Whatsapp Share Like
Simpan

Tidak terasa usia si Kecil akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Seiring perkembangannya, banyak sekali hal baru yang dipelajari dan mampu dilakukan oleh si Kecil. Berjalan, berbicara, menulis, menggambar, membaca, hingga kemampuan halus seperti mengekspresikan emosinya secara jelas, akan dikuasai si Kecil seiring bertambahnya usia.

Perkembangan ini, tak dapat dipungkiri akan membawa banyak perubahan pula pada kehidupannya. Si Kecil yang dahulu jika merasa marah atau kecewa hanya bisa menangis, akan muncul secara perlahan ekspresi lain darinya. Ekspresi ini seperti ungkapan secara langsung, bahwa dirinya sedang marah atau kecewa, atau merasakan emosi lain yang tadinya hanya diekspresikan lewat gestur non-verbal.

Tentu, setiap perkembangan usia memiliki patokan umum yang biasanya akan mampu dilakukan oleh anak seusianya. Untuk si Kecil yang berusia empat tahun, terdapat beberapa hal yang bisa dilihat, sebagai tanda bahwa si Kecil sehat baik secara mental maupun secara fisik. Wajarnya, perkembangan si Kecil tidak akan terganggu jika Ibu senantiasa mendampingi dan memberikan nutrisi yang diperlukannya. Ciri-ciri yang nampak pada si Kecil yang bisa jadi tanda bahwa pertumbuhannya sehat dan kuat, dapat dilihat pada penjelasan di bawah ini.

Perkembangan Motorik

Si Kecil akan makin menguasai koordinasi dari setiap bagian tubuhnya, serta makin mahir dalam koordinasi mata dan tangan. Selain itu, si Kecil juga akan memiliki kesadaran bahwa badannya memiliki seukuran ruang tertentu, sehingga si Kecil akan lebih waspada dan tidak banyak berbenturan dengan teman bermainnya. Secara fisik, yang paling nampak signifikan adalah kemampuan berlari si Kecil yang meningkat tajam. Kemampuan berlari ini juga biasanya disertai dengan kemampuan menggiring bola, seperti pada gerakan sepak bola, dan peningkatan keseimbangan fisik. Dengan nutrisi yang mencukupi, perkembangan fisik si Kecil akan senantiasa terjaga dan tumbuh optimal.

Hal lain yang wajarnya bisa dilakukan si Kecil adalah menggunakan pakaian sederhana secara mandiri, mulai belajar menggosok giginya sendiri, serta buang air kecil dan besar yang mulai mandiri. Jika tanda-tanda ini muncul pada si Kecil, maka bisa dipastikan si Kecil tumbuh secara ideal dan sesuai dengan usianya sekarang.

Artikel Sejenis

Perkembangan Sosial dan Emosional

Usia empat tahun biasanya ditandai dengan keinginan si Kecil untuk mulai mandiri dalam melakukan berbagai hal yang biasanya dibantu oleh Ibu. Biasanya si Kecil akan mau mendengarkan petunjuk yang diberikan oleh Ibu ketika melakukan hal tertentu, baru kemudian ia akan mencoba melakukannya sendiri. Hal ini wajar, hanya saja pendampingan Ibu tetap perlu diberikan.

Secara lebih spesifik, perkembangan emosinya akan menghasilkan satu kepekaan tertentu pada perasaan orang lain. Si Kecil mulai bisa memperkirakan apa yang dirasakan oleh orang lain, sehingga lebih mampu berempati. Si Kecil juga akan belajar banyak emosi baru, seperti cemburu, antusiasme, rasa marah dan takut. Secara sosial,. Keadaan mental si Kecil yang sehat dapat dilihat dari kemampuannya menjalin hubungan dengan teman bermain yang dimilikinya. Biasanya, si Kecil juga akan mulai memiliki ‘sahabat’ atau beberapa teman yang lebih sering diajak berinteraksi. Sedikit demi sedikit, ego si Kecil juga akan menurun dan lebih mampu bermain secara bergantian, sesuai dengan urutan yang ditentukan.

Perkembangan Kognitif

Tentu, sisi kognitif si Kecil juga akan turut berkembang bersamaan dengan perkembangan fisik dan emosionalnya. Pada usia ini, si Kecil biasanya akan menjadi problem solver yang lebih piawai. Si Kecil juga mampu mengambil keputusan yang berkecenderungan untuk menyenangkan banyak pihak, tidak hanya memuaskan dirinya sendiri.

Semakin banyak kosakata yang dikuasainya dan si Kecil mulai bisa menyusun kalimat, adalah ciri perkembangan kognitif yang ideal pada usia empat tahun. Si Kecil juga akan mulai banyak bertanya pertanyaan baru, dan tentu harus dijawab dengan penjelasan yang bisa memberikan informasi baru untuknya.

Si Kecil juga akan mampu memahami konsep angka yang ia lihat, seperti angka lima melambangkan lima ayam yang ada di kandang, dan sejenisnya. Kemampuan si Kecil dalam pemahaman angka ini akan penting dalam pertumbuhan logikanya, sehingga perlu terus dirangsang dan diberikan stimulasi berupa latihan.

Untuk memahami ciri bahwa si Kecil berada dalam keadaan sehat, tidak hanya dilihat dari sekedar kondisi fisiknya saja. Tentu, kondisi fisik menjadi ciri yang bisa dilihat secara kasat mata dan paling mudah diamati. Ketika si Kecil bisa bergerak aktif dan tidak banyak mengeluh tentang anggota tubuhnya, bisa dikatakan si Kecil berada pada tingkat kesehatan fisik yang baik.

Namun demikian, kondisi mental si Kecil juga perlu diperhatikan. Dengan keadaan mental dan fisik yang sehat, si Kecil bisa aktif bergerak dan bergaul dengan banyak teman baru sehingga proses belajarnya tidak akan terhenti. Selalu dampingi si Kecil di setiap tahap pertumbuhannya dengan asupan nutrisi yang seimbang. Konsumsi susu Frisian Flag 456 Primanutri, bisa menjadi solusi untuk membantu seimbangnya asupan nutrisi si Kecil.