

Daging ayam memberikan asupan protein untuk anak. Untuk vitamin dan mineralnya, tambahkan irisan sayur seperti wortel dan kubis, lalu siram dengan mayonaise. Simpel sekali, bukan?

4. Sup Jagung Telur

Rasa hangat dan segar dari sup jagung telur dijamin membuat anak bersemangat menghabiskan makan sahurnya, Bu. Pengolahannya mudah dan tinggi kandungan nutrisi membuat menu sahur sehat ini bisa menjadi salah satu andalan Ibu bagi seluruh anggota keluarga.

Dari namanya, sup ini memang terdiri dari potongan jagung yang dimasak ke dalam kuah bening yang gurih dan dicampur dengan telur kocok. Untuk semakin melengkapi kandungan nutrisinya, tambahkan juga potongan sayur seperti wortel yang kaya vitamin A.

5. Spaghetti Bolognese Meatball

Anak malas makan mungkin ia sedang bosan dengan nasi, Bu. Ganti saja karbohidratnya dengan pasta seperti spaghetti. Masak kreasi spaghetti bolognese meatball yang tidak hanya lezat, tapi juga kaya nutrisi.

Saus bolognese yang gurih dan asam, bola-bola daging yang berprotein, lalu tambahkan parutan keju, maka menu ini akan menjadi perpaduan yang membuat anak langsung melahapnya. Dikarenakan prosesnya yang cukup lama, maka sebaiknya buatlah meatball dan saus sehari sebelumnya. Pada saat sahur, Ibu hanya perlu menghangatkannya dengan cara ditumis bersama spaghetti.

6. Oatmeal dengan Aneka Topping

Oatmeal adalah salah satu jenis karbohidrat kompleks yang artinya dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Oleh karenanya, oatmeal sangat dianjurkan sebagai hidangan sahur supaya tidak cepat merasa lapar. Termasuk untuk anak-anak yang masih dalam tahap belajar, berikanlah oatmeal sebagai menu sahur sehat yang praktis dibuat.

Untuk topping bebas dipilih aneka jenis bahan makanan yang disukai oleh anak. Misalnya saja buah-buahan yang dicampur dengan yogurt. Bisa juga dengan suwiran ayam panggang, telur rebus, atau jamur.

7. Roti Gandum Panggang

Memvariasikan menu memang sangat penting untuk menghindarkan kebosanan pada anak, Bu. Menu sahur sehat juga bisa berupa roti, lho, tapi sebaiknya pilihlah roti gandum. Sama seperti oatmeal, gandum juga mengandung karbohidrat kompleks yang akan memberikan rasa kenyang lebih lama.

Pangganglah roti untuk memberikan tekstur renyah. Setelah itu tambahkan telur orak-arik, suwiran ayam, atau oleskan dengan madu murni. Dengan begitu, anak akan mendapatkan asupan nutrisi yang bermanfaat.

Tips Agar Anak Tidak Malas Sahur

Selain dengan menghidangkan menu penggugah selera, ada beberapa tips lain agar anak tidak malas sahur. Berikut tipsnya:

  • Beritahukan tentang manfaat sahur untuk puasa.
  • Ajak anak untuk tidur lebih awal.
  • Selalu dorong anak dengan kata-kata positif.
  • Berikan apresiasi atas semangat dan keberhasilannya.

Selain beberapa ide menu sahur sehat di atas, selalu berikan anak susu Frisian Flag 456 PRIMANUTRI, karena didalamnya sudah terkandung banyak nutrisi yang ia butuhkan. Diantaranya ada protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral serta omega 3 dan 6, zat besi, prebiotik inulin, kalsium, selenium, dan zinc. Selamat mencoba kreasi menu sahur di atas ya, Bu. Semoga ibadah puasanya berjalan lancar.

Bagi Ibu yang masih memiliki pertanyaan dan ingin berkonsultasi seputar anak, bisa berkunjung ke laman Tanya Pakar ya, Bu. Di sana ada para ahli yang akan membantu Ibu. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, pastikan Ibu sudah registrasi terlebih dahulu.

Sumber:

Fimela, Resepkoki