Pemberian MPASI 7 bulan yang tepat merupakan kunci untuk memastikan si Kecil mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang. Ibu perlu memperhatikan tekstur, porsi, komposisi gizi, dan jadwal MPASI bayi 7 bulan. Meskipun sudah bisa diberikan berbagai menu MPASI 7 bulan, ASI masih menjadi nutrisi utama si Kecil. Pastikan Ibu mengonsumsi susu Frisian Flag PRIMAMUM untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil yang dilengkapi dengan DHA dan 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ibu dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu.

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Seiring bertambahnya usia si Kecil, kebutuhan nutrisinya akan mengalami peningkatan. Oleh karena itu, pemberian ASI eksklusif perlu didukung dengan makanan pendamping yang bergizi.

Pada usia 7 bulan, si Kecil sudah siap untuk menerima tekstur makanan yang lebih padat dan beragam dibandingkan MPASI pertama. Lalu, seperti apa aturan pemberian MPASI 7 bulan yang tepat?

Panduan Pemberian MPASI 7 Bulan

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), bayi 7 bulan dianjurkan diberi makan 2-3 kali makan besar. Di antara jadwal makan utamanya, Ibu boleh memberikan 1-2 kali makanan selingan atau cemilan yang sesuai usianya.

Takaran MPASI bayi 7 bulan yang direkomendasikan oleh IDAI adalah tiga sendok makan atau setengah mangkuk berukuran 250 ml per satu kali makan dalam sehari. Porsi ini dapat ditingkatkan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan si Kecil.

Artikel Sejenis

Tak jauh berbeda dari MPASI pertama si Kecil, tekstur MPASI 7 bulan masih berupa bubur kental (puree) atau makanan yang dilumatkan hingga halus (mashed). Tekstur ini masih cukup lembut untuk memudahkan si Kecil belajar mengunyah dan menelan.

Baca juga: Yuk, Perhatikan Tekstur MPASI Sesuai Usia Anak

Makanan Bayi 7 Bulan untuk Kecerdasan Otak

makanan bayi 7 bulan untuk kecerdasan otak - ibudanbalita

Ada sejumlah makanan yang bagus untuk mendukung kecerdasan otak bayi 7 bulan. Berikut beberapa bahan makanan yang bisa Ibu tambahkan dalam menu MPASI 7 bulan:

  • Salmon. Ikan berlemak seperti salmon merupakan sumber DHA dan EPA yang merupakan asam lemak omega-3 yang baik bagi tubuh. Keduanya sangat penting untuk pertumbuhan dan fungsi otak.
  • Telur. Kandungan kolin dalam telur adalah salah satu nutrisi penting yang berperan dalam perkembangan otak dan daya ingat. Telur juga mengandung vitamin B12 yang penting untuk fungsi otak.
  • Buah beri. Stroberi, blueberry, dan raspberry merupakan sumber antioksidan yang baik. Antioksidan melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas.
  • Sayuran hijau. Bayam, kale, atau brokoli adalah beberapa jenis sayuran untuk MPASI 7 bulan yang berperan penting dalam kesehatan otak secara keseluruhan. Sayuran hijau merupakan sumber vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik.
  • Kacang-kacangan. Memberikan kacang-kacangan yang kaya protein dan lemak sehat seperti almond atau kacang kedelai sebagai menu MPASI 7 bulan si Kecil juga diperlukan untuk mendukung perkembangan otaknya
  • Alpukat. Selain menjadi sumber energi, alpukat juga mengandung serat dan vitamin E yang penting untuk perkembangan otak. Ibu dapat mengolah alpukat sebagai menu MPASI 7 bulan pengganti nasi jika Si Kecil bosan.
  • Ubi Jalar. Ubi jalar mengandung karbohidrat kompleks yang dapat dipecah menjadi glukosa oleh tubuh. Glukosa menjadi salah satu sumber energi penting untuk otak, sehingga ubi jalar bagus dikonsumsi untuk menambah kecerdasan otak si Kecil. 

Penting untuk memperkenalkan berbagai sumber makanan yang bagus untuk kecerdasan otak di atas secara bertahap dan dalam jumlah kecil untuk menghindari risiko si Kecil tersedak ya, Bu.

Baca juga: 7 Mainan ini Bagus Untuk Kecerdasan Bayi 7 Bulan, Apa Saja?

Penambah Nafsu Makan Bayi 7 Bulan

Penambah nafsu makan bayi 7 bulan - ibudanbalita

Saat diperkenalkan dengan makanan padat, tidak semua bayi mudah menerimanya. Beberapa bayi justru ada yang mengalami penurunan nafsu makan atau bahkan berada di fase gerakan tutup mulut (GTM).

Ada banyak cara untuk meningkatkan nafsu makan si Kecil. Hal ini perlu dilakukan untuk menambah berat badan sekaligus memastikan si Kecil mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan selama tahap tumbuh kembangnya.

Ibu bisa meningkatkan nafsu makan si Kecil dengan memberikannya menu MPASI 7 bulan yang bervariasi, baik dari segi tekstur maupun rasa. Beberapa pilihan makanan yang bisa diberikan adalah pisang, ubi, telur, daging, dan keju. 

Jika Ibu sudah mencoba memberikan menu MPASI 7 bulan yang bervariasi namun nafsu makan si Kecil masih belum membaik, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang terbaik.

Baca juga: 6 Tips Mengolah Makanan Bayi yang Kaya Nutrisi

Ide Resep MPASI 7 Bulan Penambah Berat Badan

Menu MPASI 7 bulan sebaiknya bervariasi dan mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. 

Berikut ini beberapa ide resep beserta cara membuat MPASI 7 bulan yang sehat dan bergizi untuk menambah berat badan si Kecil:

1. Bubur Tahu Bayam

MPASI 7 bulan bubur tahu bayam - ibudanbalita

Bahan-bahan:

  • 1/2 cangkir beras
  • 2 buah tahu susu, iris tipis
  • 1/2 cangkir bayam, cincang
  • 1 liter air kaldu
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Pertama, cuci beras dan bayam hingga bersih.
  2. Tambahkan beras dan kaldu ke dalam panci, lalu masak dengan api sedang sambil diaduk-aduk.
  3. Setelah bubur mulai mengental, tambahkan irisan tahu dan bayam. Aduk kembali.
  4. Tambahkan garam untuk menambah rasa bubur tahu bayam.
  5. Masak hingga bubur matang dan semua bahan tercampur sempurna.
  6. Sajikan kepada si Kecil selagi masih hangat.

2. Bubur Ikan Salmon

MPASI 7 bulan bubur ikan salmon - ibudanbalita

Bahan-bahan:

  • 1 cangkir beras
  • 1 potong ikan salmon fillet kukus, suwir-suwir.
  • 100 ml kaldu ikan

Cara Membuat:

  1. Masukkan kaldu ikan dan beras ke dalam panci. Masak hingga setengah matang.
  2. Masukkan suwiran ikan salmon dan parutan wortel. Aduk hingga rata.
  3. Masak sekitar 30 menit atau hingga kuahnya. 
  4. Angkat lalu sajikan kepada si Kecil saat sudah dingin.

3. Telur Tahu Kukus

MPASI 7 bulan telur tahu kukus - ibudanbalita

Bahan-bahan:

  • 2 butir telur
  • 125 gr tahu putih
  • 15 ml santan
  • 75 gr wortel, potong dadu
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 1 siung bawang putih, cincang halus
  • ½ sdt garam
  • 1 sdm tepung maizena
  • 1 sdm minyak sayur

Cara Membuat:

  1. Hancurkan tahu putih bersama santan hingga halus.
  2. Kocok telur di dalam mangkuk hingga mengembang.
  3. Masukkan tahu, wortel, dan daun bawang, lalu aduk rata.
  4. Masukkan bawang putih, garam, dan tepung maizena ke dalam adonan. Aduk hingga rata.
  5. Tuangkan adonan hingga ¾ penuh ke dalam cetakan kecil yang telah diolesi sedikit minyak.
  6. Kukus adonan sekitar 25 menit atau tunggu hingga teksturnya menjadi padat. 
  7. Tahu telur kukus nikmat siap dihidangkan untuk MPASI 7 bulan yang lezat dan bergizi.

4. Puree Ubi Kuning

MPASI 7 bulan puree ubi kuning - ibudanbalita

Bahan-bahan:

  • 100 gram ubi kuning
  • 50 ml ASI atau susu formula pengganti ASI sesuai anjuran tenaga kesehatan

Cara membuat:

  1. Kupas kulit ubi kuning, lalu cuci hingga bersih.
  2. Setelah dibersihkan, kukus ubi kuning hingga teksturnya empuk.
  3. Tunggu hingga dingin atau mencapai suhu ruang, lalu haluskan dengan garpu.
  4. Campurkan ubi jalar yang telah dihaluskan dengan ASI atau susu formula pengganti ASI sesuai anjuran tenaga kesehatan.
  5. Untuk mendapatkan tekstur MPASI 7 bulan yang sesuai dengan anjuran, cek kembali teksturnya. 
  6. Jika dirasa masih kurang halus, Ibu bisa menghaluskannya kembali dengan blender atau food processor.
  7. Puree ubi kuning siap disajikan untuk MPASI penambah berat badan si Kecil.

5. Puree Alpukat Santan

MPASI 7 bulan puree alpukat santan - ibudanbalita

Bahan-bahan:

  • 1 buah alpukat
  • 2 sdm santan
  • 1 sdm tepung maizena, larutkan dengan air
  • Secukupnya keju parut
  • Secukupnya air

Cara Membuat:

  1. Cuci bahan-bahan, lalu potong alpukat menjadi potongan kecil.
  2. Blender potongan alpukat hingga halus dan pindahkan ke wadah terpisah.
  3. Panaskan air dalam panci hingga mendidih, lalu masukkan santan dan aduk-aduk agar tidak pecah.
  4. Tambahkan larutan maizena dan keju ke dalam panci, lalu aduk hingga mengental. Angkat dan sisihkan.
  5. Tuang air santan di atas alpukat yang sudah diblender. MPASI alpukat santan siap disajikan untuk si Kecil.

Cara membuat MPASI 7 bulan di atas cukup mudah, bukan? Pastikan Ibu mengolah MPASI sesuai tekstur yang dianjurkan oleh IDAI agar si Kecil tidak tersedak ya, Bu. Selama masa pemberian MPASI, Ibu tetap perlu memberikan asupan ASI berkualitas sebagai nutrisi utama si Kecil.

Agar produksi ASI meningkat baik dalam jumlah maupun kualitasnya, Ibu harus mendapatkan energi tambahan sebanyak 500 kalori setiap harinya (AKG 2019) begitu juga dengan protein dan nutrisi penting lainnya. Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu menyusui yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak si Kecil, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode menyusui dan mendukung produksi ASI.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu ibu menyusui untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil yang dilengkapi dengan DHA, 9 Asam Amino Esensial (AAE) serta 9 nutrisi penting untuk kebaikan Ibu dan si Kecil selama periode menyusui. Dua gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 360 kalori, DHA 68 mg, protein 18 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama menyusui si Kecil. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin.

Namun, jika Ibu atau si Kecil mengalami kondisi yang tidak memungkinkan pemberian ASI, Ibu bisa memberikan susu pendamping ASI sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan ya, Bu. Pastikan Ibu memilih susu yang mengandung 9 protein asam amino esensial lengkap dan tinggi DHA, karena protein adalah komponen yang penting untuk mendukung tumbuh dan kembang bayi ya, Bu! 

Tak kalah penting dari itu, Ibu juga perlu mengecek kecukupan jumlah gizi harian Si Kecil melalui fitur Kalkulator Gizi yang dikembangkan oleh Akademi Keluarga Prima. Yuk, Bu coba fiturnya sekarang juga!

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan bergabung sebagai member Ibu dan Balita, Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Yuk, daftar sekarang!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.